Disain Aplikasi Perumahan Dengan Virtual Reality

Dara Melisa, Muhammad Arhami, M. Khadafi

Sari


Virtual Reality merupakan teknologi yang membuat penggunanya merasakan pengalaman virtual secara nyata seperti  berada dalam dunia tersebut. Pada umumnya penyampaian informasi jual beli perumahan disampaikan melalui media cetak dan media sosial. Proses penyampaian informasi perumahan tersebut dengan menyajikan foto-foto terkait perumahan dan menyajikan secara umum keterangan informasi dari perumahan yang akan dijual. Seperti yang sudah dijelaskan di atas, cara penyampain informasi perumahan tersebut belum memberikan pengalaman visualisasi yang nyata bagi calon pembeli rumah, terkadang foto-foto perumahan yang ditampilkan buram dan tidak jelas. Sehingga, informasi yang didapatkan tidak sesuai atau berbeda dari keadaan perumahan aslinya. Selain itu, informasi yang disajikan belum menjelaskan bagaimana design interior dan exterior yang cocok untuk
diterapkan oleh calon konsumen pada suatu perumahan tertentu. Untuk itu dibuat suatu aplikasi yang dapat mengatasi permasalahan tersebut melalui implementasi aplikasi perumahan menggunakan virtual reality. Aplikasi dibuat menggunakan software Blender dan Unity 3D. Penerapan teknologi virtual reality menggunakan teknik panoramic virtual reality, yang membuat pengguna bisa melihat bagian dalam rumah dari segala sudut. Sebagai referensi dalam menentukan design interior dan exterior, aplikasi menyediakan fitur kostumisasi yang membuat pengguna dapat mengganti texture bangunan, mengganti warna bangunan, menambah objek baru, menjelajahi bangunan rumah dan dapat melihat informasi dari perumahan tersebut. Aplikasi dapat memberikan pengalaman visualisasi yang nyata dan dapat memberikan referensi design interior maupun exterior kepada calon pembeli rumah, sehingga calon pembeli mendapatkan informasi perumahan yang jelas, menarik, dan interaktif.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


dpu.kulonprogokab, “Rumah, Perumahan, dan Permukiman,”

dpu.kulonprogokab.go.id.https://dpu.kulonprogokab.go.id/detil/

/rumah-perumahan-dan-permukiman.

Rumah.com, “Mengenal Akta Jual Beli Rumah dan Cara

Mengurus Terbaru 2023,” www.rumah.com, 2023.

https://www.rumah.com/panduan-properti/panduan-mengurus-

akta-jual-beli-rumah-7853.

R. Abidin, “Pengertian Virtual Reality dan Perbedaannya

dengan Augmented Reality,” 2016.

https://teknojurnal.com/pengertian-virtual-reality-dan-

perbedaanya-dengan-augmented-reality/#:~:text=Dengan

demikian%2C perbedaan virtual reality dan augmentedeality,reality menambahkan atau melengkapi kenyataan dengan

benda-benda semu. (accessed Feb. 01, 2020).

I. Jeelani, K. Han, and A. Albert, “Development of virtual

reality and stereo-panoramic environments for construction

safety training,” Eng. Constr. Archit. Manag., vol. 27, pp.

–1876, 2020, [Online]. Available:

https://doi.org/10.1108/ECAM-07-2019-0391.

D. Y. Xiao, “Experiencing the library in a panorama virtual

reality environment,” Libr. Hi Tech, vol. 18, pp. 177–184, 2000,

[Online]. Available:

https://doi.org/10.1108/07378830010333572.

G. Kharismajati, R. Umar, and Sunardi, “INOVASI PROMOSI

OBYEK WISATA PURBALINGGA MENGGUNAKAN

TEKNOLOGI VIRTUAL REALITY 360O PANORAMA

BERBASIS ANDROID,” JIKO (Jurnal Inform. dan Komputer),

vol. 3, pp. 62–68, 2020, [Online]. Available:

https://ejournal.unkhair.ac.id/index.php/jiko/article/view/1756/1

Y. Anggara and G. M. Zamroni, “Virtual Reality Tour

Menggunakan Metode Gambar Panorama 360° Sebagai Media

Informasi dan Pengenalan Gedung Perkuliahan Kampus 4

Universitas Ahmad Dahlan,” J. Sarj. Tek. Inform., vol. 9, pp. 1–

, 2021, [Online]. Available:

http://journal.uad.ac.id/index.php/JSTIF/index


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

##submission.license.cc.by-sa4.footer##

Creative Commons License

Prosiding Seminar Nasional Politeknik Negeri Lhokseumawe is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

© 2017 All rights reserved |Seminar nasional Politeknik Negeri Lhokseumawe p-ISSN:2598-3954.

.