Nilai Perusahaan: Hubungannya dengan Intellectual Capital

Edy Zulfiar, Abdul Halim, Maulizar Maulizar, Faisal Faisal, Abdul Hakim

Sari


Nilai perusahaan merupakan persepsi investor terhadap tingkat keberhasilan perusahaan dalam mengelola sumber daya yang tercermin pada harga saham perusahaan. Untuk meningkatkan nilai tambah bagi perusahaan, perusahaan dituntut harus terus dilakukan pembaruan dan pengembangan dalam internal perusahaan, terutama dalam hal modal manusia atau yang biasa disebut dengan Intellectual Capital. Intellectual capital dapat meningkatkan keunggulan kompetitif dan strategi perusahaan yang dapat dimanfaatkan untuk menghasilkan laba yang besar di masa yang akan datang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh intellectual capital terhadap nilai perusahaan. Penelitian ini dilakukan pada perusahaan sektor pertambangan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) periode 2016-2020. Metode pengambilan sampel menggunakan metode purposive sampling. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengungkapan intellectual capital berpengaruh terhadap nilai perusahaan pertambangan di Indonesia. Semakin tinggi intellectual capital perusahaan maka akan menyebabkan meningkatnya nilai perusahaan.


Kata Kunci


Intelectual Capital, Nilai Perusahaan, Perusahaan Pertambangan

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


D. M. Dewi dan Sudiartha, G. Pengaruh Profitabilitas, Ukuran Perusahaan, Dan Pertumbuhan Aset Terhadap Struktur Modal dan Nilai Perusahaan. E-Jurnal Manajemen, Vol. 6(4), hal. 2222 – 2252, 2017.

E. F. Brigham and J. F. Houston. Dasar-dasar Manajemen Keuangan. Buku 1, Edisi 14. Jakarta: Salemba Empat, 2018.

K. Aprida dan M. S. Suardhika. Pengaruh Struktur Kepemilikan Saham, Struktur Modal dan Profitabilitas Pada Nilai Perusahaan. E-Jurnal Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana, Vol. 5(2), hal. 201-218., 2016

A. W. Tunggal. Memahami Konsep Economic Value Added (EVA) dan Value Based Management (VBM), Harvarindo, 2001.

S. C. Erkanawati. Pengaruh Pengungkapan Sustainability Report Terhadap Nilai Perusahaan Pada Perusahaan Pertambangan Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Pada Perioda 2011 – 2015. Jurnal Parsimonia, Vol. 5(1), hal 83-96, 2018.

M. Herli dan Hafidhah. Pengaruh Modal Intelektual Terdahap Nilai Perusahaan dengan Profitabilitas Sebagai Variabel Moderasi. Jurnal Performance, Vol. 7( 2), hal. 125-135, 2017

H. Chalal and P. Bakshi. Effect of Intellectual Capital on Competitive Advantage and Business Performance: Role of Innovation and Learning Culture. International Journal of Learning and Intellectual Capital, Inderscience Enterprises Ltd, vol. 11(1), pp 52-70, 2014.

G. A. Sirojudin dan I. Nazaruddin. Pengaruh Modal Intelektual dan Pengungkapannya Terhadap Nilai dan Kinerja Perusahaan. Journal of Accounting and Investment. Vol. 15(2), hal. 77-89, 2014.

M. J. Abdolmohammadi. Intellectual Capital Disclousure and Market Capitalization. Journal of Intellectual Capital. Vol. 6(3), pp397-416, 2005.

H. P. Tan, D. Plowman, and P. Hancock. Intellectual Capital and Financial Returns of Companies. Journal of Intellectual Capital. Vol. 8(1), pp76-95, 2007.

A. Pulic. Measuring the performance of intellectual potential in knowledge economy. Paper presented at the 2nd McMaster Word Congress on Measuring and Managing Intellectual Capital by the Austrian Team for Intellectual Potential, 1998.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

##submission.license.cc.by-sa4.footer##

Creative Commons License

Prosiding Seminar Nasional Politeknik Negeri Lhokseumawe is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

© 2017 All rights reserved |Seminar nasional Politeknik Negeri Lhokseumawe p-ISSN:2598-3954.

.