PELATIHAN PENANGANAN DAN PENGOLAHAN IKAN DI KELURAHAN PASIA NAN TIGO KECAMATAN KOTO TANGAH KOTA PADANG

Yusra Yusra, Yempita Efendi, Ainul Mardiah

Sari


Kelurahan Pasia Nan Tigo Kecamatan Koto Tangah Kota Padang merupakan salah daerah yang terletak di pesisir pantai. Sebagian besar penduduk di daerah  ini bekerja sebagai nelayan penangkap dan pengolah ikan. Daerah ini juga dijadikan  sentra pengolahan ikan Kota Padang yang disebut dengan Sentra Pengolahan Perikanan Pasia Nan Tigo (SP3N). Pengolahan ikan yang dominan dilakukan adalah pengolahan ikan teri kering (tawar dan asin). Mitra yang menjadi sasaran dari Kegiatan Program Kemitraan Masyarakat (PKM) ini adalah nelayan pengolah ikan yang berada di unit pengolahan ikan SP3N. Kegiatan PKM ini dilakukan dengan metode andragogy, dengan cara sosialisasi, penyuluhan dan melakukan praktek. Kegiatan yang dilakukan adalah: 1) Penyuluhan tentang larangan penggunaan bahan tambahan pangan (BTP) berbahaya dalam proses pengolahan ikan teri kering, 2) Pelatihan pengolahan ikan yang sesuai dengan standar SNI, 3) Pelatihan tentang diversifikasi produk olahan ikan teri menjadi nugget ikan, kakinaga ikan dan abon ikan,  4) Pelatihan  pengemasan  produk  ikan  teri  kering serta 5) pelatihan manajemen keuangan dan pembukuan sederhana.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Badan PusatStatistik.,2016.Kota Padang Dalam Angka2016,BPSKota Padang.

Badan Pusat Statistik.,2016.Kecamatan Koto Tangah,BPS Kota Padang.

Dinas Kelautan dan Perikanan Kota Padang.,2014. Jumlah Nelayan, Jenis Alat Tangkap dan Hasil Produksi Perikanan Kota Padang Tahun 2014.Dinas Kelautan dan Perikanan Kota Padang.Padang.

Dinas Kelautan dan Perikanan Kota Padang.,2015.Produksi Hasil Produk Olahan Unit Pengolah Ikan.Dinas Kelautan dan Perikanan Kota Padang.Padang.

Direktorat Mutudan Pengolahan Hasil Perikanan.,2000. Penerapan PMMTPada Industri Hasil Perikanan, Modul II. Direktorat Bina Usaha Tani dan Pengolahan Hasil, Jakarta.

KepMen Kelautan dan Perikanan Nomor KEP.21/MEN/2004.2004. Sistem Pengawasan dan Pengendalian Mutu Hasil Perikanan Untuk Pasar Uni Eropa.

Mareta, D.T. dan N. A. Sofia. 2011. Pengemasan Produk Sayuran dengan Bahan Kemas Plastik pada Penyimpanan Suhu Ruang dan Suhu Dingin. Jurnal Ilmu-ilmu Pertanian, 7 (1) : 26-40

Pamungkas,M.D.R.J.,2017.AnalisisPemberdayaanUnitPengolahanIkan(UPI) yang Berorientasi Pasar di Sentra Pengolahan Perikanan Pasia Nan Tigo (SP3N) Kota Padang.Tesis.Program Pascasarjana. Universitas Bung Hatta. Padang.

Wulandari,V.,2015. Studi Penggunaan tawas dalam proses pembuatan ikan Teri (Stolephorussp) kering asin di Kota Padang.Prosiding Hasil Penelitian Mahasiswa FPIK.Universitas Bung Hatta, Padang.




DOI: http://dx.doi.org/10.30811/vokasi.v3i2.1308

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Indexing by :
ALAMAT KANTOR REDAKSI :
P3M Politeknik Negeri Lhokseumawe.
Jalan Banda Aceh - Medan Km 280,3
Buketrata Po Box 90, Telp (0645) 42785 Fax (42785)
Phone : 082273124433.
Email: jurnalvokasi@pnl.ac.id