Estimasi dan Optimalisasi Jumlah Karbon pada Material Konstruksi Jalan di Tanah Gambut Kota Palangka Raya

Subrata Aditama Kittie Aidon Uda, Saritha Kittie Uda, Devia Devia

Abstract


Proses Pembangunan jalan berwawasan lingkungan merupakan faktor utama dalam mewujudkan bangunan yang ramah lingkungan dan rendah emisi. Penelitian ini bertujuan menghitung jumlah karbon yang dihasilkan dari penggunaan material konstruksi jalan serta melakukan optimalisasi jenis material rendah emisi karbon. Metode analisis karbon menggunakan rumusan perhitungan. Hasil penelitian menunjukkan total karbon yang dihasilkan sebanyak 146.569,20 KgCO2 atau 145,57 ton karbon. Material semen sebagai filler dan box culver menghasilkan karbon terbesar yaitu 47% atau sebesar 68,54 ton karbon, jika material ini diganti dengan abu batu diperoleh penurunan sebesar 0,59 ton karbon atau sebesar 98%, sehingga secara total akan menurunkan jumlah karbon sebesar 46,37%. Penurunan ini disebabkan perbedaan besaran koefisien karbon semen yaitu 0,83 KgCO2/Kg sedangkan abu batu sebesar 0,008 KgCO2/Kg. Nilai konversi harga karbon yang berlaku di Indonesia sebesar           Rp. 2.040.000,-. Oleh karena itu penggunaan dan pemilihan material dengan nilai koefisien karbon terendah dapat menurunkan jumlah emisi karbon dari bangunan tersebut secara signifikan

Keywords


Kontruksi Jalan, Emisi Karbon,Material, Penurunan Emisi

References


(BPS), B. P. (2020). Panjang Jalan Menurut Kecamatan Di Kota Palangka Raya Tahun 2018-2020. Palangka Raya. https://palangkakota.bps.go.id.

Akadri, P. O., & Olomolaiye, P. O. (2012). Development of sustainable assessment criteria for building materials selection. Engineering, Construction and Architectural Management. Vol. 19 (6), 666-687. https://doi.org/10.1108/09699981211277568.

Ervianto, W. I. (2012). Selamatkan bumi melalui konstruksi hijau : Perencanaan, pengadaan, konstruksi & operasi. Yogyakarta: Andi.

Goggins, J. (2012). Sustainability and Embodied Energy (and Carbon) in Buildings. IBCI Building Control Conference 2012. 28-29 Maret 2012. Athlone, Ireland.

Greenberg, E. (2008). Sustainable Streets: An Emerging Practice. ITE Journal-institute of Transportation Engineers, 2939.

Greenroads. (2012). Greenroads. Washington: Greenroads. http://www.greenroads.org/1/home.html .

Greenroads, F. (2011). Greenroads Manual v1.5. Washington: Greenroads Foundation.

Hammond, G. P. (2008). Inventory Karbon & Energi (ICE) version 1.6a. Sustainable Energi Research Team (SERT). Departement Mechanical Engineering, Universty of Bath, UK.

Hammond, G. P., & Jones, C. J. (2008). Embodied energy and carbon in construction materials. Proceedings of the Institution of Civil Engineers - Energy, 161 (2), 87-98. http://dx.doi.org/10.1680/ener.2008.161.2.87.

Hatmoko, J. U., Uda, S. A., Andika, A. D., & Putri, A. K. (2020). Energy consumption of bridge construction: conventional vs precast girders. E3S Web Conf. The 5th International Conference on Energy, Environmental and Information System (ICENIS 2020). Vol. 202, https://doi.org/10.1051/e3sconf/202020209003.

Krantz, J., Larsson, J., Lu, W., & Olofsson, T. (2015). Assessing Embodied Energy and Greenhouse Gas Emissions in Infrastructure Projects. Journal of Buildings. Vol. 5 (4), 1156-1170. https://doi.org/10.3390/buildings5041156.

Lawalata, G. M. (2013). PRINSIP-PRINSIP PEMBANGUNAN JALAN BERKELANJUTAN. Jurnal Transportasi. Vol. 13 (2), 115-116. https://doi.org/10.26593/jtrans.v13i2.531.%25p.

Lee, J. C., Edil, T. B., & Benson, C. H. (2010). Quantitative Assessment of Environmental and Economic Benefits of Recycled Materials in Highway Construction. Transportation Research Record : Journal of the Transp[ortation Research Board, 138-142.

Ma, F., Sha, A., Lin, R., Huang, Y., & Wang, C. (2016). Greenhouse Gas Emissions from Asphalt Pavement Construction: A Case Study in China. Int. J. Environ. Res. Public Health. Vol. 13 (3), 351. https://doi.org/10.3390/ijerph13030351.

Wibowo, M. A., & Uda, S. A. (2018). Reducing carbon emission in construction base on project life cycle (PLC). MATEC Web Conf. Volume 195. The 4th International Conference on Rehabilitation and Maintenance in Civil Engineering (ICRMCE 2018), 11. https://doi.org/10.1051/matecconf/201819506002.

Yu, B., & Lu, Q. (2012). Life cycle assessment of pavement: Methodology and case study. Transportation Research Part D : Transport and Environment. Vol. 17 (5), 380-38




DOI: http://dx.doi.org/10.30811/portal.v15i2.4594

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 SUBRATA ADITAMA KITTIE AIDON UDA