Penerapan Kendali Otomatis Pada Pemberian Pakan Ikan Berbasis Mikrokontroler Di Desa Alue Lim

Rahmawati Rahmawati, Azhar Azhar, Saifuddin Saifuddin, Muhammad Razi, Muhammad Yunus

Sari


Budidaya ikan dalam ember (budikdamber) merupakan kegiatan budidaya ikan dan sayuran dalam satu tempat. Permasalahan utama dalam budikdamber adalah pemberian pakan yang rutin, kontiniu dan masih secara manual. Solusi yang ditawarkan untuk mengatasi permasalahan adalah penerapan teknologi kendali otomatis pada pemberian pakan ikan. Kegiatan pengabdian masayarakat ini bertujuan untuk memberikan informasi dan ketrampilan kepada pemuda di Desa Alue Lim Lhokseumawe tentang kendali otomatis pemberi pakan ikan pada budikdamber. Berdasarkan uraian permasalahan dan tujuan dari kegiatan pengabdian masayarakat ini, maka dilakukan kegiatan pelatihan tentang sistem kendali otomatis pemberian pakan ikan berbasis mikrokontroler. Metode yang digunakan dalam kegiatan pengabdian ini adalah kombinasi penyuluhan, praktek, aplikasi, pembinaan dan pendampingan secara langsung. Tahapan yang dilakukan adalah mulai dari tahap persuasif, evaluasi awal, membuat alat kendali pakan otomatis, transfer pengetahuan menghitung harga pokok produk (HPP), dan evaluasi akhir. Pada akhir kegiatan tim pengabdian masyarakat juga memberikan bantuan alat dan bahan budikdamber, serta alat kendali pakan otomatis agar masyarakat bisa melakukan praktik secara mandiri di rumah masing-masing. Target yang dicapai dari kegiatan ini adanya peningkatan pengetahuan dan ketrampilan mitra tentang kendali pakan otomatis pada budikdamber. Jumlah pakan yang diberikan sesuai dengan besarnya bukaan katup. Jadwal pemberian pakan tiga kali sehari yaitu setiap delapan jam sekali. Pakan yang diberikan sebanyak 100 gram setiap jadwalnya. Berdasarkan nilai yang diperoleh tingkat kemampuan awal peserta pelatihan mempunyai  nilai rata-rata 35 yaitu dengan kategori kemampuan kurang. Setelah mengikuti pelatihan kemampuan peserta meningkat dengan rata-rata nilai 81 dengan kategori kemampuan sangat baik.


Kata Kunci


budikdamber, HPP, kendali, mikrokontroler, otomatis

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


S. P. Febri, "Pelatihan Budikdamber (Budidaya Ikan Dalam Ember) Di Desa Tanah Terban Kecamatan Karang Baru Kabupaten Aceh Tamiang," in prosiding seminar nasional politeknik negeri lhokseumawe, 2020.

P. Edikresnha, Hardiansyah, and E. B. Prasetya, "Rancang Bangun Pemelihara Lele Otomatis Dengan Pengaturan Waktu Makan Dan Penjagaan Kualitas Air Menggunakan Atmega328," in seminar riset teknologi informasi (sriti) tahun 2016, 2016.

R. Fahmi, "Kecamatan Blang Mangat Dalam Angka 2019," BPS Kota Lhokseumawe, 2019.

Rahmawati, T. Djatna, E. Noor, dan Irzaman, "Design Of A Monitoring And Control System In The Biodiesel Purification Process," international journal of advanced research vol. 7, pp. 245-256, 2019.

Gunawan, S. Kurnia, M.S. Hasibuan, "Analisis Perhitungan HPP Menentukan Harga Penjualan yang Terbaik untuk UKM", Jurnal Teknovasi, Volume 03, Nomor 2, 2016.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

##submission.license.cc.by-sa4.footer##

Creative Commons License

Prosiding Seminar Nasional Politeknik Negeri Lhokseumawe is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

© 2017 All rights reserved |Seminar nasional Politeknik Negeri Lhokseumawe p-ISSN:2598-3954.

.