PELATIHAN CLASSROOM ACTION REASEARCH (CAR) BERBASIS ASESMEN DIAGNOSTIK BERKALA

Isna Rezkia Lukman, Fajrul Wahdi Ginting, Mellyzar Mellyzar, Agus Muliaman

Sari


Tujuan dari program PKM ini adalah untuk (1) Meningkatkan pemahaman guru mengenai metodologi dan statistika khusunya Classroom Action Research (CAR), (2) Meningkatkan penguasan TIK dalam penguasaan software statistika, sitasi, dan plagiasi (3) Meningkatkan kemampuan mendiagnosis pemahaman peserta didik secara berkala (4) Meningkatkan penyusunan publikasi penelitian guru. Pelatihan CAR ini dilaksanakan bagi 42 guru SMA di Kecamatan Nisam. Pelaksanaan kegiatan dilaksanakan secara tatap muka dengan memperhatikan protokol Kesehatan dengan rincian tahap Pelatihan Metodologi CAR, Pelatihan statistika dan pengolahan data dalam CAR, Pelatihan penyusunan asesmen diagnostik berkala dan Workshop artikel ilmiah dan software pendukung artikel. Selama pelaksanaan pelatihan CAR guru mengikuti dengan antusias, hal ini dapat terlihat dari keaktifan guru dalam berdiskusi saat sesi tanya jawab dan menceritakan pengalaman mereka dalam hasil dari pelatihan ini guru memahami konsep penyusunan CAR, pengolahan data dalam CAR, menyusun asesmen diagnostik dan penggunaan software dalam penyusunan artikel ilmiah menerapkan CAR dikelas. Berdasarkan hasil angket peserta pelatihan sebanyak 90,48% merasa sangat puas, 80,95% sangat tertarik, 95,24% merasa sangat termotivasi dan 85,71% merasa sangat mampu untuk mengembangkan diri setelah pelatihan ini.


Kata Kunci


CAR, Asesmen diagnostik berkala, artikel ilmiah

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Presiden Republik Indonesia, Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2005 Tentang Guru dan Dosen. 2005.

Menteri Negara Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Biroktrasi, Peraturan Menteri Negara Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 16 Tahun 2009 Tentang Jabatan Fungsional Guru dan Angka Kreditnya. 2009.

N. Marlena, R. Dwijayanti, F. D. Patrikha, and P. Parjono, “Pelatihan Penulisan Karya Tulis Ilmiah ( KTI ) bagi Guru SMA,” J. ABDI, vol. 2, no. 2, pp. 45–50, 2017.

S. Arikunto, Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta, 2013.

Paizaluddin & Ermalinda, Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research). Bandung: Alfa Beta, 2015.

T. Cain, “Teachers ’ classroom-based action research,” Int. J. Res. Method Educ., vol. 34, no. 1, pp. 3–16, 2011, doi: 10.1080/1743727X.2011.552307.

I. Ilfiandra, U. Suherman, S. N. Akhmad, A. Budiamin, and S. Setiawati, “Pelatihan dan Pendampingan Penulisan Karya Tulis Ilmiah Bagi Guru SD,” J. Pengabdi. Pada Masy., vol. 1, no. 1, pp. 70–81, 2016, doi: 10.30653/002.201611.10.

Hunaepi, S. Prayogi, T. Samsuri, L. Firdaus, H. Fitriani, and M. Asy’ari, “Pelatihan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dan Teknik Penulisan Karya Ilmiah Bagi Guru di MTs. NW Mertaknao,” Lumbung Inov. J. Pengabdi. Kpd. Masy., vol. 1, no. 1, pp. 38–40, 2016.

N. W. S. Mahayati and I. A. M. I. U. Utami, “Pelatihan dan Pendampingan Penelitian Tindakan Kelas bagi Guru Bahasa Inggris SMP di Kecamatan Sukasada,” J. Widya Laksana, vol. 6, no. 2, pp. 145–155, 2017.

A. Wahid, N. Afni, R. Kumullah, D. Nurhidayatullah, and A. Maulidnawati, “Pelatihan PTK Bagi Guru Untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran SDN PAI Kota Makassar,” MATAPPA J. Pengabdi. Kpd. Masy., vol. 3, pp. 144–148, 2020, doi: 10.31100/matappa.v3i2.729.

A. Wahid, N. Afni, A. M. Jumrah, and S. Hastati, “Pelatihan PTK Bagi Guru Untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran SD Negeri Mamajang II Kota Makassar,” Madaniya, vol. 2, no. 1, pp. 87–91, 2021.

N. Marlena, R. Dwijayanti, F. D. Patrikha, and P. Parjono, “Pelatihan Penulisan Karya Tulis Ilmiah (Kti) Bagi Guru Sma Swasta Di Sidoarjo,” J. ABDI, vol. 2, no. 2, p. 45, 2017, doi: 10.26740/ja.v2n2.p45-50.

D. Dihamri, H. Haimah, and A. Srifitriani, “Pelatihan Penelitian Tindakan Kelas (Ptk) Bagi Guru Sd Negeri Di Kecamatan Sukaraja Kabupaten Seluma,” J. Pengabdi. Masy. Borneo, vol. 2, no. 1, p. 60, 2018, doi: 10.35334/jpmb.v2i1.431.

S. W. Widyaningsih, I. Yusuf, and I. Damopolii, “Pelatihan Penelitian Tindakan Kelas Bagi Guru Ipa Kabupaten Manokwari Papua Barat,” JMM (Jurnal Masy. Mandiri), vol. 3, no. 2, p. 115, 2019, doi: 10.31764/jmm.v0i0.1155.

V. Vitanova, T. Atanasova-pachemska, D. Iliev, and S. Pachemska, “Factors Affecting the Development of ICT Competencies of Teachers in Primary Schools,” Procedia - Soc. Behav. Sci., vol. 191, pp. 1087–1094, 2015, doi: 10.1016/j.sbspro.2015.04.344.

Kuncahyono and M. P. Kumalasari, “Pengembangan Softskill Teknologi Pembelajaran Melalui Pembuatan E-Modul Bagi Guru Sekolah Dasar,” Terampil J. Pendidik. dan Pembelajaran Dasar, vol. 6, no. 2, pp. 128–139, 2019.

S. S. Sabon, “Efektifitas Pelatihan Guru Melalui Pendidikan dan Latihan Profesi Guru,” J. Penelit. Kebijak. Pendidik., vol. 11, no. 3, pp. 159–182, 2018.

P. Pati, “Indonesian Foreign School Teachers ’ Perception And Capability To Undertake Classroom Action Research : Basis For Capability Building Program,” IOSR J. Res. Method Educ., vol. 4, no. 1, pp. 67–89, 2014.

J. Vogelzang and W. F. Admiraal, “Classroom action research on formative assessment in a context-based chemistry course,” Educ. Action Res., vol. 25, no. 1, pp. 156–167, 2017, doi: 10.1080/09650792.2016.1177564.

K. Buaraphan, “The Development of Qualitative Classroom Action Research Workshop for In-Service Science Teachers.,” Asia-Pacific Forum Sci. Learn. Teach., vol. 17, no. 1, 2016.

A. Muhson, B. Lestari, and K. Baroroh, “Kelayakan AnBuso Sebagai Software Analisis Butir Soal bagi Guru,” J. Kependidikan, vol. 45, no. 2, pp. 198–210, 2015.

V. M. Salma, S. E. Nugroho, and I. Akhlis, “Pengembangan E-Diagnostic Test untuk Mengidentifikasi Pemahaman Konsep Fisika Siswa SMA pada Pokok Bahasan Fluida Statis,” Unnes Phys. Educ. J., vol. 5, no. 1, pp. 18–25, 2016.

S. Arifin, Kartono, and I. Hidayah, “The Analysis of Problem Solving Ability in Terms of Cognitive Style in Problem Based Learning Model with Diagnostic Assessment,” Unnes J. Math. Educ. Res., vol. 8, no. 2, pp. 147–156, 2019.

Pusat Asesmen dan Pembelajaran, Buku Saku Asesmen Diagnosis Kognitif Berkala. 2020.




DOI: http://dx.doi.org/10.30811/vokasi.v6i1.2921

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Indexing by :
ALAMAT KANTOR REDAKSI :
P3M Politeknik Negeri Lhokseumawe.
Jalan Banda Aceh - Medan Km 280,3
Buketrata Po Box 90, Telp (0645) 42785 Fax (42785)
Phone : 082273124433.
Email: jurnalvokasi@pnl.ac.id