Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Keterlambatan pada Proyek Konstruksi Jalan di Kota Palangka Raya

Anggraeni Selvia Yuniarti, Dewantoro Dewantoro, Veronika Happy Puspasari

Abstract


Pemerintah telah merencanakan pemindahan Ibu Kota dari Jakarta ke sebuah Kawasan di Kalimantan Timur, yang bisa disebut Ibu Kota Nusantara (IKN). Perpindahan Ibu Kota Nusantara (IKN) tersebut membawa dampak positif dimana akan mendorong investasi di Provinsi tersebut dan sekitarnya. Maka Kota Palangka Raya juga mendapatkan dampak baik dari segi perekonomian maupun dari sektor proyek konstruksi. Saat ini sektor konstruksi di Kota Palangka Raya mengalami peningkatan, yang dapat dilihat dari banyaknya pengadaan paket tender proyek konstruksi, yang bisa dilihat dan terdaftar pada LPSE Kota Palangka Raya, terutama pada paket tender proyek konstruksi jalan. Pembangunan proyek kontruksi jalan sering dilakukan guna meningkatkan kelancaran arus lalulintas. Namun pada pembangunan proyek konstruksi jalan sering mengalami kendala yang mengakibatkan keterlambatan penyelesaian pekerjaan, sehingga waktu penyelesaian pekerjaan tidak sesuai dengan yang telah ditetapkan pada dokumen kontrak kerja. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi keterlambatan yang dominan pada proyek konstruksi jalan di Kota Palangka Raya. Data penelitian diperoleh melalui survei penyebaran kuesioner dan wawancara secara langsung ke kontraktor di Kota Palangka Raya yang masih aktif dan terdaftar pada LPSE Kota Palangka Raya. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan uji Validitas, uji reliabilitas, dan analisis deskriptif. Berdasarkan analisis faktor terbentuk 28 faktor yang mempengaruhi keterlambatan pada proyek konstruksi jalan di Kota Palangka Raya. Sedangkan faktor dominan yang yang mempengaruhi keterlambatan pada proyek konstruksi jalan di Kota Palangka Raya terdapat 3 faktor yaitu pengaruh cuaca (hujan yang turun berhari-hari), perubahan desain oleh pemilik, dan kondisi lapangan yang berbeda dengan kontrak.


Keywords


keterlambatan; kontraktor; konstruksi jalan

References


Agritama, R. P., Huda, M., & Rini, T. S. (2018). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Keterlambatan Proyek Konstruksi di Kota Surabaya. Axial, 6, 25-32.

Mangare, J. B., & Pratasis, P. (2016). Faktor-Faktor Penyebab Keterlambatan Pada Proyek Konstruksi Dan Alternatif Penyelesaiannya (Studi Kasus : Di Manado TOWN SQUARE III). Jurnal Sipil Statik, 4, 657-664.

Peraturan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat no 5/PRT/M/2018 Tentang penetapan kelas jalan berdasarkan fungsi dan intensitas lalu lintas serta daya dukung menerima muatan sumbu terberat dan dimensi kendaraan bermotor.

Rita, E., Carlo, N., & Nandi. (2021). Penyebab Dan Dampak Keterlambatan Pekerjaan Jalan Di Sumatra Barat Indonesia. Jurnal Rekayasa, 11, 27-37.

Safrizal, M. D., Rauzana, A., & Muttaqin. (2019). AnalisisFaktor Keterlambatan Proyek Konstruksi Paling Dominan Di Kabupaten Aceh Utara. Teras Jurnal, 9, 145-152.

Siregar S. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif Dilengkapi dengan Perbandingan Perhitungan Manual & SPSS. Jakarta: Kencana.

Siregar S. (2010). Statistika Deskriptif untuk Penelitian . Jakarta: Pt Rajagrafindo Persada.

Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Kuantitatif . Bandung: Alfabet.

Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Methods). CV. Alfabeta, Bandung, 630 hlm .

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2018). Metode penelitian pendidikan pendekatan kuantitatif. Bandung: Alfabet.

Suleha, H., Pandia, I. J., & Dewi, R. A. (2018). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Keterlambatan Proyek Konstruksi (Studi Kasus : Peningkatan Jalan Jurusan Batas Kota Atau (Huraba)-Batas Marancar (Aek Sabaon)). Publish Or Perish, 1-11.

Wirabakti, D. M., Abdullah, R., & Maddeppungeng, A. (2014). Studi Faktor-Faktor Penyebab Keterlambatan Proyek Konstruksi Bangunan Gedung. Jurnal Konstruksia, 6, 15-29.

Widiyanto, J., 2010. SPSS for Windows Untuk Analisis Data Statistik dan Penelitian. Surakarta: BP-FKIP UMS.

Yang dan Miller. (2008). Karakteristik Responden. Jakarta : Erlangga




DOI: http://dx.doi.org/10.30811/portal.v16i2.5087

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Anggraeni Selvia Yuniarti