PKM Usaha Produksi Media Filter Biologis

Samsul Bahri, Yuniati Yuniati, A. Jannifar, Turmizi Turmizi, Edi Saputra

Sari


Selama ini, Jino Koi Farm membuat media filter biologis hanya untuk dipergunakan sendiri. Bata ringan yang dibuat dalam jumlah yang banyak sebagai bahan baku, tentu saja tidak akan terpakai semua sehingga akan mubazir jika tidak diusahakan dan dikormesilkan. Berdasarkan survei lapangan terindetifikasi beberapa permasalahan selama ini yaitu rendah kemampuan membaca peluang usaha, lamanya pemecahan bata ringan menjadi media filter sesuai dengan ukuran, dan belum adanya jalur pemasaran. Setelah dilakukan pengkajian ada beberapa solusi yang dapat dilakukan. Pertama memanfaatkan bata ringan yang tersedia menjadi peluang usaha yang nyata. Kedua membuat alat sederhana pemecah bata ringan untuk mempercepat proses produksi. Ketiga membuat packaging sederhana yang informatif dan terjamin dan keempat dengan membuka jalur pemasaran melalui pemasaran online. Untuk mengatasinya sekaligus solusi untuk memberdayakan usaha tersebut dilakukan kegiatan pengabdian kepada masyarakat (PKM) untuk memberikan stimulus dan implementasi teknologi dalam usaha produksi media filter biologis pada Jino Koi Farm Di Desa Keude Bungkaih Aceh Utara. Adapun hasil yang dihasilkan dari kegiatan tersebut adalah teredukasi dan adanya usaha produksi media filter biologi, terbuatnya alat sederhana pemecah bata ringan untuk mempercepat proses produksi, adanya kemasan media fiter yang terjamin dan tersedianya jalur pemasaran online. Kegiatan PKM tersebut telah sukses dilaksanakan dan kegiatan usaha Jino Koi Farm telah berjalan.


Kata Kunci


PKM, usaha produksi, media filter biologis, alat pemecah, pemasaran online.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


D.S. Lesmana, D. Iwan, “Budidaya Ikan Hias Air Tawar,”. Jakarta :

Penebar Swadaya, 2012.

E. Kusrini, S. Cindelaras, A.B. Prasetio, ‘Pengembangan budidaya ikan hias Koi(cyprinuscarpio) lokal di Balai Penelitian dan Pengembangan Budidaya Ikan Hias Depok,” MediaAkuakultur, vol.10(2), pp. 71-78, 2015.

Y. Andriani, Zahidah, Y. Dhahiyat, H. Hamdani, R. Dewi,”Performanceof Lettuce andWater Spinach in Koi Fish-based AquaponicsSystem,” Asian Journal of Fisheries and AquaticResearch, vol.3(4), pp.1-7, 2019.

T.D.A. Rizky,R. Ezraneti, S. Adhar, “Pengaruh media filter pada sistem resirkulasi air untuk pemeliharaan ikan Koi (Cyprinus carpio L),” Acta Aquatica, vol.2(2), pp. 97-100, 2015.

Hefni Effendi, “Telaah kualitas air,” Kanisius, Yogyakarta, 2007.

H.B. YUSUP, “Strategi Pengembangan UsahaBudidaya Ikan Hias Air Tawar Pada Kelompok Batara Mina Sejahtera,Kota Bogor, 2015.

Samolo, Yenny, Vans Andriawan, Achmad Hadi, “Analisis dan Perancangan "Bisnis Lelang (Auction) Teori dan Perilaku Organisasi"Availabble;http://perilakuorganisasi.com/bisnsilelang-auction.html, 2012.

Diki Susansdi, Sukisno, “Sistem Penjualan Berbasis E-Commerce Menggunakan Metode Objek Oriented pada Distro Dlapak Street Wear,” Jurnal Sistem Informasi, vol 4, Agustus 2017.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

##submission.license.cc.by-sa4.footer##

Creative Commons License

Prosiding Seminar Nasional Politeknik Negeri Lhokseumawe is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

© 2017 All rights reserved |Seminar nasional Politeknik Negeri Lhokseumawe p-ISSN:2598-3954.

.