ANALISIS PRODUKTIVITAS KERJA PADA PROYEK PEMBANGUNAN GEDUNG KULIAH TERINTEGRASI U2 TAHAP II KAMPUS UTU KAB. ACEH BARAT

Sherly Novrida Ulfa, Nasrullah Mohammad, Heru Pramanda

Abstract


Setiap kontruksi dalam menjalankan sebuah proyek tidak terlepas dari adanya masalah produktivitas. Ada banyak faktor yang mempengaruhi produktivitas kerja seperti pada tenaga kerja, peralatan kerja dan metode kerja. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan survey yang dilakukan dengan penyebaran kuesioner kepada pekerja. Pengolahan data menggunakan metode analisis data statistik deskriptif dengan bantuan aplikasi SPSS V26. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi faktor utama yang berpengaruh terhadap produktivitas kerja dan faktor variabel apa yang paling dominan yang berpengaruh terhadap produktivitas kerja. Hasil penelitian menunjukkan faktor yang mempengaruhi produktivitas kerja adalah faktor metode kerja dari variabel pengukuran kerja dengan jumlah persentase 71,0 %, faktor peralatan kerja dari variabel kondisi alat kerja dengan jumlah persentase 58,1 %, faktor tenaga kerja dari variabel pengadaan barang dengan jumlah persentase 56,6 % dan faktor variabel yang paling dominan adalah faktor metode kerja dari variabel desain rekayasa mempunyai nilai koefisien beta terbesar yaitu 0,458.


Keywords


Kontruksi, Faktor Produktivitas Kerja, SPSS.

References


Aprilian, Tomas. 2010. “Analisis Produktivitas Tenaga Kerja Pada Pekerjaan Struktur Rangka Atap Baja (Studi Kasus Proyek Pembangunan Rumah Sakit Dr. Moewardi, Surakarta Jawa Tengah).”

Edulan, Eduardo K. 2016. “Analisa Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Produktivitas Tenaga Kerja Tukang Batu (Studi Kasus: Hotel Grand Malebu Makassar).”

Hutagaol, Kerlima. 2019. “FAKTOR-FAKTOR PRODUKTIVITAS PADA PEKERJAAN DINDING BATA, PLESTER DAN ACI DIPERUMAHAN PALEM GANDA ASRI.” TEKINFO 1(1): 63–74.

Labombang, Mastura. 2011. “Manajemen Risiko Dalam Proyek Konstruksi.” SMARTek 9(1).

Nurasyiah, Ilfah. 2009. “Analisis Produktivitas Tukang Pada Proyek Pekerjaan Konstruksi.”




DOI: http://dx.doi.org/10.30811/portal.v13i1.2123

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Sherly Novrida Ulfa, Nasrullah Mohammad, Heru Pramanda