Sistem Informasi Jadwal Kuliah Berbasis SMS Gateway

Mahdi Mahdi, Muhammad Rizka, Amirrullah Amirrullah, Reynold Herwinsyah

Sari


Jadwal mengajar yang padat akan menyulitkan dosen dalam proses belajar mengajar, kehadiran dosen mengajar tepat waktu sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan merupakan penentu kualitas belajar mengajar di kelas. Banyaknya matakuliah dan banyaknya dosen akan sulit untuk mengingat jadwal mengajar setiap hari, sehingga akan berpengaruh kepada ketepatan waktu masuk kuliah. Hal ini disebabkan dosen sering lupa akan jadwal kuliah, sehingga harus ada yang memberitahu terlebih dahulu jadwal mengajar. Sistem informasi jadwal kuliah berbasis SMS Gateway merupakan  suatu bentuk alternatif termudah  untuk mengirim  jadwal kuliah yang menggunakan sistem SMS Gateway, yang tentunya berpengaruh kepada kegiatan dan rutinitas kuliah sehari-hari yang mudah dan praktis untuk mengingatkan jadwal kapan saja dosen harus mengajar. Solusi yang diberikan dengan membangun sistem  informasi  dengan  fasilitas  SMS  Gateway sebagai  penyampaian informasi jadwal mengajar. Sistem informasi jadwal kuliah berbasis SMS gateway merupakan suatu sistem informasi yang dapat mengirim pesan kepada para dosen untuk mengingatkan jadwal dan sistem informasi ini juga dapat membalas sms request yang  meminta jadwal dosen. Hasil yang akan dicapai pada pembuatan sistem aplikasi ini adalah terciptanya sebuah sistem pelayanan informasi web untuk proses notifikasi jadwal kuliah.


Kata Kunci


informasi, jadwal, kuliah, dosen, sms gateway

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Undang – undang Repolblik Indonesia No. 14 Tahun 2005 Tentang Guru dan Dosen

Tarigan, Daud, Edison. (2013). Membangun SMS Gateway Berbasis Web dengan Codeingniter Cetakan Kedua.

Zahra, 2011. Sistem Pendaftaran Pelatihan di Lembaga Pengembangan Pendidikan (LPP) Universitas Sebelas maret Menggunakan SMS Gateway.

Triyono, 2010. Pelayanan KRS On-Line Berbasis SMS. Jurnal Teknologi, Vol. 3, No. 1

Jogianto, 2005. Pengertian Sistem Informasi , Andi, Jogyakarta.

Riyanto, 2010. Sistem Informasi Penjualan Dengan PHP Dan MySQL, Gava Media, Yogyakarta.

Rokhim, N, 2006, Sistem Informasi Akademik Berbasis SMS, STMIK Akakom Jurusan Teknik Informatika, Yogyakarta.

Patriabakti, S., 2008, Informasi Penerimaan Mahasiswa Baru di STMIK Akakom Via SMS, Jurusan Teknik Informatika STMIK Akakom, Yogyakarta

Labolo, I. (2016). Penerapan SMS Gateway Untuk Sistem Antrian Pasien Pada Praktek Dokter Umum Dan Spesialis. Jurnal STMIK Ichsan Gorontalo.

Kadir, A. (2009). Membuat Aplikasi Web dengan PHP + Database MySQL. Yogyakarta: Andi.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

##submission.license.cc.by-sa4.footer##

Creative Commons License

Prosiding Seminar Nasional Politeknik Negeri Lhokseumawe is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

© 2017 All rights reserved |Seminar nasional Politeknik Negeri Lhokseumawe p-ISSN:2598-3954.

.