Rancang Bangun Modul Uji Komputensi Instalasi Listrik Penerangan Rumah Tinggal Tegangan Rendah 220 Volt AC

Fauzi Fauzi, Taufik Taufik, Nurdan Nurdan, Ismail Ismail, Zulfikar Makam

Sari


Penelitian ini berjudul Rancang Bangun Modul Uji komputensi Instalasi listrik Penerangan Rumah Tinggal Tegangan Rendah 220 Volt AC. Tujuan dari rancangan  ini adalah untuk  penyediaan Tempat Uji Kompetensi (TUK) tenaga kerja dibidang instalasi listrik penerangan yang digunakan oleh lembaga Sertifikasi Kompetensi  (LSK) bidang ketenaga listrikan sebagai salah satu tempat uji kompetensi. Proses penyelesaian modul ini mulai dari tahapan perencanaan konstruksi, Lay out komponen, penentuan jenis dan dimensi komponen, gambar rangkaian, gambar denah, spesifikasi  sampai dengan sitem pengoperasiaanya. Perancangan modul ini mengacu pada  standart Internasioanal  Electrcal Commition (IEC), termasuk sistem penggambaran diagram instalasi listriknya. Modul ini dirancang sedemikian rupa sehingga aman terhadap sengatan arus listrik bagi pengguna. Dalam penggunaannya peserta uji melakukan proses uji praktek yang merangkaikan rangkaian berdasarkan gambar pada jobsheet dan hasilnya dapat ditabelkan sesuai fungsinya. Kelebihan dari modul ini adalah dapat menguji berbagai sistem ketenagalistrikan sesuai kebutuhan yaitu dengan menggantikan segmen segmen yang tidak digunakan dengan segmen yang dibutuhkan

Kata Kunci


Modul Uji, Tempat Uji Kompetensi, Lembaga Sertifikasi Profesi, Komponen instalasi listrik penerangan, Standar IEC

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Adhim Al Taufiqurrohman. 2015. “Evaluasi Program Pelatihan Instalasi Penerangan Di Balai Latihan Kerja Kabupaten Pati”, (Skripsi Jurusan Teknik Elektro Universitas Negeri Yogyakarta. Karya tidak diterbitkan.

Arsyad, Ashar. 2005. Media Pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada. Badan Standardisasi Nasional. 2000. Persyaratan Umum Instalasi Listrik. Jakarta:Yayasan PUIL.

Bambang Wuryanto. 2017. Memasang Instalasi Tenaga dan Penerangan Listrik Bertingkat.Yogyakarta: Group Relasi Inti Media, anggota IKAPI.

Dwi Waseso. 2017. Memasang Instalasi Tenaga dan Penerangan Listrik Sederhana.Yogyakarta: Group Relasi Inti Media, anggota IKAPI.

Herdiyanto dan Euis Ismayati. 2014. “Pengembangan Perangkat Pembelajaran Memasang Instalasi Penerangan Listrik Bangunan Sederhana Menggunakan Model Pembelajaran Berdasarkan Masalah Di Smkn 7 Surabaya”. (Jurnal. Pendidikan Teknik Elektro Universitan Negeri Surabaya). Karya tidak diterbitkan.

John, D Latuheru. 1988. Media Pembelajaran Dalam Proses Belajar-Mengajar Masa Kini. Jakarta: Depdikbud.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

##submission.license.cc.by-sa4.footer##

Creative Commons License

Prosiding Seminar Nasional Politeknik Negeri Lhokseumawe is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

© 2017 All rights reserved |Seminar nasional Politeknik Negeri Lhokseumawe p-ISSN:2598-3954.

.