Kajian Biaya Operasional Kendaraan dan Nilai Waktu Perjalanan untuk Mobil Pribadi pada Jalan Medan-Banda Aceh Kota Lhokseumawe

Gustina Fitri, Cut Yusnar, Ruhana Ruhana, Ismail Ismail, Yusnimar M.Amin

Sari


Jalan Medan-Banda Aceh merupakan jalan yang menghubungkan kota Lhokseumawe dengan kota lain, provinsi Aceh dengan Sumatera Utara, kota Lhokeumawe dengan berbagai pusat starategis seperti jalan keluar masuk perumahan, kantor, rumah sakit, SPBU, kampus UNIKI, kampus STIES, kampus Akper, kampus Akbid, kampus STAIN, kampus PNL dan lain sebagainya. Sehingga di waktu-waktu tertentu sering terjadi kemacetan dikarenakan hambatan samping yang mengakibatkan besarnya Biaya Oprasiaonl Kendaraan (BOK) dan terhambatnya waktu perjalanan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis Biaya Operasional kendaraan dan Nilai Waktu Perjalanan kendaraan pribadi pada ruas tersebut, sehingga dapat diketahui perbandingan manfaat BOK dan Nilai Waktu Perjalanan. Metode yang digunakan untuk menganalisis Biaya Operasional Kendaraan adalah dengan metode Pacific Consultant International (PCI) dan Nilai Waktu Perjalanan menggunakan metode Running Speed Approach. Dari hasil perhitungan diperoleh total BOK rata-rata Jalan Medan-Banda Aceh saat jam sibuk, yaitu untuk mobil penumpang sebesar Rp. 3.029 kend. Sedangkan pada pos 2 yaitu Rp. 3.045 kend. Sedangkan untuk Nilai waktu perjalanan pos 1 sebesar Rp. 67.658/jam, dan pada pos 2 yaitu sebesar Rp. 70.797/jam, tetapi harus ditertibkan hambatan sampingnya agar tidak terjadi kemacetan yang berpengaruh terhadap besaran BOK dan Nilai Waktu Perjalanan

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Anonim, 2000, Metode Perhitungan Biaya

Operasional Kendraan, Pacifik Consultant

International (PCI).

Anonim, 1997, Manual Kapasitas Jalan

Indonesia (MKJI), Direktorat Jenderal Bina

Marga, Jakarta.

Anonim, 2010, Perencanaan Lalu Lintas dan

Ekonomi Transprtasi, Badan Asosiasi

Sertifikasi Pusat HPJI, Jakarta.

Bukhari R.A& Sofyan, M.S 2002, Rekayasa

Lalu Lintas I, Universitas SyiahKuala, Banda

Aceh.

BPS Aceh, 2013, Aceh Dalam Angka, Aceh.

Departemn Pekerjaan Umum, 2005, (a)

Pedoman Perhitungan Biaya Operasional

Kendaraan, Puslitbang Prasarana Tansportasi

, Jakarta.

Ikhsan, T. 2015 Kajian Manfaat

Pembangunan alan Alternatif Berdasarkan

Analisa Consumer Surplus dalam Ekonomi

Transportasi (Studi Kasus Ruas Jalan Banda

Aceh-Krueng Raya -Laweung-Sigli. Tesis

Program Pascasarjana Univesitas Syiah Kuala

Banda Aceh.

Nazariani, T. 2015, Penaksiran Nilai Waktu

Perjalanan untuk Kendaraan Pribadi (Studi

Kasus Jalan Teuku Umar Banda Aceh)

Keputusan Menteri Pekerjaan Umum dan

Perumahan Rakyat No. 248/KPRT/M/2015

tentang Penetapan Ruas Jalan dalam Jaringan

Jalan primer.

Keputusan Gubernur Aceh No.

/1243/2015 tentang Penetapan Status

Ruas-Ruas Jalan sebagai Jalan Provinsi.

Nazir, M. 2011. Metode Penelitian (Edisi

Ketujuh), Jakarta : Ghalia Indonesia.

Peraturan Pemerintah No. 34 Tahun 2006

tentang jalan.

Peraturan Menteri PU No. 02/PRT/M/2012

tentang jaringan jalan.

Ridwan, 2003, Skala Pengukuran Variabel-

Variabel Penelitian, Penerbit Alfabeta,

Bandung.

Rogers, Kennech C, 1975, The Use of

Behaioural model for deriving Values of

Travel Time : The State of The Art, D.C

Health and Company, Canada.

Sandiah, N. 2010, Kajian Teknis Rencana

pembangunan Jembatan berdasarkan Analisa

Nilai Ekonomi Transportasi pada Jembatan

Lamreung-Limpok, Tesis Program

Pascasarjana Universitas Syiah Kuala, banda

Aceh.

Setijowarno & Frazila, 2001, Pengantar Sistem Transportasi, Universitas Katolik

Soegijapranata, Semarang.

Suryaningsih, I G.A 2010, Kajian Ekonomi

Relokasi Jalan dan Jembatan pada Ruas Jalan

Tabanan, Tesis Program Pascasarjana

Universitas Udayana, Denpasar.

Tamin, O.Z, 2008, Perencanaan, Permodelan

dan Rekayasa Transportasi, Penerbit ITB,

Bandung


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

##submission.license.cc.by-sa4.footer##

Creative Commons License

Prosiding Seminar Nasional Politeknik Negeri Lhokseumawe is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

© 2017 All rights reserved |Seminar nasional Politeknik Negeri Lhokseumawe p-ISSN:2598-3954.

.