Evaluasi Kinerja Simpang Tiga Bersinyal Jalan Tjilik Riwut – Jalan Revolusi di Kasongan
Abstract
Persimpangan adalah perpotongan dua jalan atau lebih dalam satu arah dan suatu tempat dimana terdapat masalah pada jalan tersebut. Titik p melambangkan perpotongan. Tjilik Riwut - St. Revolusi Kasungan karena dulu belum ada peralatan penunjang lokasi dan rute (APILL). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengkaji kondisi cabang dan memberikan pilihan pengelolaan untuk memperbaiki kondisi cabang agar optimal. Pengumpulan data volume lalu lintas dilakukan selama satu minggu. Data – data yang dikumpulkan yaitu data geometri, jumlah volume lalu lintas dan waktu siklus eksisting persimpangan. Data ini yang kemudian digunakan sebagai analisis untuk mengetahui kinerja simpang dengan menggunakan Panduan Kapasitas Jalan Indonesia (PKJI 2023). Hasil penelitian menunjukan Kinerja Persimpangan pada Jl. Tjilik Riwut – Jl. Revolusi untuk kondisi eksisting dengan nilai derajat kejenuhan pada pendekat Selatan = 0,634, pada pendekat Utara = 0,789, pada pendekat Timur = 0,292 dan nilai Tundaan simpang rata – rata = 43,6 det/smp yaitu berada dalam kategori ITP E. Dari penelitian ini, alternatif penanganan yang dapat dilakukan adalah dengan cara dikembalikan ke kondisi semula yaitu tidak menggunakan Alat Pemberi Isyarat Lalu Lintas (APILL). Dengan demikian, kinerja persimpangan pada Jl. Tjilik Riwut – Jl. Revolusi menjadi baik dengan Indeks Tingkat Pelayanan B (ITP B).
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Aditya, Redy., dkk. (2014). Pedoman Kapasitas Jalan Indonesia Kapasitas Simpang APILL. Direktorat Jenderal Bina Marga. Binal Malrgal, 2021 .
Ayunda, Norvia. Murniati. Ina Elvina. (2021). Analisis Kinerja Simpang APILL dan RHK Di Kota Palangka Raya Studi Kasus: Jl. Tjilik Riwut – Jl. Kahayan. Jurusan/Program Studi Teknik Sipil Fakultas Teknik, Universitas Palangka Raya. Narotama Jurnal Teknik Sipil. Vol. 5, No. 2 (Nopember, 2021). Palangka Raya.
Badan Pusat Statistik Kabupaten Katingan. (2021). Kasongann Dalam Angka 2021. Kasonngan: BPS-Statistic Indonesia, Population Census 2021 Registrasi Penduduk/Registration Result: Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Katingan).
Kristonius, Anton. Murniati. Salonten. (2021). Analisis Simpang Empat Apill Di Kota Palangka Raya (Studi Kasus: Persimpangan Jl. Badak – Jl. Rajawali). Jurusan/Program Studi Teknik Sipil Fakultas Teknik, Universitas Palangka Raya. Density (Development Engineering of University) Journal. Vol. X, No. X (X, 202X). Palangka Raya.
Menteri Perhubungan, (2015). Peraturan Menteri Perhubungan Republik Indonesia Nomor PM 96 Tahun 2015, Pedoman pengaturan kegiatan manajemen dan rekayasa lalu lintas. Jakarta.
Perhubungan, D., (1996). Keputusan Direktur Jenderal Perhubungan Darat Nomor: 272/HK.
Prihatiningrum, Febri Diyah. Salonten. Murniati. (2023). Evaluasi Kinerja Simpang Bersinyal di Kota Palangka Raya (Studi Kasus : Persimpangan JL, Tjilik Riwut – JL. Hiu Putih). Jurusan/Program Studi Teknik Sipil Fakultas Teknik, Universitas Palangka Raya. Basement Jurnal Teknik Sipil. Vol. 1, No. 1 (Februari, 2023). Palangka Raya.
Qhoir, Muhamad Abdul. (2019). Analisis Kinerja Simpang Bersinyal (Studi: Kawasan Jalan Diponegoro, Kota Palangka Raya. Tugas Akhir Jurusan Teknik Sipil Fakultas Teknik Universitas Palangka Raya. Palangka Raya.
Republik Indonesia. (2011). Peraturan Pemerintah No.32 Tahun 2011 Tentang Manajemen dan Rekayasa, Analisis Dampak, serta Manajemen Kebutuhan Lalu Lintas. Sekretariat Negara. Jakarta.
DOI: http://dx.doi.org/10.30811/portal.v16i3.5704
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 M. Ronaldy Meiyoga Sugiarto