Pelatihan Penyusunan Laporan Laba Rugi Pada UMKM Mr Phep Kota Lhokseumawe

Edy Zulfiar, Busra Busra, Safaruddin Safaruddin, Zulkarnaini Zulkarnaini, Rahmi Raihan

Sari


Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) mempunyai peranan yang sangat penting dalam perekonomian masyarakat. Sebahagian besar UMKM seringkali tidak bisa bertahan dengan berbagai alasan salah satunya karena pengelolaan keuangan yang tidak baik yang disebabkan kurangnya pemahamam pelaku UMKM dalam mengelola keuangan khususnya dalam penyusunan laporan keuangan. Salah satu laporan keuangan yang harus disusun oleh setiap UMKM yaitu laporan laba rugi. UMKM Mr. Phep merupakan salah satu UMKM binaan PT PLN Lhokseumawe dan Politeknik Negeri Lhokseumawe yang bergerak dalam bidang usaha produksi dan penjualan ikan keumamah. Permasalahan utama yang dihadapi oleh UMKM ini yaitu rendahnya kemapuan pemilik dalam menghasilkan informasi keuangan. UMKM Mr. Phep selama ini belum mampu menyusun laporan hasil usaha secara baik dan benar serta sesuai dengan standar akuntansi yang berlaku. Salah satu laporan keuangan yang wajib disusun oleh UMKM Mr. Phep yaitu laporan laba rugi. Informasi laba yang dihasilkan oleh Mr. Phep selama ini berdasarkan perhitungan-perhitungan yang tidak memenuhi standar akuntansi. Pemilik Mr. Phep tidak pernah mengetahui secara pasti berapa hasil usaha yang diperoleh setiap periode dan bagaimana posisi keuangan usahanya. Pengambilan keputusan bisnis yang dilakukan pemilik Mr. Phep belum didasarkan atas laporan keuangan dari usaha yang dijalankannya. Solusi utama yang diberikan untuk menyelesaikan permasalahan keuangan Mr. Phep yaitu dengan memberikan pelatihan tentang pencatatan transaksi biaya produksi dan biaya operasional lainnya serta penyusunan laporan laba rugi menggunakan aplikasi Microsoft excel kepada pemilik UMKM Mr. Phep.

Kata Kunci


Mr. Phep, UMKM, Laporan Laba Rugi

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


M. Ridwan, Hartutiningsih, dan M. Hatuwe. Pembinaan Industri Kecil dan Menengah Pada Dinas Perindustrian, Perdangan, Koperasi dan UMKM Kota Bontang. Jurnal Administrative Reform. 2014, Vol. 2(2). Hal 187-199.

T. Amani. Penerapan SAK-EMK Sebagai Dasar Penyusunan Laporan Keuangan UMKM (Studi Kasus di UD Dua Putri Solehah Probolinggo. Jurnal Ilmiah Ilmu Akuntansi, keuangan dan Pajak. 2018, Vol.2(2). Hal 12-20.

V. W. Sujarweni. Akuntansi UMKM (Usaha Mikro, Kecil Menengah). Yogyakarta: Pustaka Baru Press, 2019.

N. Shonhadji, L. Aghe, dan Djuwito. Penerapan Penyusunan Laporan Keuangan Pada Usaha Kecil Menengah Berdasarkan SAK EMKM di Surabaya. Proseeding Seminar Nasional Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat (SENIAS). 2017, Vol.1(1). Hal 130-136.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

##submission.license.cc.by-sa4.footer##

Creative Commons License

Prosiding Seminar Nasional Politeknik Negeri Lhokseumawe is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

© 2017 All rights reserved |Seminar nasional Politeknik Negeri Lhokseumawe p-ISSN:2598-3954.

.