Pelatihan Pembuatan Tong Sampah Untuk Alumni Dalam Upaya Penguatan Budaya Bersih Di Lingkungan Lhokseumawe

Hamdani Hamdani, Bukhari Bukhari, Akhyar Akhyar, Jenne Syarif, Dailami Dailami

Sari


Lingkungan Politeknik Negeri Lhokseumawe yang memiliki banyak gedung dan terdapat banyak aktivitas setiap harinya sudah tentu produksi sampah akibat aktivitas tersebut tidak dapat dielakkan, baik sampah kertas, sisa makanan, sampah bahan praktikum dan sampah jenis lainnya. Disamping itu terdapat juga pohon-pohon yang setiap hari daunnya berguguran sehingga memerlukan pembersihan setiap hari. Banyaknya aktivitas yang dapat menghasilkan sampah tentunya telah disediakan tempat penampungan sampah sementara berupa tong sampah baik yang terdapat di dalam gedung maupun di luar gedung. Oleh karena itu diperlukan tong sampah yang dapat menampung sampah-sampah yang bervariasi tersebut. Disisi lain sebagian alumni Jurusan Teknik Mesin Politeknik Negeri Lhokseumawe yang belum mendapatkan pekerjaan tetap atau masih dalam tahap persiapan kerja memerlukan pelatihan-pelatihan khusus yang sistematis, sehingga mereka terbiasa dengan pekerjaan-pekerjaan dalam bentuk nyata dan mereka terlibat langsung dari awal dalam merencanakan suatu produk hingga selesai dikerjakan. Oleh karena itu alumni Jurusan Teknik Mesin dapat dilatih untuk membuat tong sampah dan produk hasil pelatihan dapat dipergunakan untuk keperluan penanganan sampah di lingkungan Politeknik Negeri Lhokseumawe. Pelatihan yang dilaksanakan selama 6 (enam) hari diikuti oleh 5 (lima) orang peserta. Luaran yang dihasilkan adalah ketrampilan pembuatan tong sampah dan produk tong sampah. Hasil evaluasi  terhadap 5 peserta menunjukkan secara keseluruhan peserta dapat menyerap materi dengan baik, produk hasil pelatihan sudah dapat digunakan. Oleh karena itu dengan dilaksanakannya kegiatan ini alumni memiliki ketrampilan pembuatan produk-produk fabrikasi dan khususnya tong sampah.


Kata Kunci


Kebersihan lingkungan, tong sampah, ketrampilan, fabrikasi, alumni.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


N. Amallia, “IMPLEMENTASI PERATURAN DAERAH KOTA METRO NOMOR 8 TAHUN 2015 TENTANG PENGELOLAAN SAMPAH DALAM MENINGKATKAN KEBERSIHAN DI KOTA METRO,” J. Sos. dan Humanis Sains, vol. 2, no. 1, 2017.

A. F. Arsal, B. Nurhayati, and S. Syamsiah, “Pembuatan Tempat Sampah Multi Fungsi dalam Pengelolaan Sampah Rumah Tangga.”

N. Prasetyoningsih and A. K. Paksi, “Peningkatan Nilai Ekonomi Sampah Melalui Kegiatan ‘Kelola Sampah Kreatif (Kompak)’ Di Dusun Gerso, Desa Trimurti, Kecamatan Srandakan Bantul,” 2019.

A. Fadhilah, H. Sugianto, K. Hadi, S. W. Firmandhani, T. W. Murtini, and E. E. Pandelaki, “Kajian Pengelolaan Sampah Kampus Jurusan Arsitektur Fakultas Teknik Universitas Diponegoro,” Modul, vol. 11, p. 269246, 2011.

T. L. Simangunsong, “Pengelolaan Sampah Kampus untuk Mewujudkan Kampus Berkelanjutan (Sustainability Campus),” PROZIMA (Productivity, Optim. Manuf. Syst. Eng., vol. 1, no. 1, pp. 59–63, 2017.

E. S. Siregar and M. W. Nasution, “Dampak Aktivitas Ekonomi Terhadap Pencemaran Lingkungan Hidup (Studi Kasus Di Kota Pejuang, Kotanopan),” J. Educ. Dev., vol. 8, no. 4, p. 589, 2020.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

##submission.license.cc.by-sa4.footer##

Creative Commons License

Prosiding Seminar Nasional Politeknik Negeri Lhokseumawe is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

© 2017 All rights reserved |Seminar nasional Politeknik Negeri Lhokseumawe p-ISSN:2598-3954.

.