Pengaruh Penggunaan Keselamatan dan Kesehatan Kerja (Studi Kasus Pembangunan Gedung BAPELKES)

Fathus Salim, Dedek Ariansyah, Bunyamin Bunyamin

Abstract


Penggunaan Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) pada proyek konstruksi merupakan program pemerintah dalam upaya mendukung keselamatan pekerja saat di lingkungan proyek konstruksi. Permasalahan utama yang menyebabkan kecelakaan adalah rendahnya pemahaman K3 yang juga berpengaruh terhadap kinerja. Pembahasan dari penelitian ini adalah pengaruh penggunaan K3 terhadap kinerja pekerja pada proyek konstruksi Pembangunan Gedung Asrama dan Kelas Baru Balai Pelatihan Kesehatan (BAPELKES). Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh penggunaan K3 di lingkungan proyek tersebut dengan survei pengisian kuesioner oleh pekerja proyek tersebut sebanyak 50 responden. Hasil uji regresi berganda menggunakan program SPSS menghasilkan nilai koefisien regresi (X1) faktor komitmen top managemen terhadap K3 sebesar 0.414, (X2) faktor lingkungan kerja sebesar 0.582, (X3) faktor keterlibatan pekerja dalam K3 sebesar 0.670, (X4) faktor peraturan dan prosedur K3 sebesar 0.468. Sedangkan hasil pengaruh penggunaan K3 dari hasil koefisien determinsi R Square yaitu sebesar 0.587 mendefinisikan pengaruh sebesar 58,7% terhadap variabel (Y) kinerja pekerja proyek konstruksi.


Keywords


Pengaruh, Penggunaan K3, SPSS

References


Janie, D. N. A. (2012). Statistik deskriptif & regresi linier berganda dengan SPSS. Jurnal, April.

Munandar, M. R. (2014). Pengaruh Keselamatan, Kesehatan Kerja (K3) Dan Insentif Terhadap Motivasi Dan Kinerja Karyawan (Studi Pada Pekerja Bagian Produksi PT. Sekawan Karyatama Mandiri Sidoarjo). Jurnal Administrasi Bisnis, 9(1).

Puspitasari, Y. I., Mangare, J. B., & Pratasis, P. A. K. (2020). ANALISIS FAKTOR-FAKTOR KETERLAMBATAN PADA PROYEK PERUMAHAN CASA DE VIOLA DAN ALTERNATIF PENYELESAIANNYA. JURNAL SIPIL STATIK, 8(2).

Sanjaya, P. I., Widhiawati, I. A. R., & Frederika, A. (2012). Analisis Penerapan Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) pada Proyek Konstruksi Gedung di Kabupaten Klungkung dan Karangasem. Jurnal Rekayasa Sipil, 1–9.

Yulita, I. I., Widjasena, B., & Jayanti, S. (2019). Faktor Yang Berhubungan Dengan Disiplin Penggunaan Alat Pelindung Diri Pada Penyapu Jalan Di Kota Semarang. Jurnal Kesehatan Masyarakat (e-Journal), 7(1), 330–336.




DOI: http://dx.doi.org/10.30811/portal.v13i1.2125

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Fathus Salim, Dedek Ariansyah, Bunyamin Bunyamin