PENERAPAN MODUL PRAKTEK INSTALASI LISTRIK PENERANGAN UNTUK MENINGKATKAN KOMPETENSI SISWA JURUSAN TEKNIK LISTRIK PADA SMKN 5 LHOKSEUMAWE

Amir D, Jamaluddin Jamaluddin, Ariefin Ariefin, Zuhaimi Zuhaimi, Sulaiman Sulaiman

Sari


Sekolah Kejuruan Menengah Negeri 5 berlokasi disebelah selatan ibukota kotamadya Lhokseumawe, berjarak kurang lebih 2 km dari Politeknik Negeri Lhokseumawe ke arah selatan.  SMKN 5 didirikan pada tanggal 28 April 2013, mengasuh 4 jurusan, yaitu; Jurusan akutansi keuangan, desain pemodelan, audio dan video serta jurusan Teknik Listrik. Jumlah total siswa pada ke-4 jurusan sebanyak 257 orang. Sekolah ini terakreditasi B yang diterbitkan oleh Departemen Pendidikan dan Kebudayaan tertanggal 01-01-2014. Kurikulum yang digunakan sekarang ini adalah kurikulum KTSP. Pada kegiatan PKM ini, pelaksana bermitra dengan Jurusan Teknik Listrik . Salah satu permasalahan prioritas yang dihadapi oleh mitra ialah minimnya fasilitas laboratorium  dan ajar praktikum, Khususnya pada keahlian kelistrikan sehinhgga. Ketercapaian kurikulum saat pembelajaran tidak optimal,  kompetensi siswa rendah. Kondisi ini membawa dampak pada kualitas lulusan. Permasalahan perlu mendapat penanganan Oleh sebab itu pada kegiatan PKM kali ini, ditawarkan solusi berupa IPTEK Penerapan dan pembuatan modul pembelajaran praktek instalasi listrik penerangan bagi siswa-siswa Jurusan Teknik Listrik. Penerapan dilakukan melalui mekanisme mendesain modul pelatihan, membuat pelatihan, dan evaluasi kegiatan. Dari kegiatan program penerapan IPTEKS, maka menghasilkan dua modul pembelajaran dimana masing-masing modul terdiri dari  6 kegiatan praktek. Hasil pelatihan berhasil mengupgrade kompetensi mitra yang tergambar dari nilai hasil evaluasi kompetensi yanag diikasikan dengan predikat lulius dengan nilai 92,5 berkategori excellent, Tingkat kepuasan mitra berkategori sangat memuaskan dengan indeks persepsi 4,43 sampai dengan 4,8. Tingkat partisipasi mitra pada kegiatan ini berkategori sangat antusias dengan kehadiran seluruh peserta dalam kegiatan sebesar 100%.


Kata Kunci


Instalasi; modul, listrik. Penerangan, praktek

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Tim Guru, 2018, Silabus standar Kompentensi menganalisa rangkaian Listrik, SMKN 5 Lhokseumawe

DIPODIKDASMEN, 2019, SMKN 5 Lhokseumawe Sinkronisasi Terakhir, Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Zamtinah, Mustholiq, M.Khoiriyah (2017) Pengaruh informasi kerja dan

pengalaman praktik kerja industri pada kesiapan kerja SMK. Jurnal Kependidikan dan Kebudayaan, (2), 202.

IIka Sufria, 2016, Pemanfaatan Media Digital (E-Learning) Dalam Memaksimalkan Proses Belajar Mengajar (Pbm) Di Perguruan Tinggi, Nizhamiah, Vol. Vi No. Jan-juni 2016, ISSN : 2086 -4205 .

Andriyati Porbaningsih dkk, 2018, Pengaruh Kegiatan Praktik Kerja Industri dan Motivasi Berorganisasi terhadap Kemampuan Penguasaan Soft Skills Siswa Kelas XI Program Keahlian Administrasi Perkantoran SMK Islam Al Hikmah Mayong Jepara, Program Studi Pendidikan Ekonomi BKK PAP FKIP UNS

Indra Z dkk, 2011, Analisis Sistem Ins-talasi Listrik Rumah Tinggal dan Gedung untuk Mencegah Bahaya Kebakaran, Jurnal Ilmiah Elite Elektro Vol 2 nomor 1 Maret 2011

Frely Didit Sukardi dkk, 2019,Prototipe Pengaman Peralatan Instalasi Listrik dan Tegangan Sentuh Bagi Manusia dengan ELCB ( Earth Leakege Circuit Breaker, Jurnal Teknologi elektronika, ISSN 2656-0143.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

##submission.license.cc.by-sa4.footer##

Creative Commons License

Prosiding Seminar Nasional Politeknik Negeri Lhokseumawe is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

© 2017 All rights reserved |Seminar nasional Politeknik Negeri Lhokseumawe p-ISSN:2598-3954.

.