Perencanaan Koordinasi Sinyal di Ruas Jalan Yogyakarta - Solo (Studi Kasus: Simpang Stasiun Brambanan dan Simpang Taman Wisata Candi)

Raafi Widyaputra Yulianyahya

Abstract


Di sekitar Candi Prambanan (Indonesia) terdapat dua simpang bersinyal yang jaraknya berdekatan dalam jarak 436 meter. Jarak simpang yang berdekatan dan banyaknya volume kendaraan yang melewati ruas jalan Yogyakarta-Solo akan menimbulkan permasalahan lalu lintas karena kedua simpang bersinyal belum terkoordinasi yang akan mengakibatkan kemacetan pada saat jam sibuk. Untuk itu, diperlukan alternatif penyesuaian waktu siklus simpang untuk menciptakan kedua simpang menjadi terkoordinasi sehingga meminimalisir terjadinya kemacetan. Data primer volume dan waktu siklus simpang eksisting dikumpulkan dengan metode survei langsung di lapangan untuk melihat kinerja koordinasi sinyal eksisting. Metode pengolahan data primer yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan pemodelan software Vissim dan juga dilakukan analisis waktu hijau optimum dengan pendekatan Manual Kapasitas Jalan Indonesia (MKJI, 1997) pada perencanaan koordinasi sinyal. Kondisi eksisting yang didapatkan pada penelitian ini adalah bahwa kedua simpang tersebut belum terkoordinasi, terlihat dari tingkat pelayanan jalan masih masuk dengan kategori E dan perbedaan waktu siklus di kedua simpang tersebut. Alternatif waktu siklus terbaik untuk kedua simpang adalah 117 detik. Nilai waktu tempuh (dari arah Timur-Barat) sebesar 31,73 detik dengan kecepatan perjalanan rata-rata 49,47 km/jam, dan arah sebaliknya (Barat-Timur) nilai waktu tempuh sebesar 50,99 detik dengan kecepatan perjalanan rata-rata 30,78 km/jam.


Keywords


waktu siklus; mikrosimulasi; koordinasi sinyal; vissim.

References


AASHTO. (2001). A Policy on Geometric Design of Highways and Streets. American Association of State Highways and Transportation Officials. Washington DC.

Abu-Lebdeh, G., & Benekohal, R. F. (1997). Development of Traffic Control and Queue Management Procedures for Oversaturated Arterials. Transportation Research Record, 1603(1), pp.119-127. https://doi.org/10.3141/1603-16

Benekohal, R. F. (2021). Signal Coordination. pp.213-220. https://doi.org/https://doi.org/10.1016/B978-0-08-102671-7.10310-0

Gal-Tzur, A., Mahalel, D., & Prashker, J. (1993). Signal Design for Congested Networks Based on Metering. Transportation Research Record No. 1398, TRB 1993, pp.111-118.

Gazis, D. C. (1964). Optimum Control of a System of Oversaturated Intersections. Operations Research, 12(6), pp.815-831. http://www.jstor.org/stable/168170

Gazis, D. C., & Potts, R. B. (1965). The Oversaturated Intersection, Proc., 2nd Int. Symp. On the Theory of Road Traffic Flow, (J. Almond, editor), pp. 221-237, OECD, Paris, France. pp.221-237.

Girianna, M., & Benekohal, R. F. (2002). Dynamic Signal Coordination for Networks with Oversaturated Intersections. Transportation Research Record, 1811(1), 122–130. https://doi.org/10.3141/1811-15

Hobbs, F. D. (1995). Perencanaan dan teknik lalu lintas. Gadjah Mada University Press.

Lee, B., Crowley, K. W., & Pignataro, L. J. (1974). Better Use of Signals Under Oversaturated Flows. Special Report - National Research Council, Transportation Research Board, 15, pp.60-72.

Lieberman, E. B., Chang, J., & Prassas, E. S. (2000). Formulation of a Real-time Control Policy for Oversaturated Arterial. Transportation Research Record, (1727), pp.77-78. https://doi.org/https://doi.org/10.3141/1727-10

Menteri Perhubungan, R. I. (2015). Peraturan Menteri Perhubungan Republik Indonesia Nomor 96 Tahun 2015 Tentang Pedoman Pelaksanaan Kegiatan Manajemen dan Rekayasa Lalu Lintas (No. 96).

Michalopoulos, P. G., & Stephanopoulos, G. (1978). Optimal Control of Oversaturated Intersections: Theoretical and Practical Considerations. Traffic Engineering and Control, 19(5), pp.216-221.

Miller, A. J. (1965). A Computer Control System for Traffic Networks. Proceeding 2nd Int. Symposium Theory of Road Traffic Flow, pp.200-220.

Munawar, A. (2004). Manajemen Lalu Lintas Perkotaan. Beta Offset.

Newell, G. F. (1989). Theory of Highway Traffic Signals. Institute of Transportation Studies, University of California. https://books.google.co.id/books?id=tncsAQAAMAAJ

Papacostas, C. S., & Prevedouros, P. D. (1993). Transportation Engineering and Planning. Prentice Hall. https://books.google.co.id/books?id=GghsQgAACAAJ

PTV Vissim. (2011). VISSIM 5.30-05 User Manual. 130–132.

PUPR, K. (1997). Highway Capacity Manual Project (HCM). Manual Kapasitas Jalan Indonesia (MKJI), 1(I), 564.

Rathi, A. K. (1988). A control scheme for high traffic density sectors. Transportation Research Part B: Methodological, 22(2), pp.81-101. https://doi.org/https://doi.org/10.1016/0191-2615(88)90008-2

Roads, & of NSW, T. A. (2009). Paramics microsimulation modelling - RTA handbook. [Haymarket, N.S.W.] : RTA. http://www.rta.nsw.gov.au

Sugiyono. (2012). Metode penelitian bisnis. Alfabeta.

Taylor, M. A. P., Bonsall, P. W., & Young, W. (1996). Understanding Traffic Systems. Avebury Technical. https://books.google.co.id/books?id=oERPAAAAMAAJ

Wolshon, B., & Taylor, W. C. (1999). Analysis of intersection delay under real-time adaptive signal control. Transportation Research Part C: Emerging Technologies, 7(1), pp.53-72. https://doi.org/https://doi.org/10.1016/S0968-090X(99)00011-X

Yagar, S., & Dion, F. (1996). Distributed Approach to Real-Time Control of Complex Signalized Networks. Transportation Research Record, 1554(1), pp.1-8. https://doi.org/10.1177/0361198196155400101

Yulianyahya, R. W. (2021). Pengaruh Pelanggaran Marka Jalan Terhadap Kinerja Simpang Bersinyal. 19, 177–186. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.12962/j2579-891X.v19i2.8646




DOI: http://dx.doi.org/10.30811/portal.v15i1.3385

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Raafi Widyaputra Yulianyahya