Penerapan Deteksi Wajah Sebagai Implementasi Artificial Intelligence (AI) pada Guru Sekolah Muhammadiyah Kota Lhokseumawe

Rahmawati Rahmawati, Fahmi Fahmi, Cut Yusnar, Yuhanis Yunus, Siti Amra

Sari


Artificial Intelligence (AI) adalah simulasi dari kecerdasan yang dimiliki oleh manusia dimodelkan di dalam computer dan diprogram agar bisa berpikir seperti halnya manusia. Guru adalah pokok utama dalam transformasi pendidikan, sehingga sangat perlu melakukan penguatan kompetensi guru-guru di bidang AI demi membangun sumber daya manusia untuk merespon revolusi industri 4.0. SMAS Muhammadiyah berada di bawah naungan Kemendikbud, memiliki laboratorium komputer yang relatif memadai. Secara umum mereka telah familiar dengan penggunaan teknologi informasi, seperti laptop, smartphone dan internet, akan tetapi banyak yang belum memahami tren perkembangan dan penerapan teknologi AI. Permasalahan  utama dalam penerapan AI di sekolah, yaitu kurangnya sumberdaya pengajar SMAS Muhammadiyah. Tujuan kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat ini adalah menguatkan dan meningkatkan kompetensi pengetahuan dan keterampilan bidang AI. Metode yang digunakan adalah kombinasi presentasi, diskusi dan praktek serta pendampingan secara langsung sehingga peserta dapat memahami materi dengan baik. Materi yang diberikan tren perkembangan industri 4.0, pengantar AI, pengetahuan dasar, cara kerja dan contoh implementasi AI. Selanjutnya praktek penerapan konsep teknologi AI yaitu membuat chatbot, virtual assistant dan pengenalan wajah. Kegiatan ini telah meningkatkan pengetahuan dan pemahaman guru  SMAS Muhammadiyah Lhokseumawe tentang AI dengan rata-rata sebesar 81%. Berdasarkan capaian peningkatan kemampuan dari pengujian pre test, pos test dan praktek, maka pelaksanaan kegiatan transfer pengetahuan dinilai efektif. Dalam kegiatan ini diharapkan mampu mengembangkan potensi tenaga pendidik dalam pengenalan dan mengaplikasikan teknologi AI untuk kegiatan belajar mengajar di sekolah. Pada akhir kegiatan, tim pelaksana memberikan modul ajar konsep dasar AI agar para guru dapat mentransfer pengetahuan AI pada siswa SMAS Muhammadiyah.


Kata Kunci


Artificial Intelegence, chatbot, deteksi wajah, guru

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Q. Jia, Y. Guo, R. Li, Y. Li, and Y. Chen, "A conceptual artificial intelligence application framework in human resource management," in International Conference on Electronic Business (ICEB), 2-6 Desember 2018 2018, pp. 106-114.

A. Nuryanto, "Tantangan Administrasi Publik di Dunia Artificial Intelligence dan Bot," Jejaring Administrasi Publik, vol. 12, no. 2, pp. 139-147, 2020.

T. R. Yudantoro, P. Prayitno, B. Suyanto, S. Handoko, and W. Sulistiyo, "Sistem informasi virtual assistant kegiatan perkuliahan dosen dan mahasiswa," in Prosiding SINTAK 2018, 2018.

E. L. Amalia and D. W. Wibowo, "Rancang Bangun Chatbot Untuk Meningkatkan Performa Bisnis," Jurnal Ilmiah Teknologi Informasi Asia, vol. 13, no. 2, pp. 137-142, 2019.

S. M. Taib, S. Sudin, and A. H. Muhammad, "Implementasi face detection dan recognition menggunakan python dengan numpy dan opencv menggunakan metode haar-cascade dan lbph (local binary pattern histogram)," DINTEK, vol. 14, no. 1, pp. 97-102, 2021.

N. J. Harahap, "Mahasiswa dan Revolusi Industri 4.0," ECOBISMA (Jurnal Ekonomi, Bisnis dan Manajemen), vol. 6, no. 1, pp. 70-78, 2019.

S. Sesmiyanti, R. Antika, and S. Suharni, "N-Gain Algorithm for Analysis of Basic Reading," in Proceedings of the 2nd International Conference on Language, Literature and Education, ICLLE 2019, 22-23 August, Padang, West Sumatra, Indonesia, 2019.

S. Rosyad, M. Diantoro, and S. Kusairi, "Pengaruh Scientific Approach Berbantuan Penilaian Formatif terhadap Motivasi Belajar dan Hasil Belajar Fisika Siswa Kelas XI Perempuan pada Materi Elastisitas," Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, vol. 5, no. 10, pp. 1480-1484, 2021.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

##submission.license.cc.by-sa4.footer##

Creative Commons License

Prosiding Seminar Nasional Politeknik Negeri Lhokseumawe is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

© 2017 All rights reserved |Seminar nasional Politeknik Negeri Lhokseumawe p-ISSN:2598-3954.

.