Dampak Penggunaan Digital Marketing Dalam Meningkatkan Laba Usaha Pada Usaha Mikro Kecil Dan Menegah (UMKM) Di Aceh
Sari
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan pengetahuan dengan memverifikasi apakah konsep penggunaan digital
marketing pada UKM di Aceh dapat meningkatkan laba usaha. Verifikasi dilakukan dengan alat bukti empiris di lapangan. Hasil
penelitian tersebut nantinya akan menjadi bukti empiris dari konsep-konsep yang telah dipelajari dan diharapkan dapat
menunjukkan bahwa peningkatan laba usaha merupakan dampak dari penggunaan digital marketing yang tepat, sehingga model
framework yang diusulkan dapat memberikan solusi dalam mengatasi masalah dalam laba operasi. Penggunaan pemasaran digital
secara terus menerus sebagai input akan menghasilkan peningkatan laba operasi sebagai output. Metode yang digunakan dalam
penelitian ini adalah metode deskriptif dan metode explanatory research, penelitian ini dilakukan untuk memperoleh gambaran,
gambaran yang sistematis, faktual dan akurat tentang fakta, sifat dan hubungan antar variabel yang diteliti. Metode penelitian ini
ingin mendapatkan jawaban secara umum tentang sebab akibat dengan cara menganalisis penyebab dari fenomena tersebut dalam
konsep yang diangkat dalam penelitian ini, data akan dikumpulkan dengan menyebarkan kuesioner kepada UKM di Aceh, untuk
mendapatkan hasil dari penelitian ini, data akan diproses menggunakan alat statistik. yaitu regresi linier sederhana. Hasil penelitian
ini menunjukkan bahwa penggunaan Digital Marketing dalam memasarkan produknya dapat memperluas pasar sehingga
meningkatkan timbulnya penjualan UMKM, sehingga peningkatan penjualan akan mengakibatkan peningkatan laba perusahaan.
Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa peningkatan laba usaha dipengaruhi oleh penggunaan digital marketing oleh pelaku
UMKM.
Kata Kunci
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Robinson, H., Wysocka, A., & Hand, C. (2007). Internet advertising
effectiveness: the effect of design on click-through rates for
banner ads. International Journal of Advertising, 26(4), 527–541.
Ha, L. (2018). Penelitian periklanan online dalam jurnal periklanan:
Tinjauan. Jurnal Lancar Masalah Dan Penelitian Dalam
Periklanan, 30, 31–48.
Arnott, D. C., & Bridgewater, S. (2012). Internet, interaction and
implications formarketing. Marketing Intelligence & Planning.
Chandra, G., Tjiptono, F., & Chandra, Y. (2011). Pemasaran Global.
Penerbit ANDI Yogyakarta.
Paquette, H. (2013). Social media as a marketing tool: A literature
review.
Sánchez-Franco, M. J., Peral-Peral, B., & Villarejo-Ramos, Á. F.
(2014). Users’ intrinsic and extrinsic drivers to use a web-based
educational environment. Computers & Education, 74, 81–97.
Kotler, dan keller (2012). manajemen pemasaran. edisi 12. jakarta :
Erlangga
Swastha, B. (2015). Manajemen Pemasaran. Dasar Konsep Dan
Strategi. Jakarta.
Kotler, P. (2005). The role played by the broadening of marketing
movement in the history of marketing thought. Journal of Public
Policy & Marketing, 24(1), 114–116.
Kaufman, I., & Horton, C. (2014). Digital Marketing: Integrating
strategy and tactics with values, a guidebook for executives,
managers, and students. Routledge
Smith, Katherine Taken. (2011). Digital Marketing strategies that
Millennials find appealing, motivating, or just annoying. Journal of
Strategic Marketing, 19(6), 489– 499. 48
Fawaid, A. (2017). Pengaruh Digital Marketing System,
Terhadap Daya Saing Penjualan Susu Kambing Etawa.
IQTISHADIA: Jurnal Ekonomi & Perbanka Syariah, 4(1), 104–
Sanjaya, R. Josua Tarigan. (2019). Creative Digital Marketing
Teknologi Berbiaya Murah, inovatif Dan Berdaya Hasil
Gemilang. Jakarta: PT Alex Media Komputindo.
Ryan, D and Calvin Jones (2012) Digital Marketing:
Marketing Strategies For Engaging Digital Generation.Kogan
Page Limited: London
Harahap Sofyan Syafri (2014), Analisis Kritis atas Laporan
Keuangan Edisi Ke satu Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada
Warren, Carls S (2017). Pengantar Akuntansi-Adaptasi Indonesia.
Edisi 25. Cetakan Keempat. Jilid 1. Salemba Empat. Jakarta
Suwardjono. 2014. Teori Akuntansi (Perekayasaan Pelaporan
Keuangan) Edisi Ketiga. Yogyakarta: BPFE
Stice, James D. Earl K. Stice & K. Fred Skousen. 2011.
Intermediate accounting. Salemba Empat: Jakarta
Kasmir. 2015. Analisis Laporan Keuangan. Edisi Satu. Jakarta:
PT Raja Grafindo Persada.
Sujarweni, V. W. (2017). Analisis Laporan Keuangan : Teori,
Aplikasi, & Hasil Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Baru
Press.
Indra Mahardika Putra.2017. Pengantar akuntansi. Quadrant.
Yogyakarta
Tjiptono, F. (2018). Service Management Mewujudkan Layanan
Prima penerbit CV Andi Offset edisi II Yogyakarta.
Ahmad, Firdaus dan Wasilah Abdullah. (2019). Akuntansi Biaya.
Edisi 4. Jakarta: Salemba Empat.
Bustami, B., & Nurlela. (2010). Akuntansi Biaya Edisi
Kedua. Jakarta: Mitra. Wacana Media
Sekaran. Uma (2013) Research Methods For Business. Jakarta:
Salemba Empat
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan
R&D. Bandung : Alfabeta.
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.
##submission.copyrightStatement##
##submission.license.cc.by-sa4.footer##
Prosiding Seminar Nasional Politeknik Negeri Lhokseumawe is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License
© 2017 All rights reserved |Seminar nasional Politeknik Negeri Lhokseumawe p-ISSN:2598-3954.
.