Peningkatan Kompetensi Mikrokontroler Arduino Terhadap Guru SMK Negeri 5 Lhokseumawe
Sari
Kompetensi mereka dalam bidang pemrograman Mikrokontroler Arduino masih sangat minim. Pada tahun 2020 yang lalu, sekolah ini telah melakukan pengadaan modul mikrokontroler Arduino, namun peralatan tersebut belum dapat digunakan secara maksimal. Hal ini disebabkan karena para guru pada jurusan TAV belum memiliki kompetensi untuk menggunakannya. Materi pemrograman mikrokontroler Arduino juga belum dapat diterapkan dalam kurikulum. Pelatihan dilaksanakan dengan berpedoman pada sebuah buku panduan yang disediakan agar memudahkan peserta dalam memahami materi-materi yang disampaikan. Setelah pelatihan dilaksanakan para peserta diberikan sebuah penghargaan berupa sertifikat kompetensi pemrograman mikrokontroler Arduino. Selain itu, hasil dari pelaksanaan kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini juga dipublikasikan dalam sebuah prosiding. Kompetensi guru jurusan TAV dalam penggunaan dan pemrograman Arduino sudah dalam kategori baik dengan capaian rata-rata 86,8%.
Kata Kunci
Teks Lengkap:
PDFReferensi
A. Finawan, Yusman, Muhaimin, Bakhtiar, “Pelatihan Perancangan Rangkaian Elektronik Dan Sistem Mikrokontroler AVR Menggunakan Software Proteus Bagi Guru SMK Negeri 5 Lhokseumawe,” 2020, pp. 144–147.
I. R. Sahali, F. A. Samman, R. S. Sadjad, and C. Yohannes, “Pelatihan Pengembangan Aplikasi Menggunakan Mikrokontroler untuk Meningkatkan Kompetensi Siswa SMK,” J. Teknol. Terap. Untuk Pengabdi. Masy., vol. 2, no. 1, pp. 162–168, 2018.
M. F. Wicaksono and Hidayat, Mudah Belajar Mikrokontroler Arduino : Disertai 23 Proyek, Termasuk Proyek Ethernet dan Wireless Client Server. Bandung: Informatika, 2017.
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.
##submission.copyrightStatement##
##submission.license.cc.by-sa4.footer##
Prosiding Seminar Nasional Politeknik Negeri Lhokseumawe is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License
© 2017 All rights reserved |Seminar nasional Politeknik Negeri Lhokseumawe p-ISSN:2598-3954.
.