Penerapan Konsep Pre-Experimental Untuk Pengukuran Keterampilan Menggunakan Teknologi Informasi Bagi Guru Smk Negeri 5 Lhokseumawe

Muhammad Nasir, Aswandi Aswandi, Fachri Yanuar, Guntur Syahputra

Sari


Dampak wabah coronavirus (COVID-19) sangat mempengaruhi pendidikan, proses belajar mengajar dibatasi bahkan dilakukan secara daring. Hal ini tentunya sangat membutuhkan perhatian khusus yang kemungkinan dapat menjadi ancaman global terhadap dunia pendidikan. Pemerintah melalui Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan berinisiatif membuat kebijakan darurat agar pembelajaran disekolah-sekolah melakukan pembelajaran secara bertahap atau secara shift dan memutuskan untuk Study From Home (SFH) atau belajar secara daring. Kebijakan ini menjadi tantangan bagi guru-guru khususnya guru SMK Negeri 5 Lhokseumawe untuk dapat tetap melaksanakan pembelajaran secara daring, salah satunya dengan meningkatkan kemampuan atau keterampilan  para guru dalam  menggunakan teknologi informasi pada sistem pembelajaran secara daring. Dengan menggunakan konsep Pre-Experimental terhadap 15 orang guru diperoleh hasil adanya peningkatan keterampilan dalam menggunakan teknologi informasi pada sistem pembelajaran secara daring sebesar 58% dari kemampuan awal sebelum mengikuti pelatihan. 


Kata Kunci


Kata kunci: COVID-19, Study From Home (SFH), daring, teknologi informasi

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Aswandi (2020). Pemanfaatan Teknologi Pembelajaran Interaktif Secara Daring Dalam Menghadapi Dampak Covid-19 Bagi Pendidik di Sekolah Muhammadiyah Kota Lhokseumawe. Proseding Seminar Nasional PNL 2020.

Nasir.M, Salahuddin (2019). Pelatihan Pengelolaan Website Jurusan Bagi Staf Pengajar Dan Staf Administrasi Pada Jurusan Teknik Mesin Politeknik Negeri Lhokseumawe. Jurnal Vokasi, Vol. 3 No.2 Oktober 2019 ISSN : 2548-9410 (Cetak) ISSN : 2548-4117(Online)P-78-85. kemendikbud.go.id

https://www.sman5lsm.sch.id/

Wandah Wibawanto, S.Sn., M. D. (2017). Desain dan Pemrograman Multimedia Pembelajaran Interaktif. In Penerbit Cerdas Ulet Kreatif

Naidu, S. (2006). E-Learning A Guidebook of Principles, Procedures and Practices. In E-learning. https://doi.org/citeulike-article-id:8060645

Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. (2020). Pedoman Kesiapsiagaan Menghadapi Coronavirus Disease (COVID-19). Direkorat Jenderal Pencegahan Dan Pengendalian Penyakit.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

##submission.license.cc.by-sa4.footer##

Creative Commons License

Prosiding Seminar Nasional Politeknik Negeri Lhokseumawe is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

© 2017 All rights reserved |Seminar nasional Politeknik Negeri Lhokseumawe p-ISSN:2598-3954.

.