Peningkatan Kompetensi Sistem Pengontrolan Peralatan Listrik Berbasis IoT (Internet of Things) Bagi Siswa SMKN 5 Lhokseumawe

Akhyar Akhyar, Taufik Taufik, Yusman Yusman, Miswar Miswar

Sari


Keterampilan dan skill yang dimiliki siswa dapat diperoleh dari luar sekolah terutama untuk keterampilan yang tingkatannya lebih tinggi. Skill yang diperoleh dari kegiatan pelatihan sangat diperlukan oleh siswa sekolah terutama bagi siswa sekolah menengah kejuruan (SMK). Salah satu sekolah menengah kejuruan (SMK) yang dekat dengan Politeknik Negeri Lhokseumawe adalah SMK Negeri 5 yang berlokasi di Punteuet Kecamatan Blang Mangat Kota Lhokseumawe. Sesuai dengan kelompok bidang yang ada pada SMK Negeri 5 ini yaitu Teknik Elektro. Sebagai salah satu perguruan tinggi vokasi Politeknik Negeri Lhokseumawe di mana salah satu bidang ada adalah Jurusan Teknik Elektro. Salah satu tugas dosen adalah menerapkan ilmu dan keterampilan dalam bentuk kegiatan pengabdian kepada masyarakat (PKM). Kegiatan PKM dari dosen bidang Teknik elektro, yaitu memeberikan ketrampilan siswa SMK dalam mendesain dan merakit sistem pengontrolan peralatan listrik dan memanfaatkan teknologi internet media pengiriman data yang disebut IoT (Internet of Things). Metode yang diterapkan pada siswa adalah dengan melakukan pelatihan peningkatan skill. Pelatihan ini dilakukan dengan tiga tahapan yaitu tutorial mencakup pemaparan teori singkat tentang sistem Arduino Uno, sistem IoT dan aplikasinya, stage kedua adalah desain sistem pengontrolan dengan simulator proteus dan stage ketiga adalah praktek perakitan (assembling) sistem pengontrolan peralatan listrik berbasis IoT. Jumlah peserta sebanyak 6 orang siswa pada SMK Negeri 5 dengan jumlah pertemuan 10 kali pertemuan, Hasil dari kegiatan ini adalah peningkatan kompetensi peserta dengan nilai rata-rata di atas 80 baik teori maupun praktek.

 


Kata Kunci


Sistem Kontrol, Peralatan elektrik, IoT, Peningkatan, Keterampilan

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Diatagirma, H. (2019). Rancang Bangun Miniatur Alat Pengendalian Peralatan Listrik pada Rumah Tinggal Berbasis Internet of Things (IoT). Jurnal Online Mahasiswa (JOM) Bidang Teknik Elektro, 1(1).

Kiromim B. 2012. Pelatihan Implementasi Metode Simulasi dan Pemanfaatan Barang Bekas Sebagai Media Pembelajaran Bagi Guru. Proceeding Seminar Nasional Cakrawala Pembelajaran Berkualitas di Indonesia. Direktorat Pendidik Dan Tenaga Kependidikan Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan: 362-377.

Raharjo, Ahmad. 2016. Definisi Internet of Thing. https://teknojurnal.com/definis i-internet-of-things/

Revaldi, R., & Hariyanto, N. (2021). Perencanaan Instalasi Listrik pada Gedung Lapan Bogor. In Seminar Nasional Energi, Telekomunikasi dan Otomasi (SNETO) (pp. 188-197).

Roestiyar. 2001. Strategi Belajar Mengajar. Rineka Cipta. Jakarta.

Sokop, S. J., Mamahit, D. J., & Sompie, S. R. (2016). Trainer periferal antarmuka berbasis mikrokontroler arduino uno. Jurnal Teknik Elektro Dan Komputer, 5(3), 13-23.

Sudjana, N. 2000. Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar. Sinar Baru Alegensindo. Bandung.

Syamsul, S., Suherman, S., Razi, F., & Mardiyanto, A. (2021). Pelatihan Peningkatan Skill Bidang Telemetri Berbasis IoT (Internet of Things) bagi Alumni Teknik Elektro Politeknik Negeri Lhokseumawe. In Prosiding Seminar Nasional Politeknik Negeri Lhokseumawe (Vol. 5, No. 1, pp. 1-4).


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

##submission.license.cc.by-sa4.footer##

Creative Commons License

Prosiding Seminar Nasional Politeknik Negeri Lhokseumawe is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

© 2017 All rights reserved |Seminar nasional Politeknik Negeri Lhokseumawe p-ISSN:2598-3954.

.