Penerapan Teknologi Mesin Peniris Minyak Dalam Upaya Peningkatan Kualitas Produk UKM Udang dan Bileh Crispy Di Desa Tumpok Teungoh Kec.Banda Sakti Kota Lhokseumawe

M Milawarni, Fahmi Fahmi, Raisah Hayati, Arskadius Arskadius

Sari


Telah dilakukan Program Penerapan Kemitraan bagi Masyarakat (PKM) pada Usaha Kecil Menengah (UKM) Udang dan Bileh Crispy di Desa Tumpok Teungoh Kota Lhokseumawe. Produksi ini mulai dirintis sejak tahun 2018 dengan jumlah produksi 10 kg/bulan.  Karena persaingan perdaganagn di pasar yang begitu kuat sehingga UKM ini harus meningkatkan kualitas produk dan menegemen pemasarannya. Permasalahan yang dihadapi mitra saat ini adalah mengenai kualitas produk, antara lain : 1. Produk udang dan bileh crispy ini banyak mengandung minyak, terlihat dari cita rasa dan banyaknya minyak yang menempel pada plastik kemasannya, 2. Jangka waktu simpan produk hanya 2 minggu setelah itu rasanya sudah kurang garing dan renyah (crispy), 3. produk kurang dikenal oleh masyarakat, biasanya penjualan hanya lewat teman atau tetangga yang dipesan melalui telpon.  Dari tiga permasalahan yang dihadapi mitra sehingga solusi yang ditawarkan adalah: 1. Memberikan teknologi mesin peniris minyak goreng (spinner machine) dan melatih cara menggunakannya, 2. Penggunaan mesin spinner dapat menambah jangka waktu penyimpanan produk ini sampai 2 bulan, 3. Mempromosikan dan menjual produk melalui on line   dan off line . Dari solusi yang didapat maka metode yang dilakukan tim PKM dan mitra adalah  : 1. Metode pra penerapan iptek,yaitu melalui survei lapangan melihat kondisi mitra, 2. Metode Ceramah terdiri dari evaluasi awal dan akhir, untuk melihat kemampuan mitra 3. Metode Praktek melalui pelatihan penggunaan mesin peniris dan penjualan produk melalui facebook, instagram dan whatsapp, 4. Metode Aplikasi,yaitu mitra telah mampu menggunakan mesin peniris untuk produk udang dan bileh crispy dan 5. Metode Keberlanjutan program melalui pemantauan jumlah peningkatan produksi selama 6 bulan dari pelaksanaan kegiatan ini. Luaran yang dihasilkan dari kegiatan ini adalah satu buah mesin peniris minyak goreng (spinner machine), produk uadang dan bileh crispy tahan 2 bulan dan produk ini promosi dan penjualan melalui whatsapp, facebook dan instagram serta penjualan produk di satu toko off line (212 mini market). Hasil yang dicapai dari kegiatan ini adalah terjadi peningkatan pengetahuan anggota mitra dari 61,2 % menjadi 83,2 % dan tercapainya  target produksi Udang dan Bileh crispy  sebanyak 20 kg/bulan.


Kata Kunci


Mesin Peniris Minyak (Spinner Machine), Produk Udang dan Bileh Crispy , UKM

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Journal Enterpreneur, “Pengertian, Jenis dan Perkembangan UMKM di Indonesia,” Jurnal Enterpreneur, Jakarta, p. 1, 01-Feb-2020.

Mukhlis, “Industri perikanan masih minim di kota Lhokseumawe,” Antara Aceh, Lhokseumawe,Aceh,Indonesia, p. 1, 14-Jul-2017.

Mukhlis, “Ikan teri dominan hasil tangkapan nelayan Lhokseumawe,” Antara Aceh, Lhokseumawe,Aceh,Indonesia, p. 5, Mar-2019.

Mukhlis, “Hasil tangkapan ikan nelayan Lhokseumawe capai 20 ton/hari,” Antara News, Lhokseumawe,Aceh,Indonesia, p. 4, May-2019.

C. dkk MerantiKeumala, “Prospek Pengembangan Usaha Budidaya Udang Vannamei Di Desa Ujong Blang Kecamatan Banda Sakti Kota Lhokseumawe,” J. Mhs. Pertan. Unsyiah, vol. 1, pp. 560–570, 2016.

S. S. H Hamimi, T Tamrin, “Uji Kinerja Mesin Peniris Minyak Goreng Pada Pengolahan Keripik,” J. Teknol. Ind., vol. 16, pp. 93–100, 2012.

Milawarni;Moh.Arkardius;Elfiana, “Teknologi pembuatan kompos blok dari limbah pengolahan kopi,” SEMNAS PNL vol. 1, no. 1, pp. 396–399, 2017.

M Milawarni,E. Elfiana,Arskadius,Yassir “Characteristics Of Wafer Originated from Coffee Waste As Ruminant Animal Feed,”in Icosine,2019.

D. S. Ristina Siti Sundari1 and A. M. Umbara2, “Aplikasi Adopsi Inovasi Teknologi Mein Peniris Minyak Untuk Agroindustri Rumahan Abon Ikan,” in SEMBADHA, 2018, p. 46.

P. W. A. Sugeng Wasisto , Ign. Luddy Indra Purnama, “PERANCANGAN MESIN PENIRIS UNTUK ANEKA MAKANAN RINGAN HASIL GORENGAN,” in SENDI_U, 2016, pp. 16–21.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

##submission.license.cc.by-sa4.footer##

Creative Commons License

Prosiding Seminar Nasional Politeknik Negeri Lhokseumawe is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

© 2017 All rights reserved |Seminar nasional Politeknik Negeri Lhokseumawe p-ISSN:2598-3954.

.