PENGUATAN KOMPETENSI MELALUI PELATIHAN TES POTENSI AKADEMIK DALAM MENGHADAPI REVOLUSI ERA 4.0 PADA MASA NEW NORMAL
Sari
Gampong Cot Seurani termasuk salah satu gampong tertua di kecamatan Muara Batu, yang lahirnya sebelum Kemerdekaan Republik Indonesia. Lingkungan disekitar gampoeng ini merupakan daerah kampus dan daerah industri namun kenyataan masih banyak pemuda yang tidak melanjutkan ke jenjang perkuliahan atau bekerja di perusahaan, seleksi ke perguruan tinggi dan bekerja di industri salah satunya harus melalui Tes Potensi Akademik (TPA). Bersumber dari wawancara kepada Geuchik masalah yang ditemukan di gampoeng ini ialah 1) belum optimalnya kecerdasan intelektual pemuda pemudi terhadap materi-materi bidang numerical, verbal dan figural, 2) kurangnya pengetahuan pemuda pemudi terhadap pentingnya TPA dalam mengadapi tes perguruan tinggi dan tes lapangan kerja di era revolusi 4.0, dan 3) minimnya keterampilan pemuda pemudi yang terlatih dan terbiasa dengan soal-soal TPA.Untuk mengatasi masalah ini maka dibutuhkan pelatihan TPA yang bertujuan untuk menguatkan kompetensi dan keterampilan serta pengeahuan mitra mengenai TPA. Pelatihan dilakukan di Gampong Cot Seurani sebanyak 32 JP dengann 5 Kegiatan yaitu: 1)Try Out TPA Awal, 2)Pelatihan Verbal sesuai kaidah bahasa Indonesia 3)Pelatihan matematima dasar angka dan logika, 4)Pelatihan spasial dan gambar 5)Try Out TPA Akhir. Hasil dari kegiatan ini ialah 1) Kompetensi peserta mengenai akademik meningkat 2) Peserta merasa lebih percaya diri dan termotivasi dalam menjalani karir disebabkan meningkatnya kompetensi akademik mereka. Berdasarkan hasil angket peserta pelatihan pada aspek kepuasan mendapatkan rata-rata nilai sebesar 97,2 (sangat tinggi), aspek ketertarikan rata-rata nilai yang didapat sebesar 95,5 (tinggi), aspek motivasi mendapatkan rata-rata nilai sebesar 96,3 (sangat tinggi), aspek pengembangan diri rata-rata nilai yang didapat sebesar 88,7(tinggi).
Kata Kunci
Teks Lengkap:
PDFReferensi
D. Rulyana and R. I. Borman, “Aplikasi Simulasi Tes Potensi Akademik Berbasis Mobile Platform Android,” in Seminar Nasional FMIPA-Universitas Terbuka, 2014.
A. Addaini and S. Alvina, “Pengaruh Model Pembelajaran Contextual Teaching Learning (Ctl) Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Suhu Dan Kalor,” Relativ. J. Ris. Inov. Pembelajaran Fis., vol. 2, no. 2, pp. 16–22, 2020.
M. Muliani, S. R. Zahara, and A. Azni, “Hubungan Antara Kepercayaan Diri Dan Kecemasan Komunikasi Interpersonal Terhadap Perilaku Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Fisika Kelas X SMAN 1 Kutamakmur,” Relativ. J. Ris. Inov. Pembelajaran Fis., vol. 3, no. 2, pp. 18-26., 2020.
A. Muliaman and F. W. Ginting, “Analysis Of The Effectiveness Of Online Learning On Students During The Pandemic Period Covid-19 At University Malikussaleh,” Int. J. Educ. Rev. Law Soc. Sci., vol. 2, no. 1, pp. 47–50, 2022.
H. Mustafidah and D. Aryanto, “Sistem Inferensi Fuzzy untuk Memprediksi Prestasi Belajar Mahasiswa Berdasarkan Nilai Ujian Nasional, Tes Potensi Akademik, dan Motivasi Belajar,” JUITA J. Inform., vol. 2, no. 1, 2012.
I. Riswanto, “Pengembangan Soal Tes Potensi Akademik Numerik Penerimaan Siswa Baru SMP Berbantuan Media Berbasis Wireless Application Protocol Java 2 Micro Edition (J2ME),” J. Pancar. Pendidik., vol. 2, no. 1, pp. 95–104, 2013.
P. B. Pratama, H. Setiawan, and S. Sirajuddin, “Perancangan Aplikasi Tes Potensi Akademik Menggunakan Metode Framework For The Application Of System Thinking (FAST),” J. Tek. Ind. Untirta, vol. 3, no. 3, 2015.
M. H. Y. Saputra, I. K. R. Arthana, and G. S. Santyadiputra, “Simatik: Aplikasi Simulasi Bank Soal Tes Potensi Akademik (TPA) Berbasis Multi Platform,” JST (Jurnal Sains dan Teknol., vol. 5, no. 2, 2017.
S. Azwar, “Kualitas Tes Potensi Akademik (TPA) 07A,” J. Penelit. Dan Eval. Pendidik., vol. 12, no. 2, pp. 231–250, 2008.
R. T. Pustaka, Sukses Menjalani Tes Potensi Akademik. Tangga Pustaka, 2008.
M. Hariwijaya, Tes Potensi Akademik. Elmatera, 2017.
W. Widhiarso, “Sekilas Tentang Potensi Akademik,” Psikologi UGM, 2016.
S. Suwanto, P. D. Eka, R. Agusentoso, A. Juanda, and P. Kurniawan, “Menggali Potensi, Memotivasi Dan Mengarahkan Generasi Muda Menyongsong Dunia Kerja Pada PKBM Cipta Tunas Karya Cipondoh Kota Tangerang,” J. Pengabdi. Dharma Laksana, vol. 2, no. 2, pp. 132–136, 2020.
D. Ratnawati, “Hubungan prestasi belajar, persepsi dunia kerja, dan jiwa kewirausahaan dengan kesiapan kerja mahasiswa PTM,” VANOS J. Mech. Eng. Educ., vol. 1, no. 1, 2016.
Y. Kusnaeni and S. Martono, “Pengaruh Persepsi Tentang Praktik Kerja Lapangan, Informasi Dunia Kerja Dan Motivasi Memasuki Dunia Kerja Terhadap Kesiapan Kerja Siswa Smk,” Econ. Educ. Anal. J., vol. 5, no. 1, 2016.
T. A. Nur’aini and G. Susilo, “Pengaruh Tes Potensi Akademik Siswa Terhadap Prestasi Belajar Matematika,” J. Kaji. Pendidik. Mat., vol. 4, no. 1, pp. 21–28, 2018.
A. Muliaman and M. Mellyzar, “Peningkatan Hasil Belajar Menggunakan Model Project Based Learning Pada Materi Laju Reaksi,” Chem. Educ., vol. 9, no. 2, pp. 91–95, 2020.
D. Lase, “Pendidikan di Era Revolusi Industri 4.0,” J. Sundermann, vol. 1, no. 1, pp. 28–43, 2019.
DOI: http://dx.doi.org/10.30811/vokasi.v6i1.2924
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.
Indexing by : | |
---|---|
ALAMAT KANTOR REDAKSI : P3M Politeknik Negeri Lhokseumawe. Jalan Banda Aceh - Medan Km 280,3 Buketrata Po Box 90, Telp (0645) 42785 Fax (42785) Phone : 082273124433. Email: jurnalvokasi@pnl.ac.id |