Perbandingan Penggunaan Metode Otsu Thresholding dan Adaptive Thresholding pada Proses Binerisasi Sistem Dokumentasi Buku Tugas Akhir

Widdha Mellyssa, M Misriana, S Suryati, M Milawarni

Sari


Seiring perkembangan teknologi informasi dan komunikasi, maka turut memacu peran perguruan tinggi dalam menghasilkan produk-produk yang dapat memudahkan pekerjaan manusia. Produk-produk tersebut dihasilkan dari adanya penelitian yang dilakukan oleh dosen maupun mahasiswa. Penelitian yang dilakukan dosen dan mahasiswa salah satunya dalam bentuk Tugas Akhir yang dilakukan oleh mahasiswa tingkat akhir.Dokumentasi judul Tugas Akhir (TGA) mahasiswa yang benar sangat berpengaruh pada perkembangan penelitian di lingkungan kampus, yaitu sebagai pemetaan penelitian dan menghindari plagiarisme. Penelitian ini menekankan pada proses binerisasi citra yaitu pengubahan dari citra gray menjadi citra biner atau citra hitam-putih. Metode yang diterapkan pada sistem adalah Otsu Thresholding dan Adaptive Thresholding. Dari hasil pengamatan terhadap proses binerisai pada citra judul buku TGA menggunakan 2 metode yang berbeda yaitu Otsu Thresholding dan Adaptive Thresholding didapatkan hasil bahwa kedua metode tersebut cocok diterapkan pada citra. Kedua metode menghasilkan citra biner yang jelas dan minim terhadap hole dan noise. Kelebihan menggunakan metode Otsu adalah adalah cepat dan sederhana karena metode ini menggunakan analisis histogram dan mencari nilai threshold secara otomatis. Sedangkan pada metode Adaptive lebih detail, nilai threshold didapatkan dengan menentukan terlebih dahulu variabel window size dan konstanta mean. Pada citra judul TGA nilai window size yang cocok adalah w=50 dan konstanta C=0.15.


Kata Kunci


Citra, binerisasi, Otsu, Adaptive, thresholding.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


UTAMI, Arum Tri; DIAH PRIYAWATI, S. T.; ENG, M. Implementasi metode otsu thresholding untuk segmentasi citra daun. 2017. PhD Thesis. Universitas Muhammadiyah Surakarta.

BHAHRI, Syamsul, et al. Transformasi Citra Biner Menggunakan Metode Thresholding Dan Otsu Thresholding. E-JURNAL JUSITI: Jurnal Sistem Informasi dan Teknologi Informasi, 2018, 7.2: 196-203.

HALOMOAN, Maranto Tua. Kombinasi Algoritma Adaptive Threshold, Watershed dan Top-Hat Transform pada Segmentasi Citra Uneven Lighting. 2018.

WELLNER, Pierre D. Adaptive thresholding for the DigitalDesk. Xerox, EPC1993-110, 1993, 1-19.

MELLYSSA, Widdha. Pengenalan Nominal Uang Kertas menggunakan Jaringan Syaraf Tiruan Backpropagation. Jurnal Litek: Jurnal Listrik Telekomunikasi Elektronika, 2019, 16.1: 1-6.

ZAHRAH, Shofiyyah; SAPTONO, Ristu; SURYANI, Esti. Identifikasi Gejala Penyakit Padi Menggunakan Operasi Morfologi Citra. SNIK, UNNES, 2016, 100-106.

PUTRA, Darma. Pengolahan citra digital. Penerbit Andi, 2010.

HATTA, Moch; SUSRAMA, I. Gde. Counting Sperma Aktif Menggunakan Metode Otsu Threshold dan Local Adaptive Threshold. Teknika: Engineering and Sains Journal, 2017, 1.1: 47-5

SINAGA, Anita Sindar RM. Implementasi Teknik Threshoding Pada Segmentasi Citra Digital. Jurnal Mantik Penusa, 2017, 1.2.

Pamungkas,A. (2020). Cara menghitung koefisien korelasi menggunakan matlab. Diakses dari https://pemrogramanmatlab.com/2016/04/20/cara-menghitung-koefisien-korelasi-menggunakan-matlab/

ARIFIANTO, Teguh. Segmentasi Aksara Pada Tulisan Aksara Jawa Menggunakan Adaptive Threshold. 2016. PhD Thesis. Institut Teknologi Sepuluh Nopember.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

##submission.license.cc.by-sa4.footer##

Creative Commons License

Prosiding Seminar Nasional Politeknik Negeri Lhokseumawe is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

© 2017 All rights reserved |Seminar nasional Politeknik Negeri Lhokseumawe p-ISSN:2598-3954.

.