Pelatihan Pembuatan Film Animasi 3-Dimensi Untuk Siswa Pada SMAN 7 Lhokseumawe

Mahdi Mahdi, Huzaeni Huzaeni, Amri Amri, Abdul Hakim

Sari


Pemodelan dan animasi 3-dimensi merupakan bidang multimedia yang sangat berkembang saat ini. Pada bidang perfilman, animasi 3-dimensi telah melahirkan film-film yang cukup digemari antara lain Finding Nemo, Toys Story dan lain-lain. Oleh karena itu skill dan kemampuan dalam bidang ini merupakan hal yang mutlak dimiliki oleh siswa dalam menjawab tuntutan pasar kerja. Menguasai skill dalam pemodelan dan animasi 3-dimensi memerlukan proses yang panjang. hal ini karena pemodelan dan animasi 3-dimensi meliputi proses yang rumit dan menggabungkan berbagai proses dalam bidang multimedia lainnya. Kegiatan ini diharapkan siswa Sekolah Menengah Atas Negeri 7 Lhokseumawe mampu menjawab tantangan tersebut. Pada kegiatan masing-masing siswa akan didorong untuk menguasai keterampilan dalam bidang pemodelan dan animasi 3-dimensi. Siswa akan di ajarkan berbagai macam tehnik tehnik pemodelan dan animasi.  Selain itu siswa diajarkan tahap akhir pada pemodelan dan animasi yaitu pencahayaan dan rendering yang akan mengubah karya siswa kedalam bentuk animasi ataupun gambar.Sekolah Menengah Atas Negeri SMAN) 7 Lhokseumawe memiliki 4 orang guru pria dan 27 orang guru perempuan. Dari 31 orang jumlah guru, tidak ada guru yang berlatar belakang pendidikan komputer dan hanya sedikit guru yang dapat menguasi komputer,serta memiliki 115 orang siswa pria dan 136 siswa wanita. Dari permasalahan diatas sudah saatnya siswa pada SMAN 7 Lhokseumawe untuk dilatih menggunakan teknolgi informasi untuk memberi skil dalam bidang animasi agar lulusanya dapat bersaing di dunia kerja, terutama bagi siswa yang tiadak bisa melanjutkan pendidikan ke jenajng yang lebih tinggi.Diharapkan setelah mengikuti pelatihan membuat animasi 3-dimensi para siswa dapat menjadi modal untuk memulai usaha dalam bidang animasi. Target luaran dari kegiatan ini adalah prosiding seminar nasional Politeknik Negeri Lhokseumawe.


Kata Kunci


animasi, 3-dimensi, film, permodelan.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


. Hidayat, Rahmad. 2014. Pemodelan 3-Dimensi Gedung Kampus Ilmu Komputer UGM dengan Tehnik Extrude Face Menggunakan Geometric Shape Polygon. Jurnal Energi Elektrik Vol III No 2.

. Ula, Mutamimul. 2015. Realistic Texturing Pada Objek 3-dimensi Menggunakan Tehnik Texture Mapping. Jurnal Arsitekno Vol 11 No 3.

. Sarris, N dan Strintzis, M. 3D Modeling and Animation : Synthesis And Analysis Techniques For The Human Body. Edisi ke-1.United States : IRM Press.

. Thabrani, S dan Adjie, B. Maya 4.0 Unlimited Modeling Animasi.Edisi ke-1. Jakarta : Salemba Infotek.

. Watkins, A. 2003. The Maya 4.5 Handbook. Edisi ke-1. United States : Charles River Media.

. Lewis, (2002). Silicon Valley Mathematics Initiative’s Lesson Study Cycle. http://www.svmimac.org/images/LessonStudyProjectApplication0910.pdf


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

##submission.license.cc.by-sa4.footer##

Creative Commons License

Prosiding Seminar Nasional Politeknik Negeri Lhokseumawe is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

© 2017 All rights reserved |Seminar nasional Politeknik Negeri Lhokseumawe p-ISSN:2598-3954.

.