Pengembangan Modul Kendali Level Berbasis Kendali Digital Menggunakan Program Labsoft pada Laboratorium Instrumentasi dan Sistem Kendali

M Nasir, Muhammad Ramzil, Atika Lefyana Nur, Nuraini Nuraini

Sari


— Modul praktikum kendali level analog tersedia di Laboratorium Instrumentasi dan Sistem Kendali. Analisis respon sistem kendali pada praktikum ini tidak dapat dilakukan karena keterbatasan alat yaitu rusaknya X-Y recorder. Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan modul kendali level menjadi modul kendali digital yang interaktif menggunakan program LabSoft. Penyediaan modul praktikum menggunakan simulator sistem kendali interaktif dapat dilakukan melalui pengembangan dari modul praktikum yang sudah ada dengan meningkatkan fungsi modul praktikum. Metode yang digunakan adalah metode pengembangan dan eksperimental. Metode eksperimental yang diterapkan adalah membuat rangkaian pendukung sistem kendali digital dan aplikasi software LabSoft pada modul sistem kendali yang sudah ada. Perancangan hardware alat terdiri dari rangkaian pengkondisi sinyal (ADC, rangkaian driver) dan rangkaian interface/antar muka output. Tahapan penelitian dimulai dari: 1) Rancang bangun rangkaian pengkondisi sinyal untuk menghasilkan sinyal digital keluaran kendali PID dan variabel terukur. Pengubah analog ke digital menggunakan IC ADC 0804; 2) Rancang bangun rangkaian interface sebagai rangkaian driver/antar muka output kendali dan komputer; 3) Implementasi software LabSoft, respon sistem tampilan grafik pada komputer menggunakan software LabSoft; dan 4) Pengujian kendali PID untuk mendapatkan analisis respon sistem kendali yang diterapkan dengan mengetahui aksi dan pengaruh PID pada kendali level cairan. Luaran yang ditargetkan adalah modul praktikum kendali level menggunakan Software LabSoft dan artikel di prosiding internasional di ICOSINE PNL.

Kata Kunci


modul kendali

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Suryanto, Hery, and Almira Budiyanto. "Prototype Sistem Monitoring Level Air Berbasis LabView & Arduino Sebagai Sarana Pendukung Praktikum Instrumentasi Sistem Kendali”." Jurnal Indonesian Journal Of Laboratory 1, no. 2 (2017): 2655-1624.

Simanullang, Sando Andre, Paula Santi Rudati, and Feriyonika Feriyonika. "Sistem PID Pengendali Level Ketinggian Air Berbasis Modbus/TCP-LCU dan Industrial Field Control Node-RTU." In Prosiding Industrial Research Workshop and National Seminar, vol. 8, pp. 653-661. 2017.

Zhang, Jianxin, Hailin Li, Kai Ma, Liang Xue, Bianhua Han, Yuemeng Dong, Yue Tan, and Chengru Gu. "Design of PID temperature control system based on STM32." In IOP Conference Series: Materials Science and Engineering, vol. 322, no. 7, p. 072020. IOP Publishing, 2018.

Santoso, Hadi, dan Ilmawan Suryapradana. "Sensor Monitoring Suhu Komputer Berbasis Port Paralel Dengan Menggunakan Rangkaian IC LM35 dan ADC 0804." Reaktom: Rekayasa Keteknikan dan Optimasi 3, no. 2 (2018).

Haryanto, Heri, and Sarif Hidayat. "Perancangan HMI (Human Machine Interface) Untuk Pengendalian Kecepatan Motor DC." Setrum: Sistem Kendali-Tenaga-


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

##submission.license.cc.by-sa4.footer##

Creative Commons License

Prosiding Seminar Nasional Politeknik Negeri Lhokseumawe is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

© 2017 All rights reserved |Seminar nasional Politeknik Negeri Lhokseumawe p-ISSN:2598-3954.

.