Peningkatan Kompetensi Mikrokontroler Arduino Terhadap Guru SMK Negeri 5 Lhokseumawe

Aidi Finawan, Yusman Yusman, Muhaimin Muhaimin, Bakhtiar Bakhtiar, Nazaruddin Nazaruddin

Sari


Kompetensi mereka dalam bidang pemrograman Mikrokontroler Arduino masih sangat minim. Pada tahun 2020 yang lalu, sekolah ini telah melakukan pengadaan modul mikrokontroler Arduino, namun peralatan tersebut belum dapat digunakan secara maksimal. Hal ini disebabkan karena para guru pada jurusan TAV belum memiliki kompetensi untuk menggunakannya. Materi pemrograman mikrokontroler Arduino juga belum dapat diterapkan dalam kurikulum. Pelatihan dilaksanakan dengan berpedoman pada sebuah buku panduan yang disediakan agar memudahkan peserta dalam memahami materi-materi yang disampaikan. Setelah  pelatihan dilaksanakan para peserta diberikan sebuah penghargaan berupa sertifikat kompetensi pemrograman mikrokontroler Arduino. Selain itu, hasil dari pelaksanaan kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini juga dipublikasikan dalam sebuah prosiding. Kompetensi guru jurusan TAV dalam penggunaan dan pemrograman Arduino  sudah dalam kategori baik dengan capaian rata-rata  86,8%.


Kata Kunci


kompetensi guru, TAV, Arduino, modul praktikum, buku panduan

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


A. Finawan, Yusman, Muhaimin, Bakhtiar, “Pelatihan Perancangan Rangkaian Elektronik Dan Sistem Mikrokontroler AVR Menggunakan Software Proteus Bagi Guru SMK Negeri 5 Lhokseumawe,” 2020, pp. 144–147.

I. R. Sahali, F. A. Samman, R. S. Sadjad, and C. Yohannes, “Pelatihan Pengembangan Aplikasi Menggunakan Mikrokontroler untuk Meningkatkan Kompetensi Siswa SMK,” J. Teknol. Terap. Untuk Pengabdi. Masy., vol. 2, no. 1, pp. 162–168, 2018.

M. F. Wicaksono and Hidayat, Mudah Belajar Mikrokontroler Arduino : Disertai 23 Proyek, Termasuk Proyek Ethernet dan Wireless Client Server. Bandung: Informatika, 2017.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

##submission.license.cc.by-sa4.footer##

Creative Commons License

Prosiding Seminar Nasional Politeknik Negeri Lhokseumawe is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

© 2017 All rights reserved |Seminar nasional Politeknik Negeri Lhokseumawe p-ISSN:2598-3954.

.