Prototipe Aplikasi Virtual Tour Objek Wisata Bersejarah Di Aceh Berbasis Augmented Reality

Anwar Anwar, Aswandi Aswandi, Indrawati Indrawati, Safriadi Safriadi

Sari


Indonesia memiliki destinasi wisata yang menarik untuk pariwisata seperti wilayah perdalaman yang indah dan tempat – tempat bersejarah. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk merancang dan membangun aplikasi virtual tour objek wisata Aceh menggunakan augmented reality. Salah satu permasalahan yang terjadi pada objek wisata yaitu turis asing belum memiliki gambaran tentang objek wisata yang ingin dikunjungi. Teknologi yang digunakan pada penelitian ini dan penelitian sebelumnya adalah Augmented Reality, namun penelitian sebelumnya hanya menampilkan objek wisata 3Dnya saja, sedangkan pada penelitian ini, teknologi augmented reality dimasukkan ke dalam desain bangunan 4 objek wisata Aceh dengan menunjukkan ilustrasi 3 dimensi dari objek tersebut secara menyeluruh untuk bagian luar bangunan serta menampilkan gambaran virtual tour berupa video untuk ilustrasi bagian dalam bangunan objek wisata tersebut pada  platform mobile android. Berdasarkan hasil pengujian jarak dan sudut diperoleh jarak terbaik (ideal) yang menghasilkan pendeteksian marker yang masih jelas dan terang terdapat pada jarak antara 25 s.d 45 cm, sedangkan sudut terbaik terdapat antara sudut dengan kemiringan 0° s.d 60°. Pengukuran jarak dan sudut dilakukan dengan menggunakan benang, busur dan pita ukur. Objek 3D berhasil ditampilkan dengan mengarahkan kamera ke marker yang akan dideteksi. Dengan adanya aplikasi ini,  dapat memberikan kontribusi berupa informasi tentang objek wisata Aceh agar kunjungan pada destinasi wisata Aceh meningkat kembali.


Kata Kunci


Virtual Tour, Objek Wisata Aceh, Teknologi Augmented Reality

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


1. Meg, C. (2011). Nicola Building Virtual Tour; Considering Simulation in the equity of experience concept

Leonardo, A., Brisson, A., & Paiva, A. (2009). A Virtual Tour Guide for Virtual Worlds. Intelligent Virtual Agents, 5773(2014), 523–524. (online) . https://doi.org/10.1007/978-3-642-04380-2. Diakses 29 November 2020.

Ngongoloy, B. R. S., Rindengan, Y. D. Y., & Sompie, S. R. U. A. (2018). Virtual Tour Instansi Pemerintahan Kabupaten Minahasa Tenggara. Jurnal Teknik Informatika, 13(1), 1–6. https://doi.org/10.35793/jti.13.1.2018.20764

Daud, F. R., Tulenan, V., & Najoan, X. B. N. (2016). Virtual Tour Panorama 360 Derajat Kampus Universitas Sam Ratulangi Manado. Jurnal Teknik Informatika, 8(1). (online). https://doi.org/10.35793/jti.8.1.2016.13173. Diakses 2 Febuari 2021.

Ananraytama, N. T., Safriadi, N., & Pratiwi, H. S. (2018). Penerapan Fitur 3D Maps pada Aplikasi Virtual Tour sebagai Media Promosi Wisata Qubu Resort. Jurnal Sistem Dan Teknologi Informasi (JUSTIN), 6(3), 135. (online). https://doi.org/10.26418/justin.v6i3.26835 . Diakses 2 Febuari 2021.

Tobasahona, A. (2016). Pengertian Objek Wisata. (online). https://www.atobasahona.com/2016/07/pengertian-objek-wisata.html. Diakses 29 November 2020

Azuma, R.T. (1997). A survey of augmented reality. Presence: Teleoperators and Virtual Environments, 6(4), 355-385

Becker, G. (2010). Challenge, Drama & Social Engagement: Designing Mobile Augmented Reality Experiences. Web 2.0 Expo, San Francisco

S. Siltanen. (2012) Theory and applications of markerbased augmented reality. VTT Science.

Safitri, R., Yusra, D. S., Hermawan, D., Ripmiatin, E., & Pradani, W. (2017). Mobile tourism application using augmented reality. 2017 5th International Conference on Cyber and IT Service Management, CITSM 2017, (August). (online). https://doi.org/10.1109/CITSM.2017.8089305 . Diakses 2 Febuari 2021.

Syafrizal, A., Rifqo, M. H., & Ardiansyah, M. (2018). Aplikasi Pengenalan Tempat Wisata Propinsi Bengkulu Menggunakan Teknologi Augmented Reality (Video Playback) Berbasis Android. Journal of Technopreneurship and Information System (JTIS), 1(1), 50–53. (online). https://doi.org/10.36085/jtis.v1i2.23. Diakses 2 Febuari 2021.

Anggraini, Y., & Sunaryantiningsih, I. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Pengukuran Listrik Berbasis “Augmented Reality” pada Mahasiswa Teknik Elektro UNIPMA. Jupiter (Jurnal Pendidikan Teknik Elektro), 3(1), 37. (online). https://doi.org/10.25273/jupiter.v3i1.2386. Diakses 2 Febuari 2021.

Raranta, R. F., Sinsuw, A., & A. Sugiarso, B. (2017). Pengenalan Teks pada Objek-Objek Wisata di Sulawesi Utara dengan Teknologi Augmented Reality. Jurnal Teknik Informatika, 12(1), 2–6.

Marimon, D., & Sarasua, C. (2010). MobiAR: Tourist Experiences through Mobile Augmented Reality. Telefonica Research and Development, (August 2016). (online). http://nem-summit.eu/wp-content/plugins/alcyonis-event-agenda/files/NEM2010_Mobiar_final.pdf. Diakses 2 Febuari 2021

Haris, F., & Hendrati, O. D. (2018). Pemanfaatan Augmented Reality untuk Pengenalan Landmark Pariwisata Kota Surakarta. Jurnal Teknoinfo, 12(1), 7.

Ngongoloy, B. R. S., Rindengan, Y. D. Y., & Sompie, S. R. U. A. (2018). Virtual Tour Instansi Pemerintahan Kabupaten Minahasa Tenggara. Jurnal Teknik Informatika, 13(1), 1–6. https://doi.org/10.35793/jti.13.1.2018.20764


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

##submission.license.cc.by-sa4.footer##

Creative Commons License

Prosiding Seminar Nasional Politeknik Negeri Lhokseumawe is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

© 2017 All rights reserved |Seminar nasional Politeknik Negeri Lhokseumawe p-ISSN:2598-3954.

.