Analisis Biaya dan Waktu Menggunakan Metode Crashing pada Peningkatan Jalan Naibonat – Nunkurus Kabupaten Kupang

Oktafiano Agustinus Koten, Hanie Teki Tjendani

Abstract


Proyek konstruksi merupakan suatu kegiatan yang hasil dari pekerjaannya dipengaruhi oleh produktivitas tenaga kerja. Kegiatan di proyek konstruksi saling behubungan, sehingga salah satu kegiatan terhambat makan akan berpengaruh pada kegiatan lainnya di lapangan. Kegiatan konstruksi adalah pekerjaan yang kompleks dan membutuhkan perhatian yang khusus dalam proses pelaksanannya. Dalam suatu proyek konstruksi, produktivitas dari para tenaga kerja merupakan salah satu faktor mendasar yang memiliki peran penting dalam keberhasilan sautu proyek. Untuk menghindari keterlambatan suatu proyek, disini peneliti menggunakan metode crashing dengan alternatif yaitu penambahan tenaga kerja. Penenlitian ini akan dilakukan pada proyek Peningkatan Jalan Naibonat – Nunkurus Kabupaten Kupang. Dari data yang didapat setelah dilakukan analisis, proyek dapat dipercepat selama 43 hari kerja sehingga durasi proyek yang semula 84 hari kerja menjadi 41 hari kerja. Sehingga biaya proyek mengalami kenaikan yang semula Rp 3.537.764.000 menjadi Rp 3.730.446.000. Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa sistem percepatan dengan tambah tenaga kerja dapat dijadikan pilihan alternatif untuk proyek yang mengalami keterlambatan, karena dengan menerapkan sistem percepatan dengan tambah tenaga durasi lebih cepat.

Kata kunci: Percepatan, Crashing, Tenaga Kerja, Micrisoft Project


Keywords


acceleration; crashing; labor; Microsoft Project.

References


Chrisnanda, R. (2018). Tugas Akhir. 175.45.187.195, 31124. ftp://175.45.187.195/Titipan-Files/BAHAN WISUDA PERIODE V 18 MEI 2013/FULLTEKS/PD/lovita meika savitri (0710710019).pdf

Tjendani, H. T., & Ramadhan, K. (2022). CRITICAL PATH METHOD PADA PROYEK MYZE HOTEL SUMENEP UNTUK MENGENDALIKAN BIAYA DAN WAKTU. Jurnal Kacapuri: Jurnal Keilmuan Teknik Sipil, 5(1), 240-251.

Hermansyah, D. (2022). JURNAL KACAPURI JURNAL KEILMUAN TEKNIK SIPIL Volume 5 Nomor 1 Edisi Juni 2022. Keilmuan Teknik Sipil, 5, 131–139.

Irawan, D., Nurdin, A. L., Khamid, A., & Feriska, Y. (2020). Model Analisis Pelaksanaan Proyek dengan Metode Critical Path Method (CPM) dan Metode Crashing (Study Kasus pada Pelaksanaan Pekerjaan Peningkatan Jalan Kebandingan – Gembongdadi , Kecamatan Kramat , Kabupaten Tegal) Project Implementation Analysis Mo. Infratech Building Journal (IJB), 1(2), 96–102.

Malifa, Y., Dundu, A. K. T., & Malingkas, G. Y. (2019). Konstruksi Menggunakan Metode Crashing ( Studi Kasus : Pembangunan Rusun IAIN Manado ). Jurnal Sipil Statik, 7(6), 681–688.

Nugroho, D., Marleno, R., & Tjendani, H. T. (2023). Optimasi Waktu Dan Biaya Proyek Revitalisasi Pasar Kraton Kota Tegal. Jurnal Spesialis Teknik Sipil (JSpTS), 3(1), 24–41. https://doi.org/10.30996/jspts.v3i1.7083.




DOI: http://dx.doi.org/10.30811/portal.v16i1.4880

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Fiano Koten