Evaluasi Deskriptif Sistem Pembayaran Bus Rapid Transit

Raafi Widyaputra Yulianyahya

Abstract


Salah satu dari proyek percobaan Kementerian Perhubungan dalam penyediaan layanan angkutan umum dengan skema kerjasama membeli layanan dikenal dengan istilah Buy The Service (BTS). Layanan ini sudah mulai dicoba diaplikasikan di bus Trans Jogja (TJ) sejak bulan Oktober 2020 pada saat kondisi Pandemi Covid-19. Sistem pembayaran non-tunai sudah diterapkan pada seluruh bus BTS TJ. Berbeda dengan bus TJ yang didanai oleh Pemerintah Daerah (Daerah Istimewa Yogyakarta) yang masih dengan sistem pembayaran tunai. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi sistem pembayaran antara moda bus TJ dari Kementerian Perhubungan dengan bus TJ dari Pemerintah Daerah. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah dengan metode kualitatif deskriptif. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa diperlukan adanya integrasi sistem pembayaran menggunakan satu kartu yang sama, baik dengan kartu langganan Trans Jogja maupun kartu elektronik yang bekerjasama dengan perbankan.     

Keywords


trans jogja; sistem pembayaran; angkutan umum

References


Aryanti, P. B. (2020). Analisis Pengembangan Bus Rapid Transit Trans Jogja (Studi Kasus: Pelajar dan Mahasiswa) di Kawasan Aglomerasi Perkotaan Yogyakarta. Universitas Gadjah Mada.

Badan Pusat Statistik, K. B. (2020). Data Kependudukan Kabupaten Bantul. https://bantulkab.bps.go.id/subject/12/kependudukan.html#subjekViewTab3

Badan Pusat Statistik, K. S. (2020). Data Kependudukan Kabupaten Sleman. https://slemankab.bps.go.id/subject/12/kependudukan.html#subjekViewTab3

Badan Pusat Statistik, K. Y. (2020). Data Kependudukan Kota Yogyakarta. https://jogjakota.bps.go.id/subject/12/kependudukan.html#subjekViewTab3

De Vos, J. (2020). The effect of COVID-19 and subsequent social distancing on travel behavior. Transportation Research Interdisciplinary Perspectives, 5, 100121. https://doi.org/10.1016/j.trip.2020.100121

Hasselwander, M., Tamagusko, T., Bigotte, J. F., Ferreira, A., Mejia, A., & Ferranti, E. J. S. (2021). Building back better: The COVID-19 pandemic and transport policy implications for a developing megacity. Sustainable Cities and Society, 69, 102864. https://doi.org/https://doi.org/10.1016/j.scs.2021.102864

Hermaniawa, N. (2015). Motif Pemanfaatan Layanan Elektronik Tiket (E-ticketing) oleh Pengguna Kereta Api di Surabaya. Paradigma: Jurnal Online Mahasiswa S1 Sosiologi UNESA, 3(3).

Instagram @teman_bus. (2021a). Dapatkan Kartu Non Tunai di Minimarket Terdekat atau di Bank BNI, Bank Mandiri, Bank BRI, dan Bank BCA. Instagram @teman_bus. https://www.instagram.com/p/CQzxqczNQOU/ (accessed Sep. 29, 2022)

Instagram @teman_bus. (2021b). Naik Teman Bus Yogya Bisa Pake QR Code. Instagram @teman_bus. https://www.instagram.com/p/CPmlDpVLTSe/ (accessed Sep. 29, 2022).

Kementerian Perhubungan Republik Indonesia. (2020). Teman Bus #KamiAdaUntukAnda. Kementerian Perhubungan Republik Indonesia. https://temanbus.com/yogyakarta/

Menteri Kesehatan, R. I. (2020). Keputusan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor HK.01.07/Menkes/382/2020 Tentang Protokol Kesehatan Bagi Masyarakat di Tempat dan Fasilitas Umum dalam Rangka Pencegahan dan Pengendalian Corona Virus Disease 2019 (Covid-19).

Prayudyanto, M. N. (2021). Perbandingan Kinerja Buy The Services Angkutan Umum Massal Kota Metropolitan dengan Metode Biaya Operasional Kendaraan dan Indeks Sustainabilitas. Jurnal Penelitian Transportasi Darat, 23(1), 55–71. http://trainingadvokasi.smeru.or.id/cso/file/4 3.pdf.

Roaring Fork Transportation Authority. (2020). Senior Fares. https://www.rfta.com/fares/fares-passes/seniors/ (accessed Aug. 15, 2021)

Schwartz, S. (2020). Public Transit and COVID-19 Pandemic: Global Research and Best Practices. https://www.apta.com/wp-content/uploads/APTA_Covid_Best_Practices_09.29.2020.pdf

Setiyadi, B. (2020). Kebijakan Pengendalian dan Ketahanan Bisnis Angkutan Jalan Saat Pandemi. Webinar Series Rangkaian Harhubnas, Badan Penelitian dan Pengembangan Kementerian Perhubungan, 2020.

Sugiyono. (2012). Metode penelitian bisnis. Alfabeta.

Valerisha, A., & Putra, M. A. (2020). Pandemi Global Covid-19 Dan Problematika Negara-Bangsa: Transparansi Data Sebagai Vaksin Socio-Digital? Jurnal Ilmiah Hubungan Internasional, 0(0), 131–137. https://doi.org/10.26593/jihi.v0i0.3871.131-137

Yulianyahya, R. W., & Khasanah, I. A. (2022). Kinerja dan Pengoperasian Bus Trans Jogja Selama Masa Pandemi Covid-19. 20, 275–282. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.12962/j2579-891X.v20i3.12416




DOI: http://dx.doi.org/10.30811/portal.v15i1.3767

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Raafi Widyaputra Yulianyahya