Analisis Produktivitas Alat Berat Proyek Jalan dan Jembatan Frontage Road Waru – Buduran (LJT), Sidoarjo

Intan Yuli Riyanti, Michella Beatrix

Abstract


Perkembangan dunia konstruksi mengakibatkan semakin tingginya kebutuhan alat berat pada proyek konstruksi. Pengadaan alat berat sendiri membutuhan biaya yang tidak murah. Pemilihan alat berat yang tepat memberikan pengaruh yang sangat besar terhadap efisiensi pekerjaan konstruksi. Untuk mengetahui tingkat efisiensi alat berat maka diperlukan produktivitas alat berat. Produktivitas berfungsi sebagai pedoman untuk menentukan durasi pelaksanaan setiap tugas dan biaya sewa peralatan yang diperlukan.

Pada proyek Pembangunan Jalan dan Jembatan Frontage Road Waru – Buduran (LJT) dengan panjang proyek 3,1 Km yang terdiri dari 2,5 km menggunakan saluran serta 0,6 km tanpa saluran. Penelitian bertujuan untuk menganalisis produktivitas alat berat Excavator dan Dump Truck pada Proyek Jalan dan Jembatan Frontage Road Waru – Buduran (LJT), Sidoarjo dan menganalisis jumlah alat berat Excavator dan Dump Truck terhadap waktu dan biaya.

Hasil yang didapat pada penelitian ini yaitu untuk alat berat excavator produksi per siklus 0,63 m³, waktu siklus 39 detik, kapasitas produksi per hari 321,009 m³, jam kerja yang dibutuhkan 38 hari, excavator yang dibutuhkan 4 unit dan biaya yang dibutuhkan Rp Rp 379.440.000. Untuk alat berat dump truck jumlah siklus 12 kali, waktu per siklus 14 menit, produksi per siklus 8.820 m³, produksi per jam 26,082 m³/jam, jumlah dump truck yang dibutuhkan 2 unit. Biaya yang dibutuhkan Rp 76.456.000.


Keywords


Analisis produktivitas alat berat, Produktivitas excavator, Produktivitas dump truck, Biaya, Waktu

References


Analisis produktivitas alat berat pada jalan impeksi opas indah (analysis of productivity needs for heavy equipment in the road of inspection opas indah).

Billy kalengkongan tisano tj arsjad, blessing, and jantje b. Mangare. “analisa perhitungan produktivitas alat berat pada pekerjaan pematangan lahan pembangunan tower sutet likupang-paniki.” Jurnal sipil statik, vol. 8, no. 1, 2020, pp. 99–106.

Fran ewal, onesimus, and muhammad indrayadi. Analisa produktivitas alat berat pada pekerjaan peningkatan jalan simpang manis raya-sekujam timbai.

Jalan, pekerjaan, and dan jembatan. Diklat spesifkasi umum spesifikasi pekerjaan tanah 2016 modul 4 kementerian pekerjaan umum dan perumahan rakyat b a d a n p e n g e m b a n g a n s u m b e r d a y a m a n u s i a.

Maddeppungeng, andi, and dan yusep depyudin. “analisis produktivitas alat-alat berat studi kasus proyek pembangunan jalan antartika ii di kawasan industri krakatau steel, cilegon.” Jurnal fondasi, vol. 1, 2012.

Rudy sutanto, kelvin, and michael halmar kosasi. Produktivitas alat berat pada pekerjaan galian gedung p1 p2 uk petra.

Setiawati, dwi novi, and andi maddeppungeng. Analisis produktifitas alat berat pada proyek pembangunan pabrik krakatau (dwi novi-andi) analisis produktivitas alat berat pada proyek pembangunan pabrik krakatau posco zone iv di cilegon.




DOI: http://dx.doi.org/10.30811/portal.v16i1.4723

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Intan Yuli Riyanti, Michella Beatrix, Michella Beatrix, Michella Beatrix, Michella Beatrix