ANALISIS PERBANDINGAN KINERJA JEMBATAN RANGKA BAJA TIPE WARREN, PRATT DAN HOWE

Musbar Ibrahim

Abstract


Jembatan  rangka baja tipe warren lebih sering digunakan daripada tipe lainnya, sehingga diperlukan analisis untuk membandingkan penggunaan jembatan dengan tipe lain. Analisis perbandingan kinerja jembatan rangka baja ini bertujuan untuk mengetahui kinerja jembatan rangka baja berdasarkan nilai Demand Capacity Ratio (DCR) dan nilai lendutan jembatan rangka baja tipe warrenpratt dan howe. Dimensi jembatan dengan panjang bentang 50 m, lebar 9,13 m dan tinggi 6,37 m dipilih berdasarkan gambar standar Pedoman Bina Marga No:07/BM/2005. Peraturan yang digunakan dalam analisis ini adalah SNI 1725:2016, SNI 2833:2016 dan SNI 03-1729-2002, sedangkan untuk perhitungan analisis struktur digunakan software SAP2000 v.14. Hasil perhitungan nilai DCR maksimum pada jembatan tipe warren sebesar 0,934, tipe pratt dan tipe howe  sebesar 1,231. Lendutan pada jembatan tipe warren sebesar 0,097 m, tipe pratt sebesar 0,107 m dan howe sebesar 0,095 m. Hasil analisis menunjukkan bahwa jembatan rangka baja tipe warren memiliki kinerja jembatan rangka baja terbaik dibandingkan dengan jembatan rangka baja tipe pratt dan tipe howe.


Keywords


DCR, howe, lendutan, pratt, warren

References


Anonim. 2002. Tata Cara Perencanaan Struktur Baja Untuk Bangunan Gedung (SNI 03-1729-2002). Departemen Pekerjaan Umum.

Anonim. 2005. Gambar Standar Rangka Baja Bangunan Atas Jembatan Kelas A dan B (No : 07/BM/2005). Departemen Pekerjaan Umum.

Atika, E. 2018. Analisis Variasi Tinggi Rangka Batang Pada Jembatan Rangka Baja Tipe Pratt . Tugas Akhir. Yogyakarta: Universitas Islam Indonesia.

Badan Standardisasi Nasional. 2016. Pembebanan untuk Jembatan: SNI 1725-2016. Jakarta.

Badan Standardisasi Nasional. 2016. Perencanaan Jembatan Terhadap Beban Gempa: SNI 2833-2016. Jakarta.

Purwanto, H. & Hariadi, G. 2018. “Analisis Perbandingan Jembatan Tipe Parker Dan Tipe Warren Dengan Bentang 50 Meter”. Jurnal Deformasi. 3 (1), 67-75.

Widiantoro, R. 2013. Optimalisasi Struktur Rangka Jembatan Rangka Batang Baja Tipe Warren. Tugas Akhir. Surabaya: Institut Teknologi Sepuluh Nopember.




DOI: http://dx.doi.org/10.30811/portal.v14i2.2937

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Musbar Ibrahim