Persepsi Mahasiswa terhadap penggunaan Film sebagai Media Pembelajaran Bahasa Inggris di Jurusan Teknik Kimia Politeknik Negeri Lhokseumawe

Marlina Marzuki, Amru Amru, Nasir Nasir, Ummi Habibah

Sari


Salah satu kompetensi lulusan Politeknik Negeri Lhokseumawe adalah kemampuan berkomunikasi dalam Bahasa Inggris, sehingga perlu dilakukan inovasi pembelajaran yang dapat menarik minat mahasiswa.  Pada penelitian ini telah diintegrasikan film berbahasa Inggris di kelas bahasa Inggris sebagai alat untuk mengembangkan keterampilan bahasa mahasiswa. Dosen menyusun bahan ajar yang sesuai dengan kurikulum dan capaian pembelajaran, pemilihan judul-judul film yang relevan, melaksanakan kegiatan pembelajaran, dan melakukan asesmen capaian pembelajaran. Untuk melihat efektivitas pelaksanaan pembelajaran, kami juga menyusun beberapa pertanyaan penelitian terkait dengan persepsi mahasiswa, pengalaman pembelajaran, dan kerangka umum dalam mengeksplorasi film untuk pembelajaran bahasa. Partisipan dalam penelitian ini adalah kelas bahas Inggris mahasiswa tingkat pertama pada Program Jurusan Teknik Kimia, Politeknik Negeri Lhokseumawe. Mahasiswa menggunakan 30 menit dari 4 kali pertemuan kelas bahasa Inggris untuk menonton film. Mahasiswa diberikan lembar kerja untuk mencatat dan melafal kosa kata dan frasa baru. Hasil pelaksanaan menunjukkan peningkatan yang signifikan terhadap pembelajaran bahasa Inggris pada mahasiswa. Pemilihan materi film yang tepat juga dapat meningkatkan proses belajar dan motivasi mahasiswa. Secara khusus penelitian ini membuktikan konsep fungsi secara analitis dan eksperimental terkait pengintegrasian media film dalam pembelajaran bahasa Inggris. Media film adalah alat instruksional yang dapat membantu dalam mengembangkan keterampilan bahasa mahasiswa. Peserta termotivasi dengan integrasi film di kelas mereka untuk meningkatkan bahasa Inggris. Film dapat membantu meningkatkan penguasaan kosa kata karena film memberikan banyak informasi tentang berbagai kosa kata, frasa, dan ekspresi sehari-hari. Namun, untuk memenuhi tujuan pedagogisnya, film harus dipilih secara strategis berdasarkan silabus mata kuliah, minat mahasiswa, dan tingkat kemahiran mereka.


Kata Kunci


Penelitian kelas, pembelajaran bahasa, motivasi, film, teknologi pendidikan.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


. Abdul Halim, N., Ariffin, K., & Darus, N. (2021). Discovering Students’ Strategies in Learning English Online. Asian Journal of University Education, 17(1), 261-268.

. Ariffin, A. (2021). Effects of Student Collaboration on ESL Learners’ Vocabulary Development. Asian Journal of University Education, 17(1), 177-191.

. Ja’afar, H., Othman, W., Kesevan, H., & M.S, B. (2021). Enhancing Oral Reading Fluency (ORF) Through Computer Assisted Repeated Reading (CARR). Asian Journal of University Education, 17(1), 207-221.

. Aliyev, A., & Albay, M. (2016). Bridging the gap between theory and practice: The use of films in language learning. International Journal of Social Sciences & Educational Studies, 2(3), 13.

. Ash, R. (2018). The MovieTalk: A Practical Application of Comprehensible Input Theory. Teaching Classical Languages, 8, 70-84.

. Björnsson, J., & Andersson, S. (2019). Using Movies in English Teaching. Malmö universitet/Lärande och samhälle

. Li, X., & Wang, P. (2015). A research on using English movies to improve Chinese college students' oral English. Theory and Practice in Language Studies, 5(5), 1096-1100.

. Ruusunen, V. (2011). Using movies in EFL teaching: The point of view of teachers [Master’s thesis]. University of Jyväskylä.

. Albiladi, W. S., Abdeen, F. H., & Lincoln, F. (2018). Learning English through movies: Adult English language learners’ perceptions. Theory and Practice in Language Studies, 8(12), 1567-1574.

. Al Murshidi, G. (2020). Effectiveness of Movies in Teaching and Learning English as a Foreign Language at Universities in UAE. Psychology and Education, 57(6), 442-450.

. Dikilitas, K., & Duvenci, A. (2009). Using popular movies in teaching oral skill. Procedia-Social and Behavioral Sciences, 1(1), 168-172.

. Goctu, R. (2017). Using movies in EFL classrooms. European Journal of Language and Literature, 3(2), 121-124.

. Jinyoung, S. R. & Jonghak, B. M. (1997). Using movies in language classrooms: Rationale and methods. English Teaching, 52(1), 59-88.

. Kalra, R. (2017). The effectiveness of using films in the EFL classroom: A case study conducted at an International University in Thailand. Arab World English Journal (AWEJ), 8(3).

. Kwon, W. (2014). Selecting Movies for English Language Learning & Teaching: Criteria, Methodology, and a Movie Guide for ESL Learners & Teachers. W. Kwon, Selecting Movies for English Language Learning & Teaching: Criteria, Methodology, and a Movie Guide for ESL Learners & Teachers (Introductions to M-ELT: Movie-assisted ESL Learning & Teaching), Tomato's English.

. Mahmoodi-Shahrebabaki, M. (2014). An investigation on the effectiveness of using movie clips in teaching English language idioms. Enjoy Teaching Journal, 2(4), 26-35.

. Pamungkas, I. B. A. & Adi, S. S. (2020). Students’ perception about improving English listening skills using movies among the vocational high school students. Erudio Journal of Educational Innovation, 7(2).

. Rasdi, N. N., Aripin, N., & Rahmat, N. H. A. (2014). Study of the Use of Movies for Oral Commentaries in the Malaysian ESL Classroom.

. Someya, M. (1990). On the use of English movies as effective teaching material. IALLT Journal of Language Learning Technologies, 23(3), 35-40.

. Zulfahmi, N. & Nikmah, A. (2020). The Effects of Using Movies in Improving Vocabulary and Motivation to Learn among Students across Different Age Groups. Britania Journal of English Teaching, 3(1).

. Krashen, S. (1985). The input hypothesis: Issues and implications. Longman.

. Kusumawardhani, P., & Nurhayati, N. (2019). The Analysis of Teaching Writing to English Young Learners (EYL) through a Movie: An ICT Perspective. Wanastra: Jurnal Bahasa dan Sastra, 11(1), 25-36.

. Yazici, Y. (2020). Movieoke in language learning classes. European Journal of Education Studies, 7(10).

. Ismaili, M. (2013). The effectiveness of using movies in the EFL classroom–A study conducted at South East European University. Academic Journal of Interdisciplinary Studies, 2(4), 121.

. Kostoulas, A. (2013). On Likert scales, ordinal data and mean values. Retrieved from https://achilleaskostoulas.com/2013/02/13/on-likert-scales-ordinal-data-and-mean-values/

. Pimsamarn, T. (2011). A Survey of Students’ Opinions on Watching English Soundtrack Movies to Enrich Listening Skill Development. Thammasat University: Bangkok, Thailand. Retrieved May 29, 2015, from https://digi.library.tu.ac.th

. Rokni, S. J. A., & Ataee, A. J. (2014). Movies in EFL classrooms: With or without subtitles. The Dawn Journal, 3(1), 715-726.

. Silviyanti, T. M. (2014). Looking into EFL students’ perceptions in listening by using English movie videos on YouTube. Studies in English language and Education, 1(1), 42-58.

. Rokni, S., & Ataee, A. (2014). Movies in EFL classrooms: With or without subtitles. The Dawn Journal, 3(1), 715-726.

. Yaseen, B., & Shakir, H. (2015). Movies effects on EFL learners at Iraqi school in Kuala Lumpur. International Journal of Education and Literacy Studies, 3(3), 31-36.

. Creswell, J. (2015). A concise introduction to mixed methods research. London, England: SAGE.

. Teddlie, C., & Yu, F. (2007). Mixed methods sampling: A typology with examples. Journal of Mixed Methods Research, 1(1), 77-100.

. Seferoğlu, G. (2008). Using feature films in language classes. Educational Studies, 34(1), 1-9.

. Florence, Y. (2009). Learning English through films : A case study of a Hong Kong class. University of Hong Kong.

. Macwan, H. (2015).Using visual aids as authentic material in ESL classrooms. Research Journal of English Language and Literature (RJELAL), 3(1), 91-96.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

##submission.license.cc.by-sa4.footer##

Creative Commons License

Prosiding Seminar Nasional Politeknik Negeri Lhokseumawe is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

© 2017 All rights reserved |Seminar nasional Politeknik Negeri Lhokseumawe p-ISSN:2598-3954.

.