Identifikasi Jenis Kerusakan Perkerasan Kaku pada Ruas Jalan Raya Lamongan – Babat STA 65 + 000 – 68 + 000 Kabupaten Lamongan, Jawa Timur
Abstract
Ruas Jalan Raya Lamongan – Babat merupakan jalan lingkar pantura Jawa yang merupakan jalur strategis pertumbuhan perekonomian masyarakat yang berada di pulau Jawa dalam distribusi barang dan jasa yang mencakupi wilayah kabupaten/ kota. Kondisi ruas Jalan Lamongan – Babat dengan status Jalan Nasional yang memlikih volume kendaraan kapasistas tinggi yang dampaknyaterjadinyakemacetan yang sangat tinggi setiap harinya. dalam melakukan penelitian Ruas Jalan Lamongan – Babat sta 65 + 000 – 68 + 000 untuk mengindetifikasi kerusakan yang terjadi pada perkerasan kaku (Rigid Pavement) serta parameter dari setiap jenis kerusakan dari tingkat kerusakan Rendah, Sedang dan tinggi. Oleh karena untuk menentukan parameter tiap jenis kerusakan dapat mengacu pada setiap kondisi jalan dengan hasil yang diperoleh pada ruas sisi kiri dengan nilai presentasi luas sebaran kerusakan Retak Linear (retak Memanjang, retak melintang) 41% , Punch Out 15%, Gompal sambungan 13%, Retak sudut 12%, Gompal Sudut 11%, Tambalan kecil 8%. Untuk ruassisi kanan dengan nilai presentasi yakni Retak Sudut 36%, Gompal Sudut 21%, Punch Out 18 %, Retak Linier Meliputi (Retak Memanjang, Retak Melintang, Retak Diagonal) 15%, Gompal Sambungan 10%.
Serta penanganan perbaikan terhadap kerusakan jalan yang terjadi pada Ruas Jalan Lamongan – Babat. Maka dengan adanya penanganan perbaikan perkerasan jalan dengan metode agar dapat memberikan dapak positif bagi penggunajalan dalamaktivitas sehari-hari. Oleh karena konstruksi perkerasan jalan harus dilakukan perawatan secara rutin terhadap kondisi strukstur perkerasan untuk menjamin tidak terjadi kecelakan pada pengguna jalan Ruas Jalan Lamongan – Babat, Kabupaten Lamongan. Dengan adanya penanganan perbaikan perkerasan maka dapat memberikan dampak positif bagi pengguna jalan dalam pergerakan perekonomian masyarakat baik dalam bentuk barang dan jasa dalam kelangsungan hidup yang mencakupi wilayah pulau jawa.
Kata kunci : Ruas Jalan Lamongan-Babat, indentifikasi kerusakan, penanganan perbaikan
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Aisyah, L. (2023). Identifikasi Kondisi Perkerasan Kaku Menggunakan Pedoman Indeks Kondisi Perkerasan (IKP) Pd-01-2016-B (Studi Kasus: Ruas Jalan Cangkorah, Kabupaten Bandung Barat). RekaRacana: Jurnal Teknil Sipil, 9(3), 207.
Loprencipe, G., & Pantuso, A. (2017). A specified procedure for distress identification and assessment for urban road surfaces based on PCI. Coatings, 7(5), 65.
Rakyat, K. P. U. D. P. (2017). Direktorat Jenderal Bina Marga. Pedoman Desain Geometrik Jalan (No. 13/P/BM/2021). Direktorat Jenderal Bina Marga.
DOI: http://dx.doi.org/10.30811/portal.v16i1.4881
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 jhon punang