PELATIHAN DAN UJI KOMPETENSI PLC OMRON CP1E BAGI ALUMNI JURUSAN TEKNIK ELEKTRO POLITEKNIK NEGERI LHOKSEUMAWE

Muhammad Muhammad, Yaman Yaman, Muhammad Syahroni, Faisal Abdullah, Muhammad Kamal

Sari


Ikapolinel adalah suatu wadar organisasi bagi alumni Politeknik Negeri Lhokseumawe untuk semua jurusan. Jumlah alumni yang tergabung dalam Ikapolinel ini sangatlah banyak mengingat Politeknik Negeri Lhokseumawe yang berada di Provinsi Aceh. didirikan pada tahun 1985 dengan bantuan dari Bank Dunia XIII dan mulai menyelenggarakan pendidikan sejak tanggal 5 Oktober 1987, dengan nama Politeknik Universitas Syiah Kuala. Kegiatan ini dilakukan bertujuan untuk memberi bekal pengetahuan ketrampilan praktis kepada Alumni Program Studi Teknologi Elektronika Politeknik Negeri Lhokseumawe sehingga memudahkan dalam mencari pekerjaan di industri. Kegiatan ini dilaksanakan di Laboratorium Programable Logic Control Politeknik Negeri Lhokseumawe dengan memanfaatkan peralatan berupa computer, software CX Programmer, Trainer programmable logic kontrol (PLC). dan PT.Omron untuk uji kompentensi yang  menghasilkan sertifitkat kompetensi. Jumlah peserta pelatihan direncanakan sebanyak 6 orang. Hasil pelaksanaan pelatihan berupa sertifikat kompentensi yang dikeluarkan oleh PT Omron dapat bermanfaat bagi  Alumni Politeknik Negeri Lhokseumawe yang tergabung dalam organisasi Ikapolinel dalam mencari pekerjaan di bidang otomasi industri. Kegiatan pelatihan ini dilakukan untuk meningkatkan keilmuwan dan ketrampilan Alumni Politeknik Negeri Lhokseumawe  dibidang otomasi industri menyangkut pengawatan input dan output PLC CP1E serta pemogramannya dengan penggunaan aplikasi cx Programmer. Pelatihan ini memanfaatkan peralatan berupa Trainer  PLC Cp1E, komputer, software Cx programmer. Hasil evaluasi sebelum pelatihan kepamampuan rata-rata peserta dengan score 56 artinya kemampuan kurang. Setelah  dilaksanakan pelatihan kemampuan peserta meningkat meningkat 30 %, dari hasil evaluasi peserta mempunyai nilai rata-rata 84 artinya dapat dinyatakan bahwa peserta pelatihan telah mempunyai kemapuan sangat baik tentang hardware dan software untuk pemograman dan pengwatan PLC Cp1E.

 

Kata kunci: 1; PLC   2;Komunukasi PLC  3;Cx Programmer 4;Pengwatan


Kata Kunci


PLC ;Komunukasi PLC ;Cx Programmer;Pengwatan

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Anonim, 2010, Diktat Trainer Scada, Universits Kristen Maranata

Bolton, William. 2004. Programmable Logic Kontroller (PLC). Alih Bahasa: Irzam Harmein. Jakarta: Erlangga.

OMRON. 2001. Beginner’s Guide to PLC. Version 2.0. Singapore: Omron Asia Pasific Pte. Ltd.

OMRON. 2001. Sysmac CPM1/CPM1A/CPM2A/CPM2C/SRM1(-V2) Programmable Kontrollers: Programming Manual. Japan: Omron Corporation.

Setiawan, Iwan. 2006. Programmable Logic Kontroller (PLC) dan Teknik Perancangan Sistem Kontrol. Yogyakarta: ANDI.

E. Setiawan,2015,Instalasi Listrik Arus Kuat 2, Erlangga, Jakarta.

Michael Neidle, Teknologi Instalasi Listrik, edisi ketiga, Erlangga, Jakarta

Alim Gunawan, 2016 ,Rancangbangun Sistem Otomasi Aplikasi Mesin Pencampur Berbasis Plc Omron Cp1e 20 i/o, Vol 5 No 1,Power Elektronik

Siswoyo, 2008, Teknik Listrik Industri Jilid 2 Untuk SMK, Jakarta: Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Kejuruan, Direktorat Jenderal Manajemen Pendidikan Dasar dan Menengah, Departemen Pendidikan Nasional.

(http://imroee.blogspot.com/2009/10/rangkaian-water-level-control-wlc.html


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

##submission.license.cc.by-sa4.footer##

Creative Commons License

Prosiding Seminar Nasional Politeknik Negeri Lhokseumawe is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

© 2017 All rights reserved |Seminar nasional Politeknik Negeri Lhokseumawe p-ISSN:2598-3954.

.