Dampak Penggunaan Digital Marketing Dalam Meningkatkan Laba Usaha Pada Usaha Mikro Kecil Dan Menegah (UMKM) Di Aceh

Marjulin Marjulin, Hilmi Hilmi, T. Mustaqim, Elvina Elvina, Zusma Widawaty A.Wahab

Sari


Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan pengetahuan dengan memverifikasi apakah konsep penggunaan digital
marketing pada UKM di Aceh dapat meningkatkan laba usaha. Verifikasi dilakukan dengan alat bukti empiris di lapangan. Hasil
penelitian tersebut nantinya akan menjadi bukti empiris dari konsep-konsep yang telah dipelajari dan diharapkan dapat
menunjukkan bahwa peningkatan laba usaha merupakan dampak dari penggunaan digital marketing yang tepat, sehingga model
framework yang diusulkan dapat memberikan solusi dalam mengatasi masalah dalam laba operasi. Penggunaan pemasaran digital
secara terus menerus sebagai input akan menghasilkan peningkatan laba operasi sebagai output. Metode yang digunakan dalam
penelitian ini adalah metode deskriptif dan metode explanatory research, penelitian ini dilakukan untuk memperoleh gambaran,
gambaran yang sistematis, faktual dan akurat tentang fakta, sifat dan hubungan antar variabel yang diteliti. Metode penelitian ini
ingin mendapatkan jawaban secara umum tentang sebab akibat dengan cara menganalisis penyebab dari fenomena tersebut dalam
konsep yang diangkat dalam penelitian ini, data akan dikumpulkan dengan menyebarkan kuesioner kepada UKM di Aceh, untuk
mendapatkan hasil dari penelitian ini, data akan diproses menggunakan alat statistik. yaitu regresi linier sederhana. Hasil penelitian
ini menunjukkan bahwa penggunaan Digital Marketing dalam memasarkan produknya dapat memperluas pasar sehingga
meningkatkan timbulnya penjualan UMKM, sehingga peningkatan penjualan akan mengakibatkan peningkatan laba perusahaan.
Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa peningkatan laba usaha dipengaruhi oleh penggunaan digital marketing oleh pelaku
UMKM.


Kata Kunci


Digital, Maketing, Peningkatan, Laba, Bisnis

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Robinson, H., Wysocka, A., & Hand, C. (2007). Internet advertising

effectiveness: the effect of design on click-through rates for

banner ads. International Journal of Advertising, 26(4), 527–541.

Ha, L. (2018). Penelitian periklanan online dalam jurnal periklanan:

Tinjauan. Jurnal Lancar Masalah Dan Penelitian Dalam

Periklanan, 30, 31–48.

Arnott, D. C., & Bridgewater, S. (2012). Internet, interaction and

implications formarketing. Marketing Intelligence & Planning.

Chandra, G., Tjiptono, F., & Chandra, Y. (2011). Pemasaran Global.

Penerbit ANDI Yogyakarta.

Paquette, H. (2013). Social media as a marketing tool: A literature

review.

Sánchez-Franco, M. J., Peral-Peral, B., & Villarejo-Ramos, Á. F.

(2014). Users’ intrinsic and extrinsic drivers to use a web-based

educational environment. Computers & Education, 74, 81–97.

Kotler, dan keller (2012). manajemen pemasaran. edisi 12. jakarta :

Erlangga

Swastha, B. (2015). Manajemen Pemasaran. Dasar Konsep Dan

Strategi. Jakarta.

Kotler, P. (2005). The role played by the broadening of marketing

movement in the history of marketing thought. Journal of Public

Policy & Marketing, 24(1), 114–116.

Kaufman, I., & Horton, C. (2014). Digital Marketing: Integrating

strategy and tactics with values, a guidebook for executives,

managers, and students. Routledge

Smith, Katherine Taken. (2011). Digital Marketing strategies that

Millennials find appealing, motivating, or just annoying. Journal of

Strategic Marketing, 19(6), 489– 499. 48

Fawaid, A. (2017). Pengaruh Digital Marketing System,

Terhadap Daya Saing Penjualan Susu Kambing Etawa.

IQTISHADIA: Jurnal Ekonomi & Perbanka Syariah, 4(1), 104–

Sanjaya, R. Josua Tarigan. (2019). Creative Digital Marketing

Teknologi Berbiaya Murah, inovatif Dan Berdaya Hasil

Gemilang. Jakarta: PT Alex Media Komputindo.

Ryan, D and Calvin Jones (2012) Digital Marketing:

Marketing Strategies For Engaging Digital Generation.Kogan

Page Limited: London

Harahap Sofyan Syafri (2014), Analisis Kritis atas Laporan

Keuangan Edisi Ke satu Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada

Warren, Carls S (2017). Pengantar Akuntansi-Adaptasi Indonesia.

Edisi 25. Cetakan Keempat. Jilid 1. Salemba Empat. Jakarta

Suwardjono. 2014. Teori Akuntansi (Perekayasaan Pelaporan

Keuangan) Edisi Ketiga. Yogyakarta: BPFE

Stice, James D. Earl K. Stice & K. Fred Skousen. 2011.

Intermediate accounting. Salemba Empat: Jakarta

Kasmir. 2015. Analisis Laporan Keuangan. Edisi Satu. Jakarta:

PT Raja Grafindo Persada.

Sujarweni, V. W. (2017). Analisis Laporan Keuangan : Teori,

Aplikasi, & Hasil Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Baru

Press.

Indra Mahardika Putra.2017. Pengantar akuntansi. Quadrant.

Yogyakarta

Tjiptono, F. (2018). Service Management Mewujudkan Layanan

Prima penerbit CV Andi Offset edisi II Yogyakarta.

Ahmad, Firdaus dan Wasilah Abdullah. (2019). Akuntansi Biaya.

Edisi 4. Jakarta: Salemba Empat.

Bustami, B., & Nurlela. (2010). Akuntansi Biaya Edisi

Kedua. Jakarta: Mitra. Wacana Media

Sekaran. Uma (2013) Research Methods For Business. Jakarta:

Salemba Empat

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan

R&D. Bandung : Alfabeta.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

##submission.license.cc.by-sa4.footer##

Creative Commons License

Prosiding Seminar Nasional Politeknik Negeri Lhokseumawe is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

© 2017 All rights reserved |Seminar nasional Politeknik Negeri Lhokseumawe p-ISSN:2598-3954.

.