Pengaruh Efisiensi dan Efektivitas Implementasi Qanun Nomor 11 Tahun 2018 Terhadap Kinerja Manajerial Melalui Sistem Berbasis Syariah Pada Lembaga Keuangan Syariah di Kota Lhokseumawe Dalam Masa Pandemi Covid-19

Zulkarnaini Zulkarnaini, Said Herry Safrizal, Halimatussa’diyah Halimatussa’diyah, Kheriah Kheriah

Sari


Fokus penelitian ini pada efisiensi dan efektivitas pelaksanaan Qanun Nomor 11 Tahun 2018 untuk melihat adanya hubungan dengan peningkatan kinerja manajerial LKS yang ada di Kota Lhokseumawe. Namun disisi lain perlu dikaji ketajaman implementasi sistem Syariah sebagai budaya lokal yang diharapkan mampu menunjang keberhasilan pelaksanaan Qanun. Jenis penelitian ini  adalah survei dengan menggunakan  deskriptif verifikatif  yang bertujuan untuk menyajikan gambaran secara terstruktur, faktual dan akurat serta meneliti hubungan antar variabel dengan uji statistik. Analisis data yang digunakan adalah Path Analysis untuk menguji hipotesis. Metode pemilihan sampel yang digunakan adalah berdasarkan purposive sampling, dengan target pupulasi pada seluruh Lembaga Keuangan Syariah (LKS) yang ada di Kota Lhokseumawe. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Efisiensi dan Efektivitas Implementasi Qanun Nomor 11 Tahun 2018 memiliki pengaruh yang signifikan terhadap Kinerja Manajerial. Selanjutnya untuk Sistem Berbasis Syariah juga memiliki pengaruh yang signifikan terhadap Kinerja Manajerial. Disisi lain, Efisiensi dan Efektivitas Implementasi Qanun Nomor 11 Tahun 2018 dapat dihubungkan secara signifikan dengan Sistem Berbasis Syariah. Namun apabila Sistem Berbasis Syariah dijadikan sebagai mediasi untuk mencapai Kinerja Manajerial, maka Efisiensi dan Efektivitas Implementasi Qanun Nomor 11 Tahun 2018 akan meningkatkan nilai signifikansi yang lebih tinggi. Hal ini menunjukkan bahwa system berbasis Syariah di Provinsi Aceh khususnya di Lhokseumawe telah berjalan sangat ideal sesuai tuntutan Qanun.

Kata Kunci


Qanun, Lembaga Keuangan Syariah, efisiensi dan efektivitas, sistem berbasis Syariah, dan kinerja manajerial

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Edward UP Nainggolan. (2020). UMKM Bangkit, Ekonomi Indonesia Terungkit. https://www.djkn.kemenkeu.go.id/artikel/baca/13317/UMKM-Bangkit-Ekonomi-Indonesia-Terungkit.html. Diakses pada tanggal 27 Oktober 2020.

Handoyo. (2020). Begini Nasib Industri Perbankan di Saat Pandemi Virus Corona (Covid-19). www.keuangan.kontan.co.id/news. Diakses tanggal 8 Maret 2021.

Irhamna Utamy dan Ahmad Hasan Basri. (2020). Konsep Keadilan Pada Qanun Aceh Nomor 11 Tahun 2018 Tentang Lembaga Keuangan Syariah. Jurnal Al-Mabsut, Volume 14 Nomor 1, Maret 2020.

Stoner, James.A.F. (2010). Management. Prentice Hall International Inc Englewood Cliffs, New York.

Nopirin. (2014). Pengantar Ilmu Ekonomi Mikro-Makro. Penerbit: BPFE Yogyakarta.

Mardiasmo. 2001. Otonomi dan Manajemen Keuangan Daerah. Penerbit Andi. Yogyakarta

Sejathi. (2011). Faktor-faktor yang mempengaruhi Efektivitas Pembelajaran. http://id.shvoong.com/social-sciences/education/2108437- faktor-faktor-yang-mempengaruhi-efektivitas/ pada tanggal 4 Maret 2012.

Nadia Azlin. (2013). Analisis Efektivitas Pelayanan Adminstrasi Pada Rumah Sakit Umum Daerah Arifin Ahmad Provinsi Riau. Pekanbaru.

Mohamad Hidayat. (2010). An Introduction to The Sharia Economic (Pengantar Ekonomi Syariah). Penerbit: Zikrul Hakim. Jakarta.

Sri Nurhayati dan Wasilah. (2011). Akuntansi Syariah di Indonesia. Edisi 2 Revisi. Penerbit: Salemba Empat. Jakarta.

Indra Bastian. 2001. Akuntansi Sektor Publik di Indonesia. Pusat Pengembangan Akuntansi. BPFE. Yogyakarta.

Mardiasmo. 2002. Akuntansi Sektor Publik, Penerbit Andi. Yogyakarta.

Pollanen, Raili M. 2005. Performance Measurement in Municipalities: Empirical Evidence in Canadian Context. International Journal of Public Sector Management Vol. 18 No. 1, pp 4-24.

Weihrich H & Koontz, H. 2005. Management : A Global Prespective. McGraw-Hill Education (Asia).

Siegel, G. Ramanauskas-Marconi, and Helena. 1989. Behavioral Accounting. South-Western Publishing Co. Ohio.

Nur Indriantoro dan Bambang Supomo. (2002). Metodologi Penelitian Bisnis untuk Manajemen dan Akuntansi. BPFE-UGM. Yogyakarta.

Sekaran, Uma. 2003. Research Methods for Business, A Skill building Approach. Fourth Edition.Wiley. Pp. 87,

Mudrajad Kuncoro. (2003). Metode Riset untuk Bisnis dan Ekonomi. Erlangga-Jakarta.

Suharsimi Arikunto. 2002. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktek. Rineke Cipta, Jakarta.

Masri Singarimbun dan Sofyan Effendi. (1995). Metode Penelitian Survey. Edisi Kedelapan. Penerbit LP3ES. Jakarta.

Nirwana .SK. Sitepu. (1995). Analisis Jalur (Path Analysis). LP3E Unpad.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

##submission.license.cc.by-sa4.footer##

Creative Commons License

Prosiding Seminar Nasional Politeknik Negeri Lhokseumawe is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

© 2017 All rights reserved |Seminar nasional Politeknik Negeri Lhokseumawe p-ISSN:2598-3954.

.