Pengaruh Persen Berat Bunga Telang Kering Dan Waktu Adsorbsi Terhadap Karakteristik Mutu Minyak Pliek U

F. Faridah, Y. Yuniati, Ratna Sari, Gustina Fitri, F. Facraniah

Sari


Masyrakat Aceh secara turun temurun telah menghasilkan minyak kelapa untuk dikonsumsikan. Minyak kelapa yang dihasilkan merupakan produk samping dari penggolahan pliek u yang sering di sebut minyak patarana (minyak pliek u). Minyak ini sering digunakan oleh masyrakat Aceh sebagai minyak goreng. Namun minyak yang dihasilkan berkualitas rendah dan belum memenuhi standar mutu minyak goreng. Hal ini disebabkan masih banyaknya pengotor (impuritis) terutama asam lemak bebas. Kandungan asam lemak tidak jenuh yang terdapat dalam minyak kelapa dapat mengakibatkan ketengikan pada minyak yang disimpan dalam waktu tertentu. Untuk meningkatkan mutu minyak patarana (minyak pliek u)  maka perlu zat aditif seperti antioksidan untuk mencegah ketengikan minyak. Penelitian ini menggunakan bunga telang (clitoria ternatea l.) sebagai sumber antioksidan. Dimana bunga telang (clitoria ternatea l.)  banyak mengandung komponen fenol, flavonoid, antosianin, glikosida flavonol yang berpotensi sebagai antioksidan. Tujuan dari penelitian ini adalah  mengaplikasikan antiksidan alami dari bunga telan (clitoria ternatea l.)  dalam menghambat/mengurangi bau tegik pada minyak patarana (minyak pliek u). Metode penelitian dilakukan dengan tiga thapa yang terdiri dari tahap persiapan bunga telang (clitoria ternatea l.) yang dikeringkan, tahap proses adsorbansi/pencampuran bunga telang (clitoria ternatea l.) dengan % berat 0,5, 1, 1,5, 2, dan 2,5 %  dengan minyak patarana (minyak pliek u) dan tahap pemurnian minyak patarana (minyak pliek u). Selanjutnya waktu perendaman dengan bunga telang dan minyak pliek u (patarana) selama 0, 2, 4, 6, 8 hari. Hasil penelitian ini menghasilkan bahwa bunga telangkering dapat menurunkan kadar air , bilangan asam lemak bebas dan bilangan peroksida. Kadar air dan bilangan asam lemak bebas belum sesuai dengan standar SNI sedangkan bilangan peroksida sudah memenuhi standar SNI.

Kata kunci— Minyak, patarana, bunga, telang, tegik.


Kata Kunci


Minyak, patarana, bunga, telang, tegik.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Khathir, R., Agustina, R., Hartuti, S., dan Fahmi, Z., 2020, Improving fermented virgin coconut oil quality by using microwave heating, in: IOP Conference Series: Earth and Environmental Science. IOP Publishing Ltd. https://doi.org/10.1088/17551315/425/1/012068.

Warisno, 2003, Budi Daya Kelapa Genjah, Yogyakarta: Kanisius.

Komayaharti, A., dan Paryanti, D., 2000, Ekstrak Daun Sirih Sebagai Antioksidan Pada Minyak Kelapa. Jurnal Fakultas Teknik Kimia. Semarang: Universitas Diponegoro.

Khathir, R., dan Erika, C., 2013. Kajian Terhadap Metode Pengolahan Minyak Kelapa di Aceh, Seminar Nasional Hasil Riset Dan Standardisasi Industri III. Balai Riset dan Standardisasi Industri Banda Aceh, Banda Aceh, pp. 22–27.

Saifullah., H., dan Nurul, A. P., 2000, Penggunaan Proses Soda untuk Meningkatkan Kualitas Minyak Goreng Rakyat. Laporan Penelitian. Banda Aceh: Fakultas Teknik Universitas Syiah Kuala.

Ketaren, 2005, “Minyak dan lemak Pangan”, Jakarta: Universitas Indoneia Press

N. G. A. M. Dwi Adhi Suastuti, 2009, Kadar Air dan Bilangan Asam Dari Minyak Kelapa yang Di buat Dengan Cara Tradisonal dan Fermentasi, Jurnal Kimia 3 (2), JULI 2009 : 69-74.

Kulkarni, M. G. and Dalai, A. K. Waste Cooking Oil-An Economical Source for Biodiesel: A Review, Ind. Eng. Chem. Res. 2006

Winarno, F. G., Srikandi Fardiaz, dan Dedi Fardiaz, 1980, Pengantar Teknologi Pangan, P.T. Gramedia, Jakarta.

Wibowo, 2005, VCO dan Pencegahan Komplikasi Diabetes, Pawon Publishing, Jakarta

Ketaren, S., 1986, Pengantar Teknologi Minyak dan Lemak Pangan. UI. Jakarta.

Rabeta, M. S. & An Nabil, Z., 2013. Total phenolic compounds and scavenging activity in Clitoria ternatea and Vitex negundo linn. International Food Research Journal, 20(1), pp. 495-500.

Vankar, P. S. & Srivastava, J., 2010. Evaluation of Anthocyanin Content in Red and Blue Flowers. International Journal of Food Engineering, 6(4), pp. Article 7.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

##submission.license.cc.by-sa4.footer##

Creative Commons License

Prosiding Seminar Nasional Politeknik Negeri Lhokseumawe is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

© 2017 All rights reserved |Seminar nasional Politeknik Negeri Lhokseumawe p-ISSN:2598-3954.

.