Pemanfaatan Ikan Sebagai Produk Olahan Frozen Food Bagi Income Generation Masyarakat Desa Kuala Kecamatan Blang Mangat Kota Lhokseumawe

Zusma Widawaty A. Wahab, Elvina Elvina, Dwi Meilvinasvita, Halimatus Sa’diyah, Irwan Irwan

Sari


Frozen food adalah olahan makanan setengah matang yang dikemas dan dibekukan untuk diolah kembali dengan cara memanaskannya. Frozen food saat ini tidak hanya berbahan baku dari daging sapi atau ayam saja, banyak sumber hasil laut yang juga dimanfaatkan menjadi frozen food seperti nugget ikan, otak-otak ikan, tempura, sosis ikan dan lain sebagainya. Pelatihan ini bertujuan agar masyarakat mendapatkan pengetahuan dan ketrampilan tentang pemanfaatan potensi kekayaan laut yang ada didesa mereka dengan cara mengolahnya menjadi produk olahan frozenfood. Melalui olahan frozen food, maka tangkapan ikan yang berlimpah dan tidak habis terjual dapat dimanfaatkan dengan cara yang menguntungkan sehingga terhindar dari kerugian. Hal ini menjadi peluang yang menguntungkan bagi masyarakat Desa Kuala di tengah kesulitan ekonomi selama Pandemi Covid 19. Metode yang digunakan pada pelatihan ini ada beberapa tahap yang digunakan, mulai dari tahap persiapan, pelaksanaan dan evaluasi..  Hasil pelatihan menunjukkan bahwa 95% mitra sudah mampu membuat frozen food.


Kata Kunci


Frozen food, ikan, income generating

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Y. Alamsyah, Homemade Frozen Food, Jakarta: Gramedia, 2016.

M. Majid, “Panduan sukses jalankan usaha frozen food rumahan,” 2019. [Online]. Available: https://maxmanroe.com. [Accessed 10 February 2021].

N. Merina, “Peluang usaha frozen food rumahan, bisnis makanan beku yang menguntungkan,” 2017. [Online]. Available: https://goukm.id. [Accessed 17 February 2021].


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

##submission.license.cc.by-sa4.footer##

Creative Commons License

Prosiding Seminar Nasional Politeknik Negeri Lhokseumawe is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

© 2017 All rights reserved |Seminar nasional Politeknik Negeri Lhokseumawe p-ISSN:2598-3954.

.