PELATIHAN IELTS BAGI GURU SMU DAN SMK SE-KOTA LHOKSEUMAWE

Teuku Azhari, Dini Rizki, Kurniawati Kurniawati

Sari


Selain Test of English as a Foreign Language (TOEFL) yang telah banyak diteirma secara internasional, Tes International English Language Testing Services (IELTS) merupakan standard tes uji kemampuan berbahasa Inggris yang valid dan terpercaya. IELTS banyak digunakan di dunia khususnya Inggris dan negara-negara persemakmuran. Namun, masih banyak guru di Aceh yang belum familiar dengan format tes ini, apalagi mengikuti tesnya. Oleh karena itu, tim dosen Bahasa Inggris Universitas Malikussaleh melaksanakan program pelatihan IELTS kepada guru-guru SMU dan SMK Se-Kota Lhokseumawe agar mereka lebih faham dengan pola tes ini dan mampu mengikuti tes di kemudian hari. Pelatihan ini diikuti oleh 25 peserta yang merupakan guru bahasa Inggris tingkat Sekolah Menengah Atas, SMU dan SMK di wilayah pemerintahan Kota Lhokseumawe. Para peserta mempelajari materi dan kisi-kisi soal listening, reading, writing dan speaking. 3 orang tutor turut mengisi sessi materi dan mengajarkan keempat skill dan jenis soal IELTS kepada peserta. Para peserta antusias dan berharap dilibatkan pada tahap pelatihan IELTS selanjutnya. 3 peserta menunjukkan tiingkat pemahaman yang lebih menonjol dibandingkan peserta lain. Mereka mampu menjawab soal dengan baik dan memberikan jawaban yang benar. 4 peserta lainnya menunjukkan potensi yang baik dalam materi yang diajarkan. Mereka tampil dengan jawaban yang kreatif walau dibutuhkan arahan lebih lanjut. 18 Peserta lainnya masih membutuhkan arahan dan pembelajaran lebih lanjut.


Kata Kunci


Pelatihan Guru, IELTS, Uji kemampuan Bahasa Inggris,Guru SMU

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


I. K. Nurhayati and R. R. W. Giri, "Analisis Perbandingan Nilai TOEFL Dengan Nilai Mata Kuliah Bahasa Inggris Mahasiswa," Jurnal Sosioteknologi, pp. 134-146, 2014.

Suminto, "TOEFL, IELTS atau TOEIC Instrumen Yang Tepat Untuk Mengukur Kemampuan Bahasa Inggris Mahasiswa Politeknik Negeri Samarinda," Jurnal Eksis, pp. 1474-1478, 2010.

D. Hyatt, "Stakeholders' Perception of IELTS as an Entry Requirements for Higher Educatoin in the UK," Journal of Further and Higher Education, pp. 844-863, 2013.

M. Ellis, S. Chong and Z. Choy, "IELTS as an Indicator of Written Proficiency Level: A Study of Sudent Teacher at the National Institute of Education, Singapore," international Journal of Educationan Research, pp. 11-18, 2013.

S. Baghaei, M. S. Bagheri and M. Yamini, "Learning Objectives of IELTS Listening and Reading Test: Focusing on Revised Bloom's Taxonomy," Research in English Language Pedagogy, vol. 9, no. 1, pp. 182-199, 2021.

V. Aryadoust, "Different Item Functioning in While-Listening Performance Test: The Case of The International English Language Testing System (IELTS) Listening Module," vol. 26, no. 1, 2012.

L. Soleymanzadeh and J. Gholami, "Scoring Argementative Essay Based on Thematic Progression Patterns and IELTS Aanlytic Scoring Criterai," Procedia - Social and Behavioral Sciences, pp. 1811-1819, 2014.

N. Pilcher and K. Richard, "Challenging the Power Invested in the International Langauge Testing System (IELTS): Why determining "English" preparedness needs to be undertaken within the subject context," Power and Education, pp. 3-17, 2017.

S. Afriani, U. Amri and N. F. S, "Pelatihan dan Simulasi IELTS pada Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) Bahasa Inggris Kabupaten Pangkep," Prosiding Seminar Nasional Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat , pp. 463-466, 2020.

V. W. Siregar, A. Hasibuan and M. D. Nurdin, "Pemanfaatan Applikasi Pembelajaran Daring untuk Membangun Generasi Hebat," Jurnal Vokasi, pp. 86-90, 2021.

M. Nasir, M. Arhami, H. T. Hidayat and Mursyidah, "Pelatihan Penggunaan Macromedia Flash untuk Pembuatan Animas Pembelajaran bagi Guru SMK Negeri 5 Lhokseumawe," Jurnal Vokasi, pp. 104-109, 2018.

BPS, "Badan Pusat Statistik Kota Lhokseumawe," 24 Juli 2020. [Online]. Available: https://lhokseumawekota.bps.go.id/.

Chong, "IELTS as an Indicator of Written Proficiency Levels: A study of student teacher at the National Institute of Education," International Journal of Education, pp. 11-13, 2013.

A. Green, "Washback to the Learner: learner and teacher perpective on IELTS preparation course, expectation and outcomes," Science Direct, pp. 113-134, 2006.

IELTS, International English Language Testing System Handbook, IELTS Australia: Joint Publication of UCLES, the British Council and IDP Education Australia, 2001.




DOI: http://dx.doi.org/10.30811/vokasi.v6i1.2925

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Indexing by :
ALAMAT KANTOR REDAKSI :
P3M Politeknik Negeri Lhokseumawe.
Jalan Banda Aceh - Medan Km 280,3
Buketrata Po Box 90, Telp (0645) 42785 Fax (42785)
Phone : 082273124433.
Email: jurnalvokasi@pnl.ac.id