Kinerja Simpang Empat Bersinyal (Jl. Raya Legundi – Gresik)

Dino Rayono, Nurani Hartatik, Aditya Rizkiardi

Abstract


Abstract — Kawasan simpang empat Legundi-Gresik merupakan Kawasan Komersial, jasa, perdagangan dan Pemukiman. Hal ini memicu adanya bangkitnya lalu lintas, sehingga kemacetan di kawasan ini semakin meningkat. Kawasan simpang tesebut sangat pdat padda waktu jam jam puncak, pagi hari, siang hari, sore hari di sebabka adanya pusat industri, pergudangan dan pemukiman. Studi ini bertujuan untuk mengetahui seberapa tingkat pelayanan dan faktor penyebab kemacetan pada simpang empat bersinyal ini. Analisa yang dilaksanakan dalam studi ini merujuk pada Manual Kapasitas Jalan Indonesia 1997 (MKJI 1997). Dari analisa data diperoleh hasil tingkat pelayanan jalan : Jalan Raya Karang Andong dengan DS = 0,9 (E ), Jalan Raya Gubernur Sunandar dengan DS = 1,2 ( F), Jalan Raya Larangan dengan DS 0,9 ( E) , dan Jalan Raya Wringginanom dengan DS = 0,9 (E). angka tundaan (delay) rata-rata tinggi 127,24 > 40,1 det/smp. Kondisi ini menjelaskan bahwa simpang telah jenuh.

Kata kata kunci: Simpang Empat bersinyal; Kemacetan lalu lintas; Tingkat pelayanan Jalan;

References


Abdurrahim, A., & Sukarno, S. (2018). Evaluasi Kinerja Simpang Bersinyal Gomong Mataram Ber-Dasarkan Pada Mkji Dan Kaji 1997. Jurnal Teknik Sipil, 14(4), 219-225.

Amal, A. S., Saleh, C., & Darmawan, A. A. (2022). Evaluasi Kinerja Simpang Empat Bersinyal di Kota Malang. Jurnal Ilmiah Universitas Batanghari Jambi, 22(2), 1304-1308.

C. Jotin Khisty, B. Kent Lall., 2006. Dasar – Dasar Rekayasa Transportasi. Erlangga:Jakarta.

Direktorat Jenderal Bina Marga., 1997. Manual Kapasitas Jalan Indonesia. Direktorat Bina Jalan Kota:Jakarta.

Fadhli, M. E., & Widodo, H. (2020). Analisis Pengurangan Kemacetan Berdasarkan Sistem Ganjil-Genap. Planners Insight: Urban and Regional Planning Journal, 2(2), 036-041.

Fatmawati, L., Ariyanto, A. S., Fitri, D. N., Zakiya, M. N., Priono, T. A. P., & Julianto, W. D. (2022). SURVEI SIMPANG BERSINYAL (Studi Kasus: Persimpangan Jl. KH. Sirojudin–Jl. Banjarsari Selatan–Jl. Jatimulyo). Bangun Rekaprima: Majalah Ilmiah Pengembangan Rekayasa, Sosial dan Humaniora, 8(2, Oktober), 121-134.

Safri, A., Das, A. M., & Dony, W. (2021). Evaluasi Simpang Empat Bersinyal Jalan Kolonel Polisi M Taher Kota Jambi. Jurnal Talenta Sipil, 4(2), 94-98.

Saputra, A. R. D., & Lakawa, I. (2020). Analisis Kinerja Simpang Bersinyal Pada Simpang PLN Di Wua-Wua Kota Kendari. Sultra Civil Engineering Journal, 1(2), 72-88.

Sirajaya, R. D., & Rahayu, Y. E. (2022). Evaluasi Kinerja Simpang Bersinyal Jl. Dr. Ir. H. Soekarno-Jl. Mulyorejo Surabaya. Jurnal Teknik Sipil, 3(1), 352-359.

Sugiyanto, S., Arnaya, I. W., Ryanto, S. S., & Surya, A. B. O. K. (2021). Analisa Faktor Pemilihan Moda Transportasi Menggunakan Metode Analytic Hierarchy Process. Jurnal Teknologi Transportasi dan Logistik, 2(1), 11-18.

Suraji, A., & Cakrawala, M. (2022). Evaluasi Kinerja Simpang Tiga Tak Bersinyal Jl. Muharto-Jl. Mayjen Sungkono–Jl. Raya Ki Ageng Gribig Kota Malang. Siklus: Jurnal Teknik Sipil, 8(1), 70-85.

Suryaningsih, O. F., Hermansyah, H., & Kurniati, E. (2020). Analisis Kinerja Simpang Bersinyal (Studi Kasus Jalan Hasanuddin-Jalan Kamboja, Sumbawa Besar). INERSIA lnformasi dan Ekspose Hasil Riset Teknik Sipil dan Arsitektur, 16(1), 74-84.




DOI: http://dx.doi.org/10.30811/portal.v15i2.4571

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 DINO RAYONO