Penerapan Teknologi Desalinasi Berbasis Energi Biomassa untuk Kawasan Air Payau di Desa Meunasah Cibrek

Munawar Munawar, Zulkifli Zulkifli, Ibrahim Ibrahim

Sari


Kegiatan penerapan ipteks ini bertujuan memberikan solusi alternatif terhadap permasalahan air bersih bagi masyarakat di kawasan air payau di Desa Meunasah Cibrek, melalui penerapan teknologi desalinasi berbasis biomassa. Kegiatan dilakukan dalam beberapa tahapan, di mulai dengan penyediaan unit desalinasi berbasis energi biomassa, pembuatan sumur air sebagai reservoir, transfer Ipteks kepada masyarakat, serta evaluasi keberhasilan kegiatan untuk mengetahui dampak pelaksanaan kegiatan ini terhadap penyelesaian persoalan prioritas. Dari kegiatan penerapan ipteks yang telah dilaksanakan, telah tersedia suatu unit desalinasi berbasis biomassa untuk mitra di kawasan tersebut. Hasil evaluasi unjuk kerja sistem menunjukkan bahwa unit desalinasi tersebut dapat memproduksi air bersih dengan kapasitas 5-10 liter/jam, dengan kualitas produk yang memenuhi  baku mutu air minum dan air hygiene sanitasi, khususnya untuk parameter salinitas, rasa, TDS, kekeruhan, warna dan bakteriologis.

Kata Kunci


air payau, baku mutu, biomassa, desalinasi, unjuk kerja

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Anonim, Aceh Utara dalam Angka, BPS Kabupaten Aceh Utara, 2015.

Munawar, Elwina, dan Helmi, “Unjuk Kerja Unit Desalinasi Berbasis Energi Biomassa” Proceeding Seminar Nasional Politeknik Negeri Lhokseumawe, Vol.1, No.1, pp. 76-78, Sept. 2017.

Tchobanoglous, G, Burton, F.L, dan Stensel H.D., Wastewater Engineering: Treatment and Reuse, Metcalf & Eddy, Inc., McGraw-Hill Inc., NY, 2003, 4th Edition.

APHA, Standard Method for Examination of Water and Wastewater, AWWA, USA, 2005.

Kemenkes RI, Keputusan Menteri Kesehatan RI, No. 907/MENKES/ SK/VII/2002, Tentang Syarat-Syarat dan Pengawasan Kualitas Air Minum, Juli 2002.

Kemenkes RI, Peraturan Menteri Kesehatan RI, No. 492/MENKES/ PER/IV/2010, Tentang Persyaratan Kualitas Air Minum, April 2010.

Kemenkes RI, Peraturan Menteri Kesehatan RI, No. 32 Tahun 2010, Tentang Standar Baku Mutu Kesehatan Lingkungan dan Persyaratan Kesehatan Air untuk Keperluan Higiene Sanitasi, Kolam Renang, Solusper Aqua, dan Pemandian Umum, Mei 2017.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

##submission.license.cc.by-sa4.footer##

Creative Commons License

Prosiding Seminar Nasional Politeknik Negeri Lhokseumawe is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

© 2017 All rights reserved |Seminar nasional Politeknik Negeri Lhokseumawe p-ISSN:2598-3954.

.