Disain Aplikasi Perumahan Dengan Virtual Reality
Sari
diterapkan oleh calon konsumen pada suatu perumahan tertentu. Untuk itu dibuat suatu aplikasi yang dapat mengatasi permasalahan tersebut melalui implementasi aplikasi perumahan menggunakan virtual reality. Aplikasi dibuat menggunakan software Blender dan Unity 3D. Penerapan teknologi virtual reality menggunakan teknik panoramic virtual reality, yang membuat pengguna bisa melihat bagian dalam rumah dari segala sudut. Sebagai referensi dalam menentukan design interior dan exterior, aplikasi menyediakan fitur kostumisasi yang membuat pengguna dapat mengganti texture bangunan, mengganti warna bangunan, menambah objek baru, menjelajahi bangunan rumah dan dapat melihat informasi dari perumahan tersebut. Aplikasi dapat memberikan pengalaman visualisasi yang nyata dan dapat memberikan referensi design interior maupun exterior kepada calon pembeli rumah, sehingga calon pembeli mendapatkan informasi perumahan yang jelas, menarik, dan interaktif.
Teks Lengkap:
PDFReferensi
dpu.kulonprogokab, “Rumah, Perumahan, dan Permukiman,”
dpu.kulonprogokab.go.id.https://dpu.kulonprogokab.go.id/detil/
/rumah-perumahan-dan-permukiman.
Rumah.com, “Mengenal Akta Jual Beli Rumah dan Cara
Mengurus Terbaru 2023,” www.rumah.com, 2023.
https://www.rumah.com/panduan-properti/panduan-mengurus-
akta-jual-beli-rumah-7853.
R. Abidin, “Pengertian Virtual Reality dan Perbedaannya
dengan Augmented Reality,” 2016.
https://teknojurnal.com/pengertian-virtual-reality-dan-
perbedaanya-dengan-augmented-reality/#:~:text=Dengan
demikian%2C perbedaan virtual reality dan augmentedeality,reality menambahkan atau melengkapi kenyataan dengan
benda-benda semu. (accessed Feb. 01, 2020).
I. Jeelani, K. Han, and A. Albert, “Development of virtual
reality and stereo-panoramic environments for construction
safety training,” Eng. Constr. Archit. Manag., vol. 27, pp.
–1876, 2020, [Online]. Available:
https://doi.org/10.1108/ECAM-07-2019-0391.
D. Y. Xiao, “Experiencing the library in a panorama virtual
reality environment,” Libr. Hi Tech, vol. 18, pp. 177–184, 2000,
[Online]. Available:
https://doi.org/10.1108/07378830010333572.
G. Kharismajati, R. Umar, and Sunardi, “INOVASI PROMOSI
OBYEK WISATA PURBALINGGA MENGGUNAKAN
TEKNOLOGI VIRTUAL REALITY 360O PANORAMA
BERBASIS ANDROID,” JIKO (Jurnal Inform. dan Komputer),
vol. 3, pp. 62–68, 2020, [Online]. Available:
https://ejournal.unkhair.ac.id/index.php/jiko/article/view/1756/1
Y. Anggara and G. M. Zamroni, “Virtual Reality Tour
Menggunakan Metode Gambar Panorama 360° Sebagai Media
Informasi dan Pengenalan Gedung Perkuliahan Kampus 4
Universitas Ahmad Dahlan,” J. Sarj. Tek. Inform., vol. 9, pp. 1–
, 2021, [Online]. Available:
http://journal.uad.ac.id/index.php/JSTIF/index
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.
##submission.copyrightStatement##
##submission.license.cc.by-sa4.footer##
Prosiding Seminar Nasional Politeknik Negeri Lhokseumawe is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License
© 2017 All rights reserved |Seminar nasional Politeknik Negeri Lhokseumawe p-ISSN:2598-3954.
.