Pengolahan Sampah Organik Menggunakan Compost Maker Berbasis Teknologi Bokashi di Desa Alue Lim Kota Lhokseumawe

Selvie Diana, Marlina Marlina, Adriana Adriana, Salmyah Salmyah, Nahar Nahar

Sari


Desa Alue Lim merupakan salah satu desa binaan Politeknik Negeri Lhokseumawe yang mana di desa tersebut terdapat lokasi Tempat Pembuangan Akhir (TPA) sampah Kota Lhokseumawe. Permasalahan muncul ketika saat ini TPA sudah over kapasitas karena semakin tingginya volume sampah yang ditampung pada TPA tersebut. Volume sampah di TPA yang seharusnya dapat direduksi pada tingkat rumah tangga tidak dapat dilakukan dikarenakan terbatasnya pengetahuan warga Desa Alue Lim dalam pengelolaan dan pengolahan sampah khususnya sampah rumah tangga yang merupakan sampah organik yang dapat dijadikan produk kompos yang memiliki daya jual.   Adapun solusi yang ditawarkan untuk permasalahan pengelolaan sampah di Desa Alue Lim adalah dengan melakukan kegiatan pengabdian masyarakat (PKM) yang berupa sosialisasi pengelolaan sampah berbasis 3R (reduce, reuse dan recycle) dan melakukan pelatihan pembuatan kompos dari sampah oraganik rumah tangga menggunakan alat compost maker berbasis teknologi bokashi. Dari kegiatan PKM yang sudah dilaksanakan, partisipasi masyarakat dalam pengelolaan serta pengolahan sampah secara mandiri sangat tinggi, terlihat dari tingkat kehadiran masyarakat yang mencapai 100% mulai dari tahap sosialisasi sampai tahap evaluasi. Produk kompos yang dihasilkan dari kegiatan ini sudah sesuai dengan SNI 19-7030-2004 tentang spesifikasi kompos dari sampah organik dengan nilai kadar air 48,4% dan nilai pH 7,8.


Kata Kunci


Bokashi, compost maker, kompos, organik, sampah

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Badan Lingkungan Hidup dan Kebersihan (BLHK) Kota Lhokseumawe.2010. Isu Strategis dan Tantangan Layanan Sanitasi Kota Lhokseumawe 2010. BLHK Kota Lhokseumawe. Lhokseumawe.

Zaki Mubarak, TPA Alue Lim Lhokseumawe Over kapasitas, Serambi News tanggal 18 Januari 2022, https://aceh.tribunnews.com/2022/01/18/tpa-alue-lim-lhokseumawe-over-kapasitas-pemko-akan-relokasi-ke-tempat-baru.

Wahyuni, S., Rokhimah, A. N., Mawardah, A., & Maulidya, S. (2019). Pelatihan Pengolahan Sampah Organik Skala Rumah Tangga Dengan Metode Takakura di Desa Gebugan. Indonesian Journal of Communitiy Empowerment, 1161, 51–54.

Mardwita, Yusmartini, E. S., Melani, A., Atikah, & Ariani, D. (2019). Pembuatan kompos dari sampah organik menjadi pupuk cair dan pupuk padat menggunakan komposter. Suluh Abdi: Jurnal Ilmiah Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(2), 80–83.

Warjoto, R. E., Canti, M., & Hartanti, A. T. (2018). Metode komposting takakura untuk pengolahan sampah organik rumah tangga di cisauk, tangerang. Jurnal Perkotaan, 10(2), 76–90.

Jerry, Fikri Arsil. (2022). Studi Pengaruh Waktu Fermentasi dan Komposisi campuran Serbuk Pinang terhadap Mutu Kompos. Jurnal Integrasi Proses, 11(1), 51-55.

SNI 19-7030-2004 tentang Spesifikasi Kompos dari Sampah Organik


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

##submission.license.cc.by-sa4.footer##

Creative Commons License

Prosiding Seminar Nasional Politeknik Negeri Lhokseumawe is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

© 2017 All rights reserved |Seminar nasional Politeknik Negeri Lhokseumawe p-ISSN:2598-3954.

.