Desain dan Analisa Kinematik Enam Batang Penghubung Untuk Mekanisme Penanam Padi

Marzuki Marzuki, Azwar Azwar, Ilyas Yususf

Sari


Sistem pengelolaan sawah basah dan metode penanaman padi di Aceh masih dilakukan secara tradisional. Penanaman secara tradisional tidak memposisikan jarak tanam yang sama, baik secara baris maupun kolom, dan meninggalkan  lubang jejak dan medan kerja yang sangat berat. Pemanfaatan inovasi teknologi mekanisasi yang harganya dapat terjangkau oleh petani diharapkan akan menjadi solusi bagi petani. Desain Mekanisme Enam Batang Penghubung dapat diaplikasikan pada mekanisme penanaman padi, mampu bekerja secara mekanik membentuk lokus penanaman yang tepat untuk langkah pengambilan bibit padi dari hoper dan menanamnya dengan jarak tanam yang seragam, mengurangi waktu tanam dan biaya operasional. Metode yang digunakan pada penelitian ini dimulai dari tahapan Perumusan Konsep Desain dan Analisis Desain, perancangan Model Mekanisme, penggambaran CAD 2D ke 3D, Analisa Kinematik, Permodelan Komputer dan Simulasi gerakan untuk memastikan fungsional mekanisme. Penelitian ini bertujuan menemukan parameter desain yang optimal dan dimensi yang tepat dari mekanisme enam batang penghubung dengan permodelan komputasi menggunakan software, sehingga dapat dipastikan prototipe mekanisme penanam padi ini dapat berfungsi. Penelitian telah menghasilkan prototipe mekanisme enam batang penghubung untuk mekanisme penanam padi dengan dua kolom penanaman dengan jarak tanam 30 x30 cmdan kedalaman tanam sampai15 cm. Percepatan link 1 mencapai 6638 mm/det2 pada gerakan menuju hoper dan gerakan turunnya hingga -3562 mm/det2. Pergerakan Batang pengambil bibit/Link 1  mencapai358 mmdan jangkauan terendahnya pada-124 mm.  Laju kecepatan dari link 1 pada saat gerakan kosong adalah tinggi hingga mencapai 820 mm/det.

Kata Kunci


Mekanisme Enam Batang Penghubung, Permodelan komputasi, Simulasi Model, Analisa Kinematik, Motion analysis.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Lu Xiao-rong, dkk, 2010, Experimental Study on Working Performance of Rice Rope Direct Seeding Machine, Science Direct, Elsevier Ltd

Marzuki, Bahri, S dan Usman, 2014, Permodelan Mekanisme Empat Batang Penghubung Pada Mesin Penanam Padi dengan Menggunakan Software Solidworks, Jurnal Teknologi, Volume 14, ISSN 1412-1476.

Marzuki dan Sumadi, 2018, Desain Dan Simulasi Lokus Penanam Padi Pada Mekanisme Empat Batang Penghubung dengan Menggunakan Software Solidworks, Proceeding Seminar Nasional II Politeknik Negeri Lhokseumawe.

Marzuki, Syukran and Azwinur, 2019, Design and Development of Four Link Bar Mechanism ForTransplanting Wet Rice Seedlings, International Conference on Science and Innovated Engineering (I-COSINE), IOP Conf. Series: Materials Science and Engineering, Vol.536, Tahun 2019, E-ISSN 1757-899X.

Thomas, E.V 2002, Development of Mechanism for Transplanting Rice Seedlings, Mechanism and Machine Theory, Elsevier Science Ltd.

Guo, L.S dan Zhang, W.J, 2001, Kinematic Analysis of a Rice Transplanting Mechanism with eccentric Planetary gear Trains, pergamon, Elsevier Science Ltd.

Marzs Mitsi, I Tsiafis and K D Bouzakis, 2017, Dynamic analysis of six-bar Mechanical Press for Deep Drawing, 13th International Conference on Tribology, ROTRIB’16, IOP Conf. Series: Materials Science and Engineering, Vol.174, Tahun 2017, E-ISSN 1757-899X.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

##submission.license.cc.by-sa4.footer##

Creative Commons License

Prosiding Seminar Nasional Politeknik Negeri Lhokseumawe is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

© 2017 All rights reserved |Seminar nasional Politeknik Negeri Lhokseumawe p-ISSN:2598-3954.

.