Reputasi Merek Terhadap Tingkat Loyalitas Nasabah Yang Dimediasi Oleh Kepuasan Pelanggan Di Bank Mandiri Syariah KCP Bireuen

Fatimah Zuhra, Safnina Sukma

Sari


Abstrak— Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh reputasi merek terhadap tingkat loyalitas nasabah yang dimediasi oleh kepuasan pelanggan di Bank Syariah Mandiri Kantor Cabang Pembantu Bireuen. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer yang diambil langsung dari nasabah yang menjadi sampel melalui instrumen penelitian, hasil instrumen penelitian di olah menggunakan aplikasi SPSS. Berdasarkan hasil analisis data dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa variabel reputasi merek berpengaruh secara tak langsung terhadap loyalitas nasabah Bank Syariah Mandiri Kantor Cabang Pembantu Bireuen. Reputasi merek berpengaruh secara tak langsung terhadap loyalitas nasabah melalui kepuasan pelanggan. Pengaruh reputasi merek terhadap loyalitas nasabah melalui kepuasan pelanggan menunjukkan adanya reputasi merek yang dapat membentuk kepuasan pelanggan, nasabah akan merasa senang karena mendapatkan kepuasan lebih dari harapan mereka sehingga mereka akan puas dan akan membentuk sikap yang loyal terhadap Bank Syariah Mandiri Kantor Cabang Pembantu Bireuen.

Kata Kunci : Reputasi, merek, Loyalitas, Nasabah, Mediator, Kepuasan Pelanggan.

Abstract— This study aims to analyze the influence of brand reputation on the level of customer loyalty mediated by customer satisfaction at Bank Syariah Mandiri Bireuen Sub-Branch Office. The data used in this study are primary data taken directly from customers who are sampled through research instruments, the results of the research instruments are processed using the SPSS application. Based on the results of data analysis and discussion, it can be concluded that brand reputation variables indirectly affect customer loyalty Bank Syariah Mandiri Bireuen Sub-Branch Office. Brand reputation has an indirect effect on customer loyalty through customer satisfaction. The influence of brand reputation on customer loyalty through customer satisfaction shows the existence of a brand reputation that can shape customer satisfaction, customers will feel happy because they get more satisfaction than their expectations so they will be satisfied and will form an attitude that is loyal to Bank Syariah Mandiri Bireuen Sub-Branch Office.

Keywords: Reputation, brand, Loyalty, Customer, Mediator, Customer Satisfaction.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Bloemer, Josee,Ko de Ruyter, dan Pascar Peeters, 1998,” Investigating Drivers of Bank Loyalty : the Complex Relationship Between Image, Service Quality, and Satisfaction”,International Journal of Bank Marketing

Chen, Tser-Yieth, 1999,”Critical Succes Factors For Various Strategies in The Banking Industry”,International Journal of Bank Marketing, Vol.17 No. 2

Edris, Mochamad.2000. Pengaruh kepercayaan merek terhadap loyalitas merek. Magister Manajemen STIE IPWI Jakarta

Ichsan, Muhammad., 2011. Analisis Faktor-faktor yang mempengaruhi loyalitas konsumen dalam memakai kartu halo

Kotler, P. 1997. Marketing Management: Analysis , Planning, Implementation, sun Control, nith Edition , Prentice Hall ,Inc, Englewood Cliffs New Jersey.

Kolter, P., 2000, Marketing Management, International Edition, Prentice- Hall, Englewood Cliffs, NJ.

Simamora, Bilson., 2000. Panduan Riset Perilaku Konsumen. Gramedia Pustaka Utama., Jakarta

Rusdarti, 2004,”Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Nilai Pelayanan Terhadap Loyalitas Nasabah Pada Bank BPD Jawa Tengah Cabang Semarang”, Jurnal Bisnis Strategi,Vol. 13, Juli,pp 54-65

Selnes, Fred, 1993,” An Examination of the Effect of Product Performance On Brand Reputation, Satisfaction and Loyalty, European Journal of Marketing, Vol.27,No.9.

Sunarto, 2006, Analisis faktor-faktor yang mempengaruhi loyalitas pelanggan dan dampaknya terhadap keunggulan bersaing, Universitas Diponegoro, Semarang


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##



Creative Commons License

Prosiding Seminar Nasional Politeknik Negeri Lhokseumawe is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

© 2017 All rights reserved |Seminar nasional Politeknik Negeri Lhokseumawe p-ISSN:2598-3954.

.