Workshop Pemasaran Produk Masa Pandemi Covid 19 Untuk Mengatasi Masalah Akibat Lockdown Bagi Pedagang Keude Punteuet Lhokseumawe

Abdul Haris Salam, Raudah Raudah, Ummi Habibah, Harunsyah Harunsyah

Sari


Keude Punteut merupakan pasar yang ramai di kunjungi oleh pembeli setiap harinya sebelum pandemi Covid 19 terjadi. Pasar ini termasuk objek vital karena menyediakan kebutuhan pokok bagi dua kampung yaitu punteut dan desa mbang. Akibat penerapan Lockdown yang dilakukan pemerintah, membuat pedagang mengalami penurunan omset yang cukup besar sehingga kesulitan untuk menggaji karyawannya. Dari hasil survey dan observasi diitemukan permasalahan yang telah disepakati bersama mitra kegiatan PKM adalah pada metode pemasaran dan manajemen keuangan. Solusi yang tepat untuk mengatasi permasalahan di mitra kegiatan PKM adalah dengan memberikan pelatihan berupa workshop untuk mengajarkan tata cara berjualan online serta pelatihan manajemen keuangan dan toko online yang baik. Pelaksanaan workshop telah dilaksanakan dengan sukses yang bertempat di kediaman mitra PKM desa cot keurundong, blang punteuet dengan jumlah peserta sebanyak 20 orang pedagang keude punteuet dan masyarakat sekitar. Kegiatan workshop diawali dengan pembukaan oleh ketua tim PKM dilanjutkan dengan pemberian materi mengenai cara pengambilan foto produk untuk iklan, seterusnya penyempaian materi mengenai aturan dalam berjualan online dan diakhiri dengan materi tata cara memasang iklan di marketplace. Pendampingan dilakukan oleh tim PKM selama beberapa bulan kedepan hingga peserta mampu menjalankan toko online dengan benar.


Kata Kunci


Pandemi; Covid 19; Pemasaran; Marketplace

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Ananda, A. D., & Susilowati, D. (2019). Pengembangan Usaha Mikro Kecil Dan Menengah (Umkm) Berbasis Industri Kreatif Di Kota Malang. Jurnal Ilmu Hukumrnal Ilmu Ekonomi, X(X), 120–142.

Anwar, S. M., Goso, & Adil. (2017). Penguatan Ekonomi Desa melalui BUMDES di Desa Poreang Kecamatan Tana Lili Kabupaten Luwu Utara Sulawesi Selatan. Resona Jurnal Ilmiah Pengabdian Masyarakat, 1(1), 6–12.

Claretta, Dyva., Arianto,D. Irwan. (2018) Pendampingan Ibu pada Anak dala Menggunakan Internet. Jurnal Ilmu Komunikasi UPNV Jogjakarta Vol. 16 No. 2 Tahun 2018. http://jurnal.upnyk.ac.id/index.php/komunikasi/article/view/2689

Salam, A.H. dan Syahrizal. (2018). PKM Pengusaha Arang Tempurung Kelapa Desa Bantan Air Kecamatan Bantan Kabupaten Bengkalis Riau. Dinamisia Jurnal Pengabdian Masyarakat Vol 2(2): 278-282.

Sayuti, M. (2011). Pelembagaan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) sebagai Penggerak Potensi Ekonomi Desa dalam Upaya Pengentasan Kemiskinan dikabupaten Donggala. Jurnal ACADEMICA FISIP UNTAD, 3(2).

Supariyani, E., & Marpaung, B. S. (2013). Pengaruh Tata Letak Terhadap Kepuasan Pelanggan Ritel. Jurnal Ilmiah Manajemen Kesatuan, 1(1), 13–22. https://doi.org/10.37641/jimkes.v1i1.251


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

##submission.license.cc.by-sa4.footer##

Creative Commons License

Prosiding Seminar Nasional Politeknik Negeri Lhokseumawe is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

© 2017 All rights reserved |Seminar nasional Politeknik Negeri Lhokseumawe p-ISSN:2598-3954.

.