Penerapan Kolam Bioflok Budidaya Udang Vaname Untuk Peningkatan Ekonomi Masyarakat Desa Alue Awe Kota Lhokseumawe

Atthariq Atthariq, Nasri Nasri, Akmalul Fata, A. Janifar

Sari


Udang merupakan menu wajib bagi pecinta seafood. Rasanya yang sangat nikmat dan kandungan gizinya yang lengkap menjadikan poin tersendiri bagi udang. Salah satu jenis udang yang favorit saat ini adalah udang vaname. Harga jual udang vaname ini terbilang tinggi dipasaran tak membuat permintaan udang jenis ini surut, udang ini masih banyak dicari dan juga diminati oleh oleh masyarakat di aceh khususnya dan Indonesia umumnya. Udang jenis ini dapat dibudidayakan pada air tambak, kolam terpal dan genangan air payau. Udang vaname ini cukup mudah dibudidayakan. Letak Desa Alue Awe yang secara geografis berada di pesisir pantai adalah sangat budidaya udang ini.   Banyak petani udang di desa ini tidak mengelola secara intensif dan tidak menggunkan sistim bioflok. Dengan adanya penerapan iptek dan pelatihan ini diharapkan pemuda putus sekolah di desa alue awe dapat melakukan budidaya udang vaname dengan sistim bioflok dimulai dengan satu kolam berdiameter 3 meter sebagai langkah awal pembelajaran dan ditingkatkan secara bertahap. Keberhasilan pembudiyaan udang vaname ini akan meningkatkan nilai ekonomi masyarakat di Desa Alue Awe sehingga akan menekan jumlah penggangguran. Hal ini yang ingin dicapai adalah masyarakat ketahanan pangan masyarakat meningkat karena tersedianya udang sebagai tambahan asupan gizi. Dengan demikian desa tangguh yang dicanangkan oleh pemerintah dapat direliasasikan di Desa Alue Awe.


Kata Kunci


Udang vaname, bioflok, mikroorganisme, ekonomi

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


. Gusrina, 2020, “Budidaya ikan sistim bioflok”, Jakarta, Penerbit Deepublish

. Peraturan Menteri Kelautan dan Perikanan Republik Indonesia Nomor 75/Permen-Kp/2016 Tentang Pedoman Umum Pembesaran Udang Windu (Penaeus Monodon) Dan Udang Vaname (Litopenaeus Vannamei)

. Sri Rusmiyati, 2019,“Budidaya Udang Vaname” , Jakarta, Penerbit PB

. Supono, 2018, “Budidaya udang Vaname Salinitas rendah”, Jakarta, penerbit Graha Ilmu.

. https://kptk.or.id/artikel/2020/12/31/1130-hasil-evaluasi-pelatihan-pembesaran-udang-vanname-menggunakan-media-bioflok.html. (diakes pada tanggal 1 Oktober 2021)


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

##submission.license.cc.by-sa4.footer##

Creative Commons License

Prosiding Seminar Nasional Politeknik Negeri Lhokseumawe is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

© 2017 All rights reserved |Seminar nasional Politeknik Negeri Lhokseumawe p-ISSN:2598-3954.

.