Peningkatan Fungsi Modul Trainer Kit AVR Atmega 8535 pada Laboratorium Mikroprosesor dan Interface

Sri Yeni Widianti, Muhammad Ramzil Akbar, Nuraini Nuraini, Syamsul Syamsul

Sari


Modul trainer kit AVR Atmega 8535 merupakan modul praktikum mikrokontroler pada laboratorium mikroprosessor dan interface memiliki 9 fungsi praktikum. Modul trainer kit AVR Atmega 8535 menjadi alat praktek utama pada laboratorium mikroprosesor dan interface. Fungsi yang ada pada trainer kit AVR Atmega 8535 saat ini sebagai tampilan yang menampilkan data dari mikrokontroler dan data masukan dari tombol dan keypad, serta data yang berasal dari sensor suhu. Tampilan menggunakan led, 7-segment, dot matrix dan lcd. Berdasarkan fungsi trainer kit ada tersebut, praktikum mikrokontroler belum optimal. Keseluruhan fungsi yang ada baru sebatas fungsi monitoring data. Fungsi trainer kit sebagai pengontrol belum ada pada trainer kit ini. Oleh karena itu fungsi trainer kit perlu dikembangkan dan ditingkatkan dengan penambahan fungsi pengontrolan. Tujuan peningkatan fungsi pengontrolan adalah untuk meningkatkan kompetensi dalam praktikum mikrokontroler. Penambahan fungsi pengontrolan pada trainer kit yang ada dapat menghemat biaya dibandingkan dengan membeli peralatan baru yang memiliki fungsi yang sama. Metode penelitian untuk meningkatkan fungsi pengontrolan pada trainer kit adalah dengan menambahkan pengontrolan motor stepper dan motor dc. Pengontrolan motor stepper yaitu mengendalikan arah dan sudut putaran motor stepper. Motor stepper banyak digunakan salah satunya digunakan untuk mengatur arah putaran antena.  Selanjutnya adalah pengontrolan motor dc, yaitu mengendalikan kecepatan putaran dengan PWM (pulse width modulation) dan dengan menggunakan PID (proportional integral derivative). Hasil penelitian berupa trainer kit AVR Atmega 8535 yang memiliki modul pengontrolan motor stepper dan pengontrolan motor dc. Modul pengontrolan motor stepper diuji dengan mengatur arah dan sudut putaran motor stepper. Modul pengontrolan motor dc diuji kestabilan kecepatan putarannya menggunakan metode PWM dan dengan controller PID.   Hasil yang diperoleh adalah modul trainer kit AVR atmega 8535 yang telah ditingkatkan fungsinya untuk aplikasi pengontrolan motor stepper dan motor dc. Dengan peningkatan fungsi trainer kit AVR atmega 8535, kompetensi mahasiswa sebagai praktikan menjadi meningkat dari kompetensi dasar mikrokontroler menjadi kompetensi aplikais mikrokontroler.

Kata Kunci


peningkatan fungsi pengontrolan; motor stepper; motor dc

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Fathoni, Khoirudin, and Alfa F. Suni. 2016. “Perancangan Kendali Kecepatan Motor Arus Searah Menggunakan Metode Root Locus”. Jurnal Teknik Elektro Unnes, vol. 8, no. 2, pp. 39-42, doi:10.15294/jte.v8i2.8793.

Supardi, Wawan. 2012. “Dasar Motor Stepper”. Jakarta.

Syahrul, 2012, Mikrokontroller AVR Atmega8535, Informatika, Bandung.

Syamsul, S., Batubara, H. and Suherman, S., 2017. “Perancangan Dan Pembuatan Modul Praktikum Berbasis Mikrokontroler Untuk Meningkatkan Fungsi Laboratorium Sekolah Menengah Tingkat Atas (SMTA)”. Jurnal Litek: Jurnal Listrik Telekomunikasi Elektronika, 13(2), pp.69-72.

Syamsul, S., & Widianti, S. Y. 2016. “Aplikasi Mikrokontroler AVR ATMEGA 8535 dan Sensor Ultrasonic SRF04 pada Sistem Peringatan Dini Banjir Berbasis SMS”. Jurnal Litek: Jurnal Listrik Telekomunikasi Elektronika, 13(1), pp. 44-49.

Widianti, Sri Yeni. 2014 “ Pembuatan Modul Praktikum Berbasis Mikrokontroler Mcs-51 pada Laboratorium Mikroprosesor Jurusan Teknik Elektro Politeknik Negeri Lhokseumawe.” Jurnal Litek: Jurnal Listrik Telekomunikasi Elektronika, 11(1). Pp. 47-52.

Widianti, Sri Yeni. 2019. “Pembuatan Trainer Kit Berbasis Arduino dengan SMS Gateway sebagai Modul Praktikum.” Prosiding Seminar Nasional Politeknik Negeri Lhokseumawe. Vol. 2. No. 1.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

##submission.license.cc.by-sa4.footer##

Creative Commons License

Prosiding Seminar Nasional Politeknik Negeri Lhokseumawe is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

© 2017 All rights reserved |Seminar nasional Politeknik Negeri Lhokseumawe p-ISSN:2598-3954.

.