Implementasi Microsoft Excel dan Power Point untuk Mengoptimalisasi Kinerja Tenaga Pendidik di SMA Negeri 1 Peusangan Selatan

Mulyadi Mulyadi, Zulfan Khairil, Azhar Azhar, Hendrawati Hendrawati

Sari


— Pemberlakuan kurikulum nasional (kurikulum 2013) memberi dampak besar pada kinerja guru, dimana guru harus mengerti komputer dan internet. Kecakapan guru dalam menggunakan komputer dan internet menjadi salah satu barometer keunggulan sekolah tersebut. SMA Negeri 1 Peusangan Selatan terdiri dari 20 orang guru PNS, 15 tenaga honor dan berstatus terakreditasi B, dimana sampai saat ini sebahagian besar guru-guru SMA Negeri 1 Peusangan Selatan belum mampu mengoperasikan komputer, khususnya penggunaan aplikasi excel dan powerpoint dalam proses pengelolaan data dan penyiapan lembaran presentasi materi pengajaran. Mengacu pada permasalahan diatas, dilakukan kegiatan PKM untuk memberi pelatihan peningkatan kemampuan guru-guru SMA Negeri 1 Peusangan selatan dalam aplikasi excel dan powerpoint. Penerapan pelatihan dilakukan dengan metode participatory approach dengan pendekatan ceramah dan diskusi dalam penyampaian materi pelatihan, demontrasi dan praktek dilakukan secara langsung. Materi pelatihan diberikan untuk peserta berupa modul excel dan powerpoint yang materinya terdiri dari beberapa formula pengolahan data pada excel seperti perjumlahan, rata-rata, nilai maximum-minimum, penggunaan if condition maupun lookup. Sedangkan pada powerpoint yang dipelajari bagaimana pembuatan slide, menyimpan, penggunaan design template, auto content dan penggunaan animasi. Berdasarkan nilai pre-test yang diperoleh dimana tingkat kemampuan peserta sebelum mengikuti pelatihan mempunyai  nilai rata-rata 4.9 yaitu dengan kategori kemampuan kurang. Setelah mengikuti pelatihan dilakukan evaluasi akhir dimana kemampuan peserta meningkat dengan nilai rata-rata 8,5 yaitu dengan kategori kemampuan baik.


Kata Kunci


Excel, power point, lookup, translasi, animasi

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


https://sekolah.data.kemdikbud.go.id/index.php/chome/profil/956ee8cd-c3d9-4070-84e5-c99f99b78b41, di akses 14 September 2022 pukul 20.40 wib)

https://ojs.unud.ac.id/index.php/jum/article/view/55355, diakses 14 September 2022 pukul 21.00

Shenia A. & Irwan Rouf. (2011). Buku Pintar Menguasai Microsoft Excel untuk Pemula. Jakarta Selatan: PT.TransMedia.

Risdianto E. & Wiwit M. (2019). 43 Trik Cepat Belajar Excel. Jakarta: Halaman Moeka Publishing

“Profil SMA Negeri 1 Peusangan Selatan,” 2022.

______________ Panduan Mahir Ms. Powerpoint 2016 (https://www. Software solusindo.com/2020/03/panduan-mahir-microsoft-powerpoint-2016.html, diakses pada tanggal 13 April 2022 pukul 20.33 wib)


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

##submission.license.cc.by-sa4.footer##

Creative Commons License

Prosiding Seminar Nasional Politeknik Negeri Lhokseumawe is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

© 2017 All rights reserved |Seminar nasional Politeknik Negeri Lhokseumawe p-ISSN:2598-3954.

.