Pemanfaatan Fly Ash Batubara Kelas C Sebagai Filler Untuk Meningkatkan Kekuatan Aspal Beton Porus

Zairipan Jaya, Edi Majuar, Fauzi A. Gani, Irham Irham, Gina Putri Yuanda

Sari


Aspal beton porus merupakan campuran aspal beton bergradasi terbuka yang memiliki nilai kekuatan (stabilitas) yang lebih rendah dari aspal beton yang menggunakan gradasi rapat, sehingga penggunaannya terbatas untuk keperluan prasarana pendukung seperti lokasi parkir, trotoar, dan pedestrian. Untuk meningkatkan stabilitasnya, penggunaan fraksi halus termasuk bahan pengisi (filler) dalam campuran proporsi harus lebih banyak. Abu terbang (fly ash) batubara Kelas C merupakan salah satu material non organik dan non plastis yang dapat dimanfaatkan sebagai filler pada campuran aspal beton porus dan diharapkan akan mampu meningkatkan kekuatannya. Penelitian ini dilakukan dengan metode eksperimental, teknik pengambilan data dilakukan dengan pengamatan (observasi) langsung (participant) di Laboratorium Jalan Raya Politeknik Negeri Lhokseumawe. Bahan pengikat material agregat digunakan aspal penetrasi 60/70, material batu pecah diperoleh dari PT. Abad Jaya Krueng Geukuh Kota Lhokseumawe, dan material fly ash Kelas C diperoleh dari PLTU Pangkalan Susu Propinsi Sumatera Utara. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui nilai kekuatan (stabilitas), nilai kelelehan plastis (flow), fleksibilitas (marshall quotient/MQ), dan rongga dalam campuran aspal porus (void in mix) benda uji aspal beton porus, serta mendapatkan nilai resapan berupa permeabilitas dan waktu pengaliran air. Hasil pengujian aspal beton porus pada kadar aspal optimum dengan menggunakan filler debu batu 3,3% sebagai pembanding, diperoleh nilai stabilitas 702 kg dan flow 3,08 mm, marshall quotient (MQ) 223,01 kg/mm, VIM 20,88%, permeabilitas 0,222 cm/det, dan waktu pengaliran air 5,61 det. Sedangkan hasil pengujian aspal beton porus dengan kadar aspal optimum dengan penggantian filler fly ash pada 5 variasi kadar filler fly ash yaitu 2%, 2,5%, 3%, 3,5%, dan 4%, diperoleh hasil terbaik pada penggunaan filler fly ash sebanyak 2% dari berat campuran, dengan nilai stabilitas 729 kg dan flow 3,10 mm, marshall quotient (MQ) 235,16 kg/mm, VIM 20,64%, permeabilitas 0,213 cm/det, dan waktu pengaliran air 6,02 det. Hasil penelitian ini telah memenuhi spesifikasi yang ditetapkan oleh Australian Asphalt pavement Association (AAPA) Tahun 2004. Hasil pengujian ini menunjukkan bahwa pemanfaatan filler fly ash batubara untuk menggantikan filler debu batu dapat meningkatkan kekuatan, flow, dan fleksibilitas dari campuran aspal beton porus. Akan tetapi sebaliknya, pemanfaatan filler fly ash batubara untuk menggantikan filler debu batu menurunkan nilai VIM, permeabilitas, waktu pengaliran aspal beton porus, atau dengan makna lain nilai fungsi kinerja kekuatan aspal beton porus berbanding terbalik dengan nilai fungsi kinerja resapan aspal beton porus.

 


Kata Kunci


Aspal Porus, Fly Ash, Stabilitas, Flow, Marshall Quotient, VIM, Permeabilitas, Waktu Pengaliran

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


AAPA, Australian Asphalt Pavement Association, 2004. Open Graded Asphalt Design Guide, Australian.

Cabrera. 1991. “Analisis Limbah Batubara (Fly Ash) Sebagai Alternatif Semen Untuk Beton Pada Perisai Sinar Pengion Cobalt – 60 Ditinjau Dari Segi Biaya”. Extrapolasi Jurnal Teknik Sipil Untag Surabaya.

Jauhari, Sri Nurul (2013), Karakteristik Marshall Test Pada Lapisan Perkerasan Aspal Berongga Menggunakan Batu Karang Dan Buton Natural Asphalt, Makasar: Skripsi Teknik Sipil Universitas Hasanudin. ICAM 2009,pp.263-280

Priyatno, D. (2010). Paham Analisa Statistik Data Dengan SPSS, Penerbit Mediakom Krasak Timur Yogyakarta.

Setyawan, dkk. (2005). Observasi Propertis Aspal Porus Berbagai Gradasi dengan Material Lokal. Jurnal penelitian Media Teknik Sipil, 15-20.

Sarwono, D., & Wardhani, A. K. (2007). Pengukuran Sifat Permeabilitas Campuran Porous Asphalt. Media Teknik Sipil, 7(2), 131-138.

Khalid & Jimenes 2004. Analisa Campuran Aspal Porus Menggunakan Material Dari Kakaskasen Kecamatan Tomohon Utara Kota Tomohon. Jurnal Sipil Statik, 8(3).

Subono, V. P. 2011. Karakteristik Marshall Campuran Asphalt Concrete (AC) dengan Bahan Pengisi (Filler) Abu Vulkanik Gunung Merapi. Tugas Akhir. Surakarta: Universitas Sebelas Maret.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

##submission.license.cc.by-sa4.footer##

Creative Commons License

Prosiding Seminar Nasional Politeknik Negeri Lhokseumawe is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

© 2017 All rights reserved |Seminar nasional Politeknik Negeri Lhokseumawe p-ISSN:2598-3954.

.